skip to main | skip to sidebar

Rabu, 30 November 2011

Mobil Terbaru Toyota

0 komentar
Mobil Terbaru Toyota merupakan mobil yang paling banyak dipergunakan di negara kita ini, sebelum kita banyak mengupas tentang mobil toyota ini ada baiknya sedikit kita tahu tentang sejarah berdirinya Pabrikan Mobil Toyota ini, toyota motor corporation didirikan pada september 1933 sebagai divisi mobil pabrik tenun otomatis toyoda, divisi mobil perusahaan tersebut kemudian dipisahkan pada 27 agustus 1937 untuk menciptakan toyota motor corporation seperti saat ini.

Berangkat dari industri tekstil, perusahaan yang memproduksi 1 mobil tiap 6 detik ini ternyata menggunakan penamaan toyota lebih karena penyebutannya lebih enak daripada memakai nama keluarga pendirinya, toyoda. Inilah beberapa tonggak menarik perjalanan Pabrikan Mobil Toyota. Toyota merupakan pabrikan mobil terbesar di dunia dalam unit sales dan net sales. Pabrikan terbesar di jepang ini menghasilkan 8-8,5 juta unit mobil di seluruh dunia tiap tahunnya. Dibandingkan dengan industri-industri otomotif lain yang menggunakan nama pendirinya sebagai merek dagang seperti honda yang didirikan oleh soichiro honda, daimler-benz (gottlieb daimler dan karl benz), ford (henry ford), nama toyoda tidaklah dipakai sebagai merek. Karena berangkat dari pemikiran sederhana dan visi waktu itu, penyebutan toyoda kurang enak didengar dan tidak akrab dikenal sehingga diplesetkan menjadi toyota.

Sakichi toyoda lahir pada bulan februari 1867 di shizuoka, jepang. Pria ini dikenal sebagai penemu sejak berusia belasan tahun. Toyoda mengabdikan hidupnya mempelajari dan mengembangkan perakitan tekstil. Dalam usia 30 tahun toyoda menyelesaikan mesin tenun. Ini kemudian mengantarnya mendirikan cikal bakal perakitan toyota, yakni toyoda automatic loom works, ltd. Pada november 1926. Replika dari toyota model aa (1936), dengan logo toyoda di tahun 1936 mereka meluncurkan Mobil Terbaru Toyota penumpang pertama mereka, toyoda aa (kala itu masih menggunakan nama toyoda). Model ini dikembangkan dari prototipe model a1 dan dilengkapi bodi dan mesin a. Kendaraan ini dari awal diharapkan menjadi mobil rakyat. Empat tahun menunggu dirasa cukup melahirkan perusahaan otomotif sendiri dan melepaskan diri dari industri tekstil mereka. Kemudian tahun 1937 mereka meresmikan divisi otomotif dan memakai nama toyota, bukan toyoda seperti nama industri tekstil.

Pengambilan nama toyota dalam bahasa jepang terwakili dalam 8 karakter, dan delapan adalah angka keberuntungan bagi kalangan masyarakat jepang. Alasan lain yang dianggap masuk akal adalah industri otomotif merupakan bisnis gaya hidup dan bahkan penyebutan sebuah nama (dan seperti apa kedengarannya), menjadi sisi yang begitu penting. Karena nama toyoda dianggap terlalu kaku di dalam bisnis yang dinamis sehingga diubah menjadi toyota yang dirasa lebih baik, tak seperti Motor Honda yang nama pendirinya langsung dijadikann merk. Tak ayal, tahun 1937 merupakan era penting kelahiran toyota motor co, ltd. Cikal bakal raksasa toyota motor corp (tmc) sekarang. Semangat inovasi kiichiro toyoda tidak pernah redup. Toyota kemudian berkembang menjadi penghasil kendaraan tangguh. Di era 1940-an, toyota sibuk mengembangkan permodalan termasuk memasukkan perusahaan di lantai bursa di tokyo, osaka dan nagoya.

Setelah era perang dunia ii berakhir, tahun 1950-an merupakan pembuktian toyota sebagai penghasil kendaraan serba guna tangguh. Waktu itu kendaraan jeep akrab di jepang. Terinspirasi dari mobil ini, toyota kemudian mengembangkan prototipe land cruiser yang keluar tahun 1950. Setahun kemudian meluncurkan secara resmi model awal land cruiser yakni model bj. Buln juli tahun itu, test drivernya ichiro taira mengakhiri uji coba dengan hasil luar biasa. Diinspirasi oleh tokoh samurai heikuro magaki yang mendaki gunung atago di atas kuda tahun 1643, taira mengemudikan toyota bj-nya ke kuil fudo di kota okasaki. Ini sekaligus dipakai sebagai promosi ketangguhan mobil segala medan ini. Tak lama berselang, toyota land cruiser mulai menandingi dominasi jeep willys. Bahkan dengan model-model Mobil Terbaru Toyota selanjutnya, toyota land cruiser bisa diterima di pasar yang kala itu sulit ditembus yakni amerika utara. Lewat model ini, toyota masuk ke pasar-pasar di berbagai belahan dunia, termasuk di indonesia yang dikenal sebagai sebagai toyota hardtop land cruiser fj40/45. Di afrika, model-model toyota land cruiser ini digunakan sebagai technical alias jip bersenjata yang dibekali senapan mesin ringan, berat atau bahkan senjata basoka tanpa tolak balik (recoilless bazooka) dan diterjunkan sepanjang konflik-konflik bersenjata dengan kinerja sangat tangguh.

Toyota tidak hanya dikenal melalui toyota land cruiser. Mereka juga mengembangkan model yang menjadi favorit dunia, sedan kecil. Lewat toyota corolla yang memulai debutnya pada tahun 1966, sedan mungil generasi awal ini memakai penggerak belakang mengubah tatanan sedan bongsor yang populer saat itu menuju arah sedan kecil yang kompak, irit dan ringkas. Memasuki tahun 1975, corolla masuk dalam generasi ketiga dan terjual lebih dari 5 juta unit. Hal yang menakjubkan ini masih kokoh hingga sekarang. Mesin mobil corolla ini kemudian digunakan di indonesia sebagai mesin untuk kendaraan niaga keluarga serbaguna, toyota kijang generasi awal yang dikenal sebagai kijang buaya.

Sejalan makin mengglobalnya produk Mobil Terbaru Toyota, mereka sadar tidak mempunyai grafik logo. Bahkan di indonesia dijumpai kendaraan bermerk toyota seperti toyota kijang dengan logo toyota pada grill di bagian bonnet (hidung) mobil. Di tahun 1989 toyota akhirnya memutuskan untuk membuat dua lingkaran oval (elips) yang menghasilkan huruf t dan ellips ketiga mengisyaratkan akan the spirit of understanding in design. Lingkaran ketiga itu sekaligus mengelilingi kedua lingkaran ellips sebelumnya yang berbentuk t itu sebagai bukti menjaga dan memengaruhi sekelilingnya.

Di tahun 1990-an, toyota semakin membuktikan bahwa mobil jepang dapat bersaing dengan mobil eropa dan amerika. Toyota celica berhasil menjadi juara rally dunia, dan toyota camry menjadi mobil paling laris di amerika. Tahun 1999 toyota mengakuisisi 51,19% saham daihatsu dan pada tahun 2001 toyota membeli 50,11% saham hino.

*Presiden Toyota Motor Industries*
  Rizaburo Toyoda     : 1937-1941
  Kiichiro Toyoda       : 1941-1950
  Taizo Ishida             : 1950-1961
  Fukio Nakagawa     : 1961-1967
  Eiji Toyoda              : 1967-1982

*Presiden Toyota Motor Corporation*
  Eiji Toyoda               : 1967-1981
  Shoichiro Toyoda     : 1982-1992

 *Ceo Toyota Motor Corporation*
   Dr.Tatsuro Toyoda  : 1992-1995
   Hiroshi Okuda         : 1995-1999
   Fujio Cho                : 1999-2005
   Katsuaki Watanabe : 2005-2009
   Akio Toyoda           : 2009-sekarang

*ketua toyota motor corporation*
  Shoichiro Toyoda      : 1992-1999
  Hiroshi Okuda           : 1999-2006
  Fujio Cho                  : 2006-sekarang
 
Setelah kita mengetahui sedikit tentang sejarah berdirinya Pabrikan Mobil Toyota Jepang, selanjutnya marilah kita kupasjuga sedikit tentang berdirinya Pabrikan ini masuk dan mendirikan pabrik di Indonesia, berawal dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau disingkat menjadi TMMIN ini adalah pecahannya Toyota Astra Motor yang didirikan pada tahun 1971 dengan komposisi kepemilikan 51 % Astra International, dan 49 % Toyota Motor Company (TMC) Ltd. Jepang. TAM ini tugasnya hanya marketing mobil” impor dari TMC. Pada tahun 1973 didirikan lah pabrik perakitan Mobil Terbaru Toyota dengan merek dagang toyota,yang bernama PT. Multi Astra, pabrik ini hanya merakit mobil” yang komponennya seluruhnya berasal dari Jepang. Jadi Mobil toyota di Indonesia saat itu tidak lagi dikirim dalam keadaan Built-Up (BU) tapi dalam keadaan Completely Knocked Down (CKD).

Pada tahun 1974 PT. Multi Astra mulai beroperasi penuh. Pada tahun 1976, Toyota Mobilindo didirikan untuk mulai memproduksi beberapa komponen-komponen Mobil, terutama untuk mobil Toyota Kijang yang saat itu pula diluncurkan. Kemudian, pada tahun 1982 didirikanlah pabrik untuk memproduksi mesin mobil yang diberi nama Toyota Engine Indonesia.

Sejarah Berdirinya Toyota Di Indonesia Pada tahun 1989 semua perusahaan itu bergabung dibawah nama Toyota Astra Motor. pada akhir tahun 90-an, TMC merasa bahwa Indonesia akan menjadi salah satu pasar yang sangat potensial bagi mereka, sehingga berencana mendirikan pabrik yang memproduksi seluruh komponen secara mandiri, tetapi keinginan TMC ini kurang mendapat dukungan dari Astra Int. yang merasa kesulitan menanamkan modal besar pada saat krisis ekonomi melanda kawasan Asia Tenggara, sehingga, TMC pun bertindak cepat dengan memulai pembangunan pabrik baru di karawang dengan sedikit sokongan dari Astra Int.

Pada tahun 1998, diresmikan Pabrik dengan fasilitas sangat modern di Karawang. Pabrik ini lah yang menjadi cikal bakal TMMIN, pada tahun 2003, berdiri lah Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pecahan dari TAM dengan komposisi kepemilikan 95 % TMC dan 5 % Astra International. TMMIN berkonsentrasi pada produksi Mobil Terbaru Toyota, sedangkan TAM berkonsentrasi pada jaringan pemasaran dan pelayanan pelanggan. TMMIN memiliki plant di kawasan Sunter I dan Sunter II serta di Karawang.

Mobil Terbaru Toyota Prius Hatchback

0 komentar













































Mobil Terbaru Toyota Prius Hatchback merupakan generasi terbaru dan yang paling kecil dari sekian banyak produk dari pabrikan mobil terbanyak di dunia yaitu Toyota, setelah bungkam soal rencana kehadiran mobil hybrid Toyota Prius versi hatchback mungil, awal pekan lalu Toyota Motor Corporation (Toyota) resmi memperkenalkan mobil itu. Bahkan, produsen mobil terbesar di dunia itu menegaskan akan meluncurkannya di gelaran Tokyo Motor Show 2011 yang berlangsung 2–11 Desember mendatang, “Mobil yang di Jepang dinamai Aqua dan Prius C di pasar global itu mulai dipasarkan di Jepang pada Desember dan awal 2012 di pasar dunia,” demikian bunyi pernyataan Toyota seperti dilansir carandsuv.com, Senin, 21 November 2011.
 
Mobil Terbaru Toyota Prius Hatchback tersebut akan menjadi anggota keluarga baru di klan Toyota Prius. Mobil itu akan menjadi varian terkecil di antara varian yang ada, hanya sayang, Toyota masih belum banyak merilis rincian spesifikasi mobil itu. Pabrikan itu hanya menyebut, Aqua mengusung mesin bensin 1.500 cc yang dikawinkan dengan sebuah motor listrik, seperti dalam tampilan lain Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategorinya.

Mesin konvensional itu diklaim mampu menyeburkan tenaga hingga 55kW pada 4.800 rpm dan torsi 111 Newton meter (Nm). Adapun motor listriknya disebut menghasilkan tenaga hingga 45 kW dan torsi 169Nm. “Sehingga total tenaga Mobil Terbaru Toyota Prius Hatchback itu mencapai 100 kW dan torsinya mencapai 280 Nm,” bunyi pernyataan tersebut, daya tarik yang ditawarkan mobil itu adalah keiritannya hampir sama dengan Modifikasi Motor Honda dalam mengkonsumsi bahan bakar (BBM). Toyota mengaku, hasil pengujiannya menunjukkan konsumsi BBM mobil itu hanya 4,7 liter untuk jarak 100 kilometer atau 1: 21,28 kilometer di jalan kota yang macet.

Selain itu, Mobil Terbaru Toyota Prius Hatchback itu juga akan dilengkapi koneksi bluetooth dengan handsfree, perangkat kontrol audio yang diletakkan pada lingkar kemudi, serta sembilan airbag. Bahkan, Toyota menjanjikan akan memasang perangkat multimedia paling anyar hasil kreasinya, yaitu Entune, di mobil tersebut, sebelumnya, Nikkei dan Reuters menulis, mobil hybrid bernama Aqua itu akan menjadi mobil paling irit sejagat. Konsumsi BBM di jalanan bebas hambatan bisa mencapai seliter untuk jarak 30–40 kilometer.

Selasa, 29 November 2011

Modifikasi Bajaj Pulsar Teknologi KTM

0 komentar



Modifikasi Bajaj Pulsar Teknologi KTM ini adalah hanya sebgai bahan inspirasi untuk memodifikasi motor anda yang saat ini masih benkendara dengan Motor Bajaj Pulsar yang lama, Kabar gembira bagi pecinta Bajaj Pulsar. Pasalnya, pabrikan India ini mengumumkan kehadiran generasi anyar dari motor sport andalannya, Pulsar yang dilepas bulan Desember mendatang, tak hanya peluncuran yang ditunggu, akan tetapi teknologi anyar yang akan diusung oleh motor berbusi ganda tersebut.

Hal ini sesuai dengan pernyataan MD Bajaj Auto, Rajiv Bajaj. "Pulsar baru akan 100 persen baru dan akan datang dengan teknologi yang lebih baik dari DTS-i sekarang. Teknologi ini merupakan level selanjutnya bagi sepeda motor, bukan hanya untuk Bajaj," ujarnya seperti dikutip dari Modifikasi Motor Terbaru dan Kategorinya, dikabarkan, Bajaj Auto siap memperkenalkan teknologi 4-katup serta beberapa fitur yang mampu meningkatkan kemampuan Pulsar generasi berikutnya.

Tak hanya itu, Bajaj sebagai salah satu pemegang saham produsen motor asal Austria, KTM juga menghadirkan teknologi motor Eropa tersebut pada Modifikasi Bajaj Pulsar Teknologi KTM baru, diantaranya pada sistem suspensi monoshock dan beberapa komponen lainnya. Hal ini membuat level Pulsar anyar nanti menjadi lebih tinggi ketimbang versi saat ini.

Sebagai catatan saat ini Pulsar telah memasuki ulang tahun yang ke 10. Dengan bermacam pilihan kapasitas mesin, mulai dari 135 hingga 220 cc. Motor berslogan "definitely male" ini sukses menjadi motor sport terlaris di India, Wuih..!! Sosok Bajaj Pulsar 2012 beredar di dunia maya. Kabarnya varian baru ini bakal mulai diperkenalkan akhir 2011, atau paling lambat di awal 2012.

Dari foto-foto yang diperoleh dari newbajajpulsar2012.Modifbarumoto.blogspot.com, gambar ini diakui diperoleh di sebuah jalan di dekat pabrik Bajaj di Pune, India, suspensi belakangnya sudah monoshock dan kaki-kaki berpelek palang 10. Sedang desain bodi pada Modifikasi Bajaj Pulsar Teknologi KTM ini sedikit berbeda. Bagian buntutnya memang mirip Pulsar 135LS dengan lampu LED, tapi tankinya kini punya sayap mirip Honda New Megapro.

Nah, yang paling mengagetkan adalah mesinnya. Terlihat tulisan KTM berwarna orange di cover mesin sebelah kanan. Bentuk mesinnya juga lebih mirip Duke 125. Jangan-jangan performa Pulsar baru ini juga disokong sang pabrikan Austria ini, PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) terus mengembangkan jaringan dealer nya di Indonesia khususnya wilayah Jabodetabek. Selama bulan Oktober 2011, BAI meresmikan empat jaringan dealer barunya.

Di wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Jaringan dealer Modifikasi Bajaj Pulsar Teknologi KTM baru tersebut adalah Penta Motor, Kristavel Motor, Inti Motor dan FPM Cikupa Branch, Penta Motor dibuka secara resmi pada 8 Oktober 2011. Dealer ini berlokasi di Taman Palm Indah Cengkareng, Jakarta Barat, Kristavel Motor menjadi dealer terbaru Bajaj di wilayah Bekasi. Lokasinya ada di Perumahan Dukuh Zamrud Raya No. 97 Kota Legenda, Bekasi.

Inti Motor akan memperkuat jaringan dealer Bajaj di wilayah Jakarta Timur. Jaringan dealer yang berlokasi di Jl. Lapangan Tembak, Cibubur, Jakarta Timur. Selain itu, FPM Cikupa Branch akan memudahkan masyarakat wilayah Tangerang, menurut Tomotaka Ishikawa Presiden Direktur PT. BAI, pengembangan jaringan dealer Bajaj ini merupakan jawaban BAI untuk memberikan pelayanan dan kemudahan kepada konsumen dan calon konsumen untuk mendapatkan produk-produk Bajaj.

“Bajaj Auto indonesia mempunyai ambisi dengan strategi yang jelas yaitu menciptakan suatu merek yang menggabungkan teknologi modern Modifikasi Bajaj Pulsar Teknologi KTM, dengan penyediaan produk-produk dan pelayanan berkelas dunia melalui jalur yang berorientasi pada pelanggan,” katanya, dengan diresmikannya ke-empat dealer ini, Bajaj Auto Indonesia saat ini mempunyai lebih dari 100 ruang pamer ekslusif 3S (Sales, Service dan Sparepart) di seluruh Indonesia.

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R

0 komentar


Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R merupakan hasil garapan sang Modifikator yang sudah tidak asing lagi bagi anda, untuk motor yang satu ini sang modifikator tidak kurang akal, dengan limbah ZX-10R Kawasaki ninja 250R ini tampil lebih garang dan besar, bagaikan tunggangan juara dunia motor GP 2011 Casey Stoner, memang jika diperhatikan secara detail, motor ini seperti asli milik sang juara, tapi jangan percaya dulu, itu memang strategi kehebatan sang modifikator untuk meniru motor sang juara tadi.

Casey Stoner boleh saja menjadi juara dunia MotoGP 2011 bersama Honda. Tapi, ternyata doi menyimpan Ninja 250R di Indonesia. Beneran? Jangan panik dulu Bro, ini hanya sebuah cerita dibalik Modifikasi Motor Kawasaki milik Budi Susanto ini, hal itu karena grafis yang dipakai adalah motif Stoner saat masih bersama LCR Honda. lengkap dengan nomor 27 di bagian buritan. "Hal ini juga mengikuti helm saya yang memang replikanya Stoner," kata Budi.  

Tapi, tentu saja kalau grafis doang nggak asyik. Masak juara dunia pakai motor 250 cc. "Akhirnya dimodifikasi supaya terlihat lebih besar sehingga cocok menjadi motornya juara dunia," timpal Shen-Shen dari Artisis Custom (AC) yang melakukan seluruh ubahan Modifikasi Kawasaki Ninja 250R ini, pilihannya adalah menggunakan kaki-kaki full Kawasaki ZX-10R. Apa sebab? "Karena ini merupakan limbah Kawasaki, jadinya enggak silang dengan merek motor lain," lanjut modifikator berambut cepak ini.

Selain itu ternyata inilah limbah yang paling gampang dipasang di Ninja 250R. "Tak banyak ubahan, hanya perlu memperbesar lubang as di sasis Ninja untuk pegangan arm," jelas pemilik bengkel di Jl. V No. 3, Teluk Gong, Jakarta Utara ini, lubang as arm di sasis Ninja dibubut atau sampai 1,2 milimeter. Setelah itu arm ZX-10R bisa dipasang di rangka Ninja 250R. Memang arm ini sedikit lebih panjang dibandingkan standarnya, tapi itu tidak jadi masalah. Malah memberi keuntungan lain.

"Sebab dengan arm yang lebih panjang dan besar ini membuat bisa berkreasi untuk mendesain bodinya," cerita Shen-Shen lagi yang memilih membuat bodi custom full fiber ini, tentu saja konsepnya masih full fairing. Bodi baru yang besar ini murni desainnya, namun sedikit meniru Yamaha R6. "Tapi, hanya di belakang saja, wajarlah kalau Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R ini mirip moge benaran," kilah modifikator ramah ini. Mantap!

Bagi pengguna Ninja 250R ada sedikit kendala saat harus selap-selip di tengah kemacetan Jakarta. Tak jarang kaca spion yang nempel di bagian fairing depan bersenggolan dengan mobil atau motor lain. Solusinya spion tadi ditekuk. Tapi, kan jadi enggak bisa lihat belakang dong, nah! untuk mengatasi masalah ini, Budi kasih solusi menarik. "Saya pasang spion cembung yang dipasang di tengah-tengah visor. Fungsinya sama dan hasilnya cukup untuk melihat ke belakang," kata anggota Ninja 250 West Chapter ini. 

Untuk menambah sedikit pengetahuan anda tentang Motor ZX-10R, yang di jadikan consep Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R ini, maka kami beri anda sedikit informasinya, setelah beberapa lama disembunyikan dengan rapat oleh Kawasaki, akhirnya pabrikan asal Jepang itu secara resmi merilis Kawasaki ZX 10R yang baru. Kendati bertolak belakang dengan strategi industri otomotif dunia dalam kampanye kendaraan ramah lingkungan, nampaknya kubu pecinta moge yang gila kecepatan tidak akan terdegradasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya blog lokal yang membahas tentang kelahiran jagoan baru Kawasaki ini.

Berita akan munculnya Kawasaki ZX 10R baru yang merupakan salah satu varian ninja terkencang, memang sudah santer terdengar. Dari sketsa yang bertebaran di internet, spy shot, hingga foto saat pengujian di Suzuka kemarin. Dan inilah Kawasaki Ninja ZX 10R 2011! Superbike bertampang monster yang akan segera bertarung di panasnya aspal sirkuit, seperti yang sudah diberitakan sebelumnya di Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategorinya. Ninja ini mengumbar tenaga yang cukup besar hingga 200 daya kuda di 13.000rpm. Dengan jurus meringankan diri, motor ini sukses turun 10kg dibanding generasi sebelumnya. Tentunya ini jadi senjata utama untuk bertarung di laga WSBK 2011.

Penambahan tenaga untuk Consep Bike-nya, didapat dari pembesaran klep sebesar 1mm. Throttle body pun lebih besar dari 4mm menjadi 47mm. Tentu saja udara yang disedot lebih banyak, memaksa airbox diperbesar hingga berkapasitas 1 liter. Jadi jangan harap konsumsi bensin akan lebih irit. Tapi sensasi akselarasinyalah yang menjadi pamor motor ini, tidak hanya mesin yang benar-benar baru, melainkan keseluruhan motor. Bahkan hingga ke posisi riding berubah. Jok pengendara di set lebih rendah menjadi 812mm dan lebih maju 35mm. Sok depan menggunakan showa dengan teknologi terbaru dan cakram bergelombang untuk meredam tenaga monster ijo ini.

Selain itu yang menarik adalah penggunaan S-KTRC (Sport-Kawasaki Traction Control) yang jauh lebih canggih dibanding GTR1400 tourer. Tentunya ini akan menjadi senjata pamungkas untuk lebih kencang di setiap tikungan! maka untuk Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R ini, ditambahkan spion tambahan guna mengatasi padatnya lalulintas di jalan perkotaan, Jika sudah dipasang seperti ini, dua batang spion di bagian depan tadi bisa ditekuk. Tapi, omong-omong kalau ada razia kira-kira Pak Polisi paham enggak ya dengan spion seperti ini.

 DATA MODIFIKASI
Pelek: Kawasaki ZX 1000
Ban depan : Metzeler 120/70-17 Ban belakang : Metzeler 180/70-17
Upside down: ZX-10R
Caliper: Tokico
Knalpot: Gorila
Slang rem: Hel
Disc brake:  ZX-10R
Cat: Sikkens
AC: 0813-8010-3232

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Bodi Kit

0 komentar



Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Bodi Kit adalah hal yang paling tepat untuk memodifikasi motor ini, karena ditunjang oleh bodi standart yang sudah oke mempermudah untuk memasang bodi kit yang sudah tersedia, jadi apabila anda yang memang sudah bosan dengan tampilan Kawasaki Ninja bodi standart, silahkan mencoba dengan cara seperti yang dilakukan oleh Javet Elvivan ini, simpel, mudah dan takperlu mengeluarkan tenaga extra, tinggal pasang tampilan sudah terlihat oke abis.

Untuk Modifikasi Motor Kawasaki ini yang diinginkan Jafet Elvivan mengacu pada motor sport yang menyerupai moge. Katanya cocok dengan bodi dan mesin Ninja 250R yang awalnya memang sudah gambot, dalam modifikasi, tidak mau merusak bodi dan sasis aslinya. “Beli satu set bodi kit yang desainnya memang tinggal klop  dipasang. Dudukannya sudah cocok dengan sasis Ninja 250R,“ ungkap ayah satu anak yang mengerjakan sendiri modif motor kesayangan ini.

Pilihan bodi kit jatuh pada racikan Adi Siwe, juragan Lent Automodified from Probolinggo, Jawa Timur. Menurutnya, konsep pada Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Bodi Kit ini yang diusung cocok dan sesuai dengan keinginannya. Ditambah desain yang inovatif serta hasil  rapi jali, dalam pemasangan, terlihat sangat hati-hati. “Agar hasilnya bisa pas dan klop, tak ada bodi yang terlihat renggang,” jelas pria beken disapa Apey ini.

Guna menunjang tampilan luar, turut pula pasang variasi pendukung. Sektor footstep diaplikasi dari produk Bikers yang dianggap pas dengan teknologi modern. Saluran pelepas gas buang juga makin terlihat gahar sesuai dengan suaranya dari produk Nojima Fasarm, untuk unsur karbon diwakili pada deltabox. Diorder langsung dari Tony yang katanya bos Carbon Tech, Jakarta itu. Tony dan kakaknya sudah terkenal sebagai pelapis motif karbon di bodi kit.

Namun setelah pasang bodi kit dan variasi penunjang, dirasa kaki-kaki kelihatan ceking. Cara paling mudah pasang sokbreker yang besar. Cocoknya aplikasi upside down, bahkan supaya terlihat harmonis, kaki belakang juga dibesarkan. Akhirnya untuk Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Bodi Kit ini dipasankan seperangkat upside down berikut swing arm dari limbah moge GSX-R600 dipasang. Ini diperoleh dari Ariawan Wijaya, juragan toko variasi BMS, Jakarta. Lantas dipasang berikut dobel cakram guna menambah kesan padat di kaki-kaki.

Untuk menambah wawasan pengetahuan anda sedikit kami informasikan bahwa terdengar sayup tapi pasti kalo pabrikan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sedang mencoba motor baru mereka. Informasi ini kami dapat dari berbagai sumber. “Lagi dites tuh,” bisik si sumber, lanjut! Tim kami langsung kordinasi dan ambil langkah seribu menuju lokasi pengetesan. Memang benar adanya. Setidaknya ada empat motor lagi dicoba KMI. Tiga berfairing satu naked alias telanjang.

Kabarnya, itu Ninja 250 dengan 4 silinder. Satunya lagi Ninja 250 2 silinder dengan sistem injeksi juga Ninja ZX-6R yang telah lebih dulu diluncurkan beberapa waktu lalu alias bukan baru, dari penelusuran lewat situs internet, motor Ninja 250 4 silinder itu berkode ZXR-250 seperti tampilan kali ini Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Bodi Kit, sebenarnya ini motor lawas. Kode ZXR-250A dijual antara 1988-1991. Sedang ZXR-250B antara 1991-2004. Untuk ZXR-250B antara 1991-1998 dijual di Jepang. Sementara  versi sama dijual di Malaysia pada 1998-2004.

Suara ZXR-250 memang melengking khas moge 4 silinder. Beda dengan suara Ninja 250R yang 2 silinder yang jauh lebih ngebass. Versi Ninja 250cc 4 silinder secara sepintas punya bodi lebih besar. Wajar saja sebab mengusung mesin yang lebih besar dengan 4 silinder in-line  atau segaris. “Peak power bisa mencapai 20 ribu rpm. Tarikannya dahsyat dan lebih smooth,” kata si sumber itu lagi, apakah motor ini bakal diluncurkan di sini? Sebab, kehadiran Ninja 250R yang dua silinder itu sudah memasuki tahun ke-4? Lantas apakah Ninja 250R bakal diskontinue untuk inspirasi Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategorinya? pertanyaan ini memang belum dapat jawaban pasti. Lantaran pihak KMI masih bungkam.

“Belum... ini hanya pengetesan biasa. Dan ini hanya jajal untuk mengetahui tanggapan dari pemakai. Jadi masih jauh. Hal ini biasa dilakukan oleh semua pabrikan. Belum tentu juga akan diluncurkan. Banyak pertimbangan lain pastinya,” terang sumber Modifbarumoto di KMI, pengetesan ini sepertinya jadi awal strategi KMI untuk terus mengamankan dominasinya di sektor kelas Premium. Utamanya untuk kategori motor sport. Sebab, selama ini Ninja cukup dikenal dan memiliki brand yang sangat baik di kalangan biker dan komunitas.

Adanya pesaing baru pada Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Bodi Kit ini di kelas yang sama, yakni CBR 250R, tentunya nggak bisa didiamkan. Dari fakta itu, tentunya KMI akan terus berpikir mencari celah baru yang akan terus mensupport dan mempertahankan dominasinya, namun sayang, hasil maksimal hanya jadi simpanan! Dibiarkan ngejogrog di garasi rumah. Apey sibuk mengelola RM Alam Sari di Cimayor, Sumedang, Jawa Barat. Wah, boleh mampir dong.

DATA MODIFIKASI
Setang : Tomaseli
Spidometer : Koso RX2N
Voltmeter : Auto Gauge
Cakram : Delkovic
Deltabox: Fiberglass dicarbon

Senin, 28 November 2011

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Ducati Streetfighter

0 komentar



Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Ducati Streetfighter merupakan tampilan yang kesekian kalinya untuk motor kawasaki ini, namun kali ini kami akan coba menampilkan sebuah hasil kreasi dari sang modifikator handal yang sudah terbiasa menangani Motor Kawasaki yang akan mengikuti ajang kontes .

Tampilan standar atau umumnya sebuah Modifikasi Motor Kawasaki pastinya berfairing. Banyak yang hanya melakukan ubahan atau modifikasi mempertegas gaya balap seperti itu. Karenanya desain balap seperti itu sudah pasaran. Ujung-ujungnya membosankan, hal itulah yang dirasakan Ilham Nasution, lajang asal Pontianak, Kalimantan Barat. "Sangat bosan dengan tampang standar, soalnya banyak yang nyamain kalau pas lagi di jalan. Ingin beda sekaligus menuangkan hobi, mumpung pas ada rejeki," buka Imam sapaan akrabnya.

Akhirnya Imam memboyong kuda besinya ke Platinum Motor (PM) yang digawangi oleh Johan Suy. untuk Panjang-lebar Imam menceritakan keluh kesahnya kepada Johan Suy, jalan keluar pun didapat. Tawaran Johan untuk mengaplikasi dan Modifikasi Kawasaki Ninja 250R ala Ducati Streetfighter mendapat anggukan kepala tanda setuju dari Imam.

"Bagiku tampang Ducati seperti itu sangat tampan sekali. Cowok banget pokoknya. Terlihat gesit, perkasa dan gak kaku. Sangat bangga nantinya menungganginya di jalan perkotaan Pontianak. Sudah tidak sabar lagi rasanya, ingin cepat terealisasi," lanjut Imam, karena rujukannya Ducati, ciri utama motor Italia itu tentunya harus dipakai. Yaitu penggunaan pelek lengkap dengan lengan ayun tunggal. Pilihannya jatuh pada limbah Ducati 1198-R. Buat bocoran saja, harga paket limbah ini enggak murah, lho. Banderol pelek beserta pro arm mendekati Rp 30 juta.

Tapi, untuk upside down tidak menggunakan milik Ducati. "Alasannya karena secara dimensi dan desain lebih pas pakai ZX 10 yang sudah radial. Selain itu juga kebetulan stok lagi ada," kata Johan, setelah semua kaki-kaki dipasang, barulah mencopot seluruh fairing pada Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Ducati Streetfighter ini, Alasanya supaya jika nantinya harus kembali menggunakan bodi standar tidak terlalu repot. Sebab proses setingan kaki-kaki dalam kondisi bodi orisinal.

"Seluruh bodi custom ulang dengan konsep Ducati Streetfighter yang naked. Semuanya menggunakan fiber," lanjut modifikator yang buka bengkel di Jl. Putri Candramidi No. 64, Pontianak, hal itu bisa terlihat pada desain buritan yang memang Ducati banget. Sementara untuk tangki, juga dibuat ulang. Artinya ini memang bukan kondom.

Satu lagi penambahan rangka model teralis yang juga jadi ciri utama. Kalau sudah full Ducati seperti ini, kesan Ninja 250R hilang sudah. Harapan tampil enggak pasaran tadi terwujud sudah, selain rombakan kaki-kaki yang sudah menggunakan lengan ayun tunggal, pilihan Johan dalam urusan lampu depan pada Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Ducati Streetfighter ini, juga layak diacungi jempol. Dia sepertinya ogah menggunakan lampu variasi atau custom dari lampu motor yang banyak beredar di jalanan Indonesia. 

Johan memilih menggunakan lampu dari Yamaha XJ-6. Lampu ini terkesan futuristik. Secara desain memang cocok dengan Modifikasi Motor Terbaru konsep streetfighter sebab aslinya XJ-6 memang motor tapa fairing, agar terlihat lebih harmonis dengan bodi, maka dibuatlah cover lampu. Desain punya banyak sudut mirip topeng robot atau bergaya para jagoan di film Transformers.

Hal lain yang membuat Imam senang ada pada pilihan kelir. Warna kuning pada Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Ducati Streetfighter ini membuat motor jadi eye catching. "Demi mengejar kepuasan dan terpenting adalah tetap mengedepankan kaidah safety riding tanpa harus meninggalkan fungsi kendaraan," girang Imam.

 DATA MODIFIKASI
Ban depan: Michelin 120/60-17
Ban belakang : Michelin 190/55-17
Setang: Yamaha Bison
Stabilizer: Ducati 1198-R
Knalpot: Ducati 1198-R 
Master rem: KTC

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis

0 komentar



Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis adalah dari sekian banyak model Modifikasi Kawasaki Ninja 250R, mungkin ini adalah model modifikasi kawasaki Ninja yang ke 1000 kali, saking banyaknya modifikasi dari motor Kawasaki ini, itu disebabkan karena memang bodi standar dari Motor ini sudah kelihatan sporti abis, jika ingin memodifikasinya tinggal merubah sedikit dibagian-bagian tertentu dari motor ini, terbukti jika memang tampilan kali ini adalah salah satu hasil karya yang hanya memerlukan sedikit perubahan saja.

Satu lagi bukti bahwa Ninja 250R itu banyak dimodif saat ini. Pilihannya pun beragam. Maksudnya jika ingin rombak kaki-kaki atau bodi begitu banyak pilihan bisa dilakukan. misal Modifikasi Motor Kawasaki karya bengkel Artisis Custom (AC) ini, judul di atas bisa dikatakan rumus dalam memodifiaksinya ini kali. Bodinya meniru Ducati, kaki-kaki jiplak GSX 1000, dipelesetin jadi digesex. Tapi hasilnya motor kelihatan lebih ceper.

"Motor Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini memang akan terlihat ceper jika tetap menggunakan monosok dari GSX 1000," kata Shen Shen, juragan AC. Jika bisa menyesuaikan bentuk bodi dan rider cukup nyaman, maka lebih rendahnya jok sekarang ini bukanlah masalah berarti, masih menurut Shen Shen, penggunaan monosok dari moge tadi mempunyai keuntungan dalam masalah pemasangan. "Bisa dikatakan sistemnya menjadi bolt- on karena bisa langsung pasang di Ninja 250R," ungkap pria berambut cepak ini.

Lebih jauh dijelaskan bahwa jika tidak ingin motor terlihat ceper, arm ini bisa digabungkan monosok standar Ninja. "Tapi, untungnya Abel si pemilik motor ini enggak masalah dengan tampilan seperti ini," kata pemilik bengkel di Jl. Mangga Besar 4R, No. 80, Jakarta Barat ini, oh ya, arm yang digunakannya produksi Delcevic. Sama dengan pelek. Lengan ayun dan pelek ini baik ukuran maupun modelnya persis meniru tampilan GSX. Pelek ini mempunyai lebar telapak lumayan, 3,5 inci di depan dan 6 inci untuk bagian belakang. 

Begitu banyak Kawasaki Ninja 250R yang dimodif saat ini menjadi hambatan tersendiri. Apa sebab? Karena jika enggak berani dalam memodifikasi, Ninja akan terlihat sama dengan lainnya. Jadi, harus jeli memilih tampilan yang pas, menarik dan sudah pasti jangan sampai terkesan norak dan kampungan.  Begitu juga dengan Shen Shen, pemilik Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini. "Saya tidak ingin sudah total di kaki-kaki tapi motor malah jadi terlihat biasa karena motif yang dipakai suda pasaran," kata Shen Shen, sapaan akrabnya.

Motif ini memang agak menyolok mata. Perpaduan biru dan kuning sungguh eye catching. Dan warna seperti inilah yang memang menjadi obsesi Shen Shen dalam modifikasi, seakan ingin terlihat total, beberapa bagian pun dicat atau dipilih warnanya yang sama mengikuti bodi. Misalnya saja bagian tengah disc brake, "Bahkan untuk slang rem belakang cari yang warnanya biru juga, supaya semua terlihat harmonis," tambah pria ini. Kejeliannya layak diacungi jempol untuk urusan seperti ini.

Begitu juga dengan pelek. Limbah dari Honda RVF 400 itu juga terpaksa disiram cat dengan kelir kuning. Hal ini berlanjut pada pemilihan gir belakang pada Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini, yang juga berkelir sama. Sungguh perpaduan warna yang harmonis. untuk wilayah kaki-kaki ini, Shen Shen memilih limbah yang termasuk kurang banyak dipakai. Hal itu memang karena stoknya tidak terlalu banyak. "Padahal dengan desain pro arm seperti Ducati ini, motor terlihat jadi lebih sporty juga," kata anggota klub Ninja ini.

Selain bentuknya, dengan memilih limbah RVF ini juga banyak keuntungan lainnya. "Terutama dalam masalah pengerjaan modifikasinya dan juga handling saat dipakai riding," beber karyawan swasta di bidang IT ini. menurut Shen Shen, dengan lebar pelek 3,5 inci di depan dan hanya 4,5 inci di belakang, saat diajak rebah motor lebih stabil. "Saya sudah membuktikannya saat nyoba di Sentul," tambah pria yang kadang-kadang ikutan OMR Ninja, tentu saja tidak pakai motor ini. Joe punya satu unit lagi yang khusus untuk balapan.

"Selain itu kalau limbah R6 atau CBR 600 bagian belakang motor seakan kepanjangan dan akan ngebuang kalau diajak bermanuver," lanjut Shen Shen yang memang doyan ngebut ini, untuk Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini supaya lebih rame tapi tetap dalam konsep harmonisasi, di bagian fairing juga ditempeli begitu banyak stiker. Ingat ya, jika ingin pasang stiker produk seperti ini usahakan yang natural. Artinya produk tadi benar dipasang di motor atau memang merupakan sponsor pendukung, lihat saja di sini. Ada Michelin, Brembo, Nissin, Koso dan juga X-race. Tambah sip lagi, juga ada stikernya, thanks ya, Bro!

Oh ya, perihal bodi, sepertinya Shen Shen tidak banyak melakukan ubahan. Fokusnya memang hanya pada permaianan warna. Fairing masih mengandalkan aslinya, "Hanya dilakukan pemasangan single sitter di belakang biar mendukung konsep Modifikasi Motor Terbaru Kelas Motor Racing, selain itu beberapa bagian bodi dilapis carbon printing supaya lebih memperkuat konsep.

Sedangkan untuk urusan bodi, saat ini Shen Shen coba aplikasi bodi yang meniru Ducati 848. "Bagian yang paling ketahuan meniru Ducati adalah pada buritan," tunjuk  Shen Shen, tapi, untuk urusan Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategori warna rupanya dia ogah menggunakan kelir merah yang sudah jadi identiknya Ducati. "Kita lebih sreg dengan warna putih, plus dengan sedikit efek kuning," kata pria yang juga terkenal sebagai seniman airbrush, di bengkelnya memang dia menyediakan paket bodi ini, hal itu karena dirinya menjadi distributor produk yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. "Untuk Jakarta saya yang memasarkan memasarkan," tambah pria bertubuh tegap ini.

Sedangkan untuk wilayah depan pada Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini, ada sesuatu hal yang baru diaplikasinya. Hal itu karena model projector yang digunakannya berbeda dengan produk populer yang sudah banyak beredar selama ini. Namanya devil eyes. Sesuatu banget, Bro!, "Lampu seperti ini masih baru, cirinya bagian dalam memancarkan warna merah.  Sedang pada bagian lingkar lampu dibiarkan tetap biru," ujar Shen Shen lebih jauh.

 DATA MODIFIKASI
Pelek: Delcevic
Ban: Michelin 120/60-17& 190/60-17
Swing arm: Delcevic
Upside down: GSX 1000
Bodi : Custom
Footstep: Xrace
Takometer: Koso RX2
Knalpot: Jardin RT5
Gas spontan: Domino
AC: (021) 95083232

Minggu, 27 November 2011

Modifikasi Honda CB100 Streetfighter

0 komentar



Modifikasi Honda CB100 Streetfighter ini pasti sudah anda kenal sebelumnya, karena gaya streeetfigter sepeti ini sudah banyak yang muncul di jalan raya dan yang paling terkenal adalah hasil garapan dari sang modifikator yang bermarkas di WJS Clup, untuk saat ini memang gaya seperti ini adalah gaya yang paling banyak diminati oleh para modifikasi mania, namun kali ini yang di modifikasi adalah Honda CB100 bukan seperti sebelumnya yang paling banyak adalah dari generasi Honda GL Pro atau Honda Tiger, maka darim itu tidak ada salahnya jika kita cermati motor ini.

Hingga penghujung 2011,  streetfighter masih merupakan aliran modif paling banyak diadopsi di wilayah Purwokerto. "Walaup konsepnya streetfighter namun detail jadi kunci dalam garapan ini kali. Sebab selain dipakai harian, Modifikasi Motor Honda ini juga buat contezt. Makannya dimensi bentuk dan proporsi harus sempurna," buka Jaka Permana, pemilik gerai modif Jack's Garage (JG).

Alur tekstur pada bodi Modifikasi Honda CB100 Streetfighter ini memang asyik ditengok, contohnya bentuk tangki dan detail bagian tengah. Pada dasarnya, modifikator beken dengan rambut gaya Andi Lau ini mengakali alias kamuflase bentuk motor asli tahun jebot ini, dasar sasis mudah dibentuk dengan bodi mungil. Sebab frame sasis sederhana dan kecil. Makanya, walaupun tangki kecil namun terlihat bagus secara postur.

Untuk desain bodi belakang mengaplikasi gaya double sitter. Namun ciri khas West Jateng Style alias WJS masih terasa kental. Walau ada jok boncenger, tapi kesan pendek tetap menonjol, walaupun begitu tentu saja masih bisa untuk boncengan orang dua, akan tetapi diperkirakan kalau musim hujan tentu membutuhkan sesuatu untuk menutupi percikan air dari roda bagian belakang yang kemungkinan bila berkendara diatas kecepatan 40km tentu percikan air akan naik keatas dan depan.

Aplikasi ini merupakan hasil kreasi dari pemotongan sasis belakang total. "Sasis lama mulai bagian belakang tangki dipotong, diganti dengan pipa 22,5mm sebagai sasis baru pada Modifikasi Honda CB100 Streetfighter ini, Panjang cuma 45 cm saja, sebab cuma sebagai pemegang jok," yakin modifikator  mangkal di Jl. Lensapura, Gg. Mawar No. 19, Teluk, Purwokerto.

Kesan kokoh dan serba menyiku juga ikut ditampilkan pada shroud alias sayap tangki depan. Walaupun kotak namun terlihat manis. Jika ditengok dari depan baru terlihat bolongan udara yang juga bisa berfungsi ganda mendinginkan mesin. Namun sayang cuma di bentuk saja. Karena secara fungsi masih nihil alias nggak ada. Sebab CB 100 memakai pendingin udara, bukan liquid system.

Biar tampilan pada Modifikasi Honda CB100 Streetfighter ini lebih keren, sang modifikator juga tergoda pakai mono arm. "Tapi, saya akali dengan membuat sendiri biar hemat. Komponen yang paling mahal justru ada di pelek yang dibanderol sekitar Rp 500 ribu. Kalau mono arm bisa kurang dari itu," cuap builder yang lagi banyak kebanjiran order ini.

Mekanismenya sederhana dalam aplikasi ini. Yang dirasa paling sulit untuk Modifikasi Motor Terbaru Kelas Modif ini adalah memperhitungkan dimensi jarak sumbu roda. Untuk pemasangan pelek belakang, sedikit pusing. Pelek lungsuran Honda Estilo ini memiliki lebar 7 inci. Lebih lebar dari pelek limbah moge yang rata-rata bermain 6 inci, "Makanya diambil jalan keluar melebarkan gir depan setebal 6 gir yang dilas listrik agar kuat. Sehingga gir depan lebih menjorok keluar dan bisa lurus dengan gir belakang,"
 
Bentuk aplikatif lain ada pada lampu depan. Bermodal lampu depan Vega ZR, ayah satu putri ini bikin bagian depan jadi lebih cihuy. Kombinasi fiberglass rapi dimainkan membungkus lampu depan dengan sudut sesuai detail bodi yang lancip biar masuk dalam Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategorinya, nyambung dalam komposisi detail dan diakhiri finishing merah bunglon. Ini merupakan racikan sedap dari Sikkens plus pernis.

Sebagai finishing pada Modifikasi Honda CB100 Streetfighter ini kelir gelap dipilih. Padahal akan jadi lebih sip lagi jika memilih warna terang. Ingat para jagoan yang ada di Transformers, walaupun bertampang gahar dan seram dengan tapak lebar, terbukti semua komponen kaki-kaki ini full lokal. "Banyak kok dijual di toko variasi," cuap Jaka pada motor milik Aris Hartoyo yang memang asli Purwokerto ini.

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Bridgestone 120/70-17
Ban belakang: Swallow 160/60-17
Pelek: Rossi
Stop lamp : Mio Sporty
Sok belakang: Satria 120
Setang: Fatbar
Knalpot: JG Product

Modifikasi Honda Astrea 800 Full Custom

0 komentar



Modifikasi Honda Astrea 800 Full Custom ini merupakan hasil kreasi dari seorang modifikator yang benar-benar sangat handal untuk merubah tampilan motor, bukan lagi handal akan tetapi spektakuler, semua berubah tidak ada lagi yang terlihat dari bodi standart motor ini, motor yang semula terkesan jadul kini berubah menjadi sangat gokil abis, jempol seratus untuk Antonius Candra dari Ton's Chrome (TC) ini.

Gokil, gila, dua jempol atau apalah ucapan kekaguman lain yang layak diberikan pada langkah custom Modifikasi Motor Honda Astrea 800 ini. Melihat wujudnya sekilas saja sudah terbayang kalau ini full custom, tak ada yang standar lagi. Tapi, jika lebih diteliti lagi, ungkapan kekaguman akan segera keluar. 

Pertama, mari lihat sistem penggerak rodanya. Antonius Chandra dari Ton's Chrome (TC) mengubahnya dari rantai menjadi belt. Pastinya ini bukanlah pekerjaan gampang. "Modifikasi Honda Astrea 800 Full Custom ini ingin dibuat beda, kebetulan alat di bengkel memungkinkan untuk melakukan ubahan itu," kata Anton di awal obrolan.

Untuk pulley sebagai pegangan belt dibuat sendiri olehnya. "Sedangkan karet beltnya sendiri pakai punya alat-alat berat," lanjut pria kurus ini lagi, meskipun menggunakan belt, tapi motor ini tetap masih pakai gigi, tidak berubah menjadi seperti matik, hebatnya lagi, pulley belakang juga merangkap sebagi rem. Fungsinya seperti disc brake. "Jadi, kaliper Brembo juga ikut menjepit pulley tadi. Tebalnya sekitar 2,5 cm," tambah pria asal Palembang ini.

Lengan ayun juga dibuat sendiri. Anton mendesainnya menjadi tunggal. "Itu menggunakan pipa seamles ketebalan 3 mm dengan diameter 45 mm. Spek itu cukup kuat dan dijamin aman," lanjut ahli lapis verneckel ini, hal lain yang membuat orang banyak terkagum ada pada desain pelek pada Modifikasi Honda Astrea 800 Full Custom ini, itu murni buatan Anton sendiri. "Untuk lingkar pelek sudah aplikasi copotan dari mobil, sedang untuk bagian palang dibuat sendiri," lanjut pemilik bengkel parktik Jl. Ciputat Raya, No. 20A, Jakarta Selatan ini.

Palang sengaja dibuat kecil-kecil dan hanya 3 batang. "Itu yang membuat orang bertanya mengenai kekuatannya, pada ajang kontes Modifikasi Motor Terbaru Kelas Minimalis, tapi, itu dijamin kuat," yakin Anton lagi, jelas bukan asal kuat di mulut. Batang palang tadi dibuat menggunakan pelat 10 mm. Untuk membuatnya bisa sempurna menyatu dengan lingkar pelek digunakan las listrik. Sementara semua proses pengerjaan digarap Anton sendiri.

Desain pelek seperti ini menimbulkan kesan kosong dan minimalis. Di situ letak kejelian dan taste Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategorinya Anton yang bukan sembarangan. Sebab, pelek seperti itu sesuai bentuk bodi baru yang full custom juga. Oh ya, seluruh rangka sekarang juga sudah dibuat menggunakan pipa seamless diameter 45mm.

Bisa dikatakan bodi juga minimalis. Tidak ada lagi cover bodi, yang ada hanya tangki di rangka depan. Bahkan jok untuk Modifikasi Honda Astrea 800 Full Custom inipun hanya disediakan satu dengan batang dan ukuran yang juga begitu minimalis, pada bagian ini stop lamp ikut ditempelkan. Terakhir, kelir putih pilihan yang membuat motor ini tampil sempurna, tanpa cela dan memang dahsyat!

 DATA MODIFIKASI
Ban depan: Swallow 140/60-14
Ban belakang: Swallow 180/55-14
Pelek depan: Custom 5x14
Pelek belakang Custom 8x14 inci
Sok depan: Thunder 250
Sok belakang: Kawasaki Athlete

Modifikasi Honda Tiger Upside Down

0 komentar


 
Modifikasi Honda Tiger Upside Down merupakan hasil racikan dari seorang modifikator yang sudah banyak makan asam garam tentang memodifikasi motor, hasil kreasinya sangat kuat dan dinamis, bagaikan bangunan yang pertama-tama diperhatikan adalah masalah konstruksinya, seperti halnya motor ini, jika diperhatikan bodi keseluruhan sangatlah kuat, serasi dan dominan,  tak ubahnya bagaikan bangunan yang sangat futuristik dan sedap dipandang.

Ilmu konstruksi tidak hanya dibutuhkan di bidang bangunan. Tapi, dalam merombak motor, konstruksi juga perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan bahan sampai kepada bentuk dan juga rancangbangunnya. Contoh Modifikasi Motor Honda  karya A-Team (AT) asal Jepara ini, ciri konstruksi terlihat apik. "Harus lincah dan kuat dalam komponen kaki-kaki. Selain itu bodi juga punya bentuk ringkas dan simpel," buka Makin yang makin berkembang saja ilmu buildernya.

Silakan lirik pilihan peredam kejut depan custom ala upside down. Modelnya gak kegedean. "Jadi, selain konstruksi pas juga secara visual terlihat harmonis dengan desain bodi. Bodi gak kebanting kaki-kaki," jelas builder yang mangkal di daerah Pecangaan, Jepara ini, ajrutan depan khas seperti sok modern yang beken dipakai moge. Padahal, sok depan standar motor Modifikasi Honda Tiger Upside Down ini hanya dibuatkan cover agar menyerupai sok upside down. "Material juga cuma pipa 2,5 inci yang dibuat seukuran upside down GSX 750. Namun panjangnya disesuaikan dan diberi detail pada bagian segita atas-bawah sehingga mirip upside down aslinya," jelas modifikator ramah ini.

Nyambung juga dengan pelek variasi Kawasaki Ninja 250R yang punya dimensi lebar. "Selain tapaknya pas dengan bodi juga mesin aman. Gak terlalu berat bawa bodi yang lumayan bahenol ini," kekehnya.  Termasuk swing arm belakang yang juga dikerjakan handmade dari pelat 5mm. Makin cantik dan pas, urusan bodi juga oke. Tangki custom dikasih sayap atau yang beken disebut  shroud. "Sengaja tambahkan sayap biar bagian tengah makin berisi. Selain memang biar makin padat, juga agar lampu sein Honda Blade bisa nemplok sempurna di shroud tadi," timpal Mahendra, si empunya motor yang ikutan bersuara.

Ubahan paling kental terjadi di bodi juga rangka, aliran Minor Fighter biasanya cuma rombak rangka belakang. Backbone dipapas abis dan cuma disisakan sedikit buat tempat duduk, stop lamp dan dudukan lampu sein, lalu potongan rangka belakang pada Modifikasi Honda Tiger Upside Down ini dikondom bahan serat fiber biar kelihatan apik. Begitu juga deltabox bikinan yang dipasang pada bagian bawah tangki model futursitik dan juga dibuat dari serat fiber. Dibilang fituristik karena bentuk tangki seirama dengan bentuk meruncing dari airscoop.

Selain airscoop, engine guard ikut dibikin meruncing. Desain ini mengikuti bentuk tangki motor yang secara konsep, juga sudah sesuai dengan tongkrongan Minor Fighter yang secara konsep memang sudah lama dikenal, Karena alasan itu, pemilik Modifikasi Motor Kelas Extreem ini sudah menyiapkan tunggangannya lebih awal., momen ini tidak akan disia-siakannya. “Untuk hadir di acara akbar itu, tampilan motor enggak boleh biasa-biasa saja. Kayak gak serius nanti dilihatnya. Oleh sebab itu, tampang Tiger 2001 saya maksimalkan,” ujar yang punya motor ini yang sudah nggak tahan mau cepat ke lokasi.

Keinginan yang punya motor ini memaksmilkan ubahan motornya beralasan. Itu karena basic Honda Tiger yang awalnya sudah masuk dalam Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategorinya dirasa kurang maksimal dan konsepnya masih jauh dari harapan. Padahal, kaki depan-belakang sudah mengacu tunggangan khas Minor Fighter, terlihat pada pemasangan sok depan upside down Suzuki GSX400 yang mantap menopang sasis. Peredam kejut ini pun dipermanis penerapan setang baplang juga batok lampu minimalis khas moge naked bike. Adapun kaki belakang, pakai swing arm Kawasaki ZX7 model lawas yang model link armnya sistem unitrack.
 
Lalu baik sok depan maupun belakang, biar pas diisi pelek lebar Honda CBR Fireblade 929, sudah termasuk cakram depan-belakang, finishing visual pada Modifikasi Honda Tiger Upside Down ini diramu dengan racikan kelir sederhana namun kuat dalam konsep. "Warnanya memang dipilih hitam kombinasi merah. Kesan kokoh dan besar ingin saya tonjolkan agar bodi kecil tadi terlihat besar," mantap Mahendra.

DATA MODIFIKASI
Ban depan: IRC 110/70-17
Ban belakang: Michelin 190/50-17
Lampu depan: Satria F-150
Lampu belakang: Honda Revo
Sok belakang: NSR 150
Setang: Yamaha Byson
Knalpot: Custom
A-Team: 0813-2555-7254

Modifikasi Honda Supra X 125 Kompresi Mesin

1 komentar


 
Modifikasi Honda Supra X 125 Kompresi Mesin ini yang di geber oleh pembalap Wahyu Widodo sehingga bisa menapaki diatas podium, motor ini adalah hasil dari racikan seorang mekanik yang banyak kreasinya, dari berbagai tehnik, ternyata tehnik satu ini yang diterapkan pada motor Honda Supra X125 ini cukup jitu dan akhirnya dapat juara, meskipun hanya juara II, namun sang mekanik ini bisa menyelamatkan muka Honda diajang balap ini.
 
Wahyu Widodo tidak hanya lolos dari ganasnya siksa ‘neraka’ sirkuit Kenjeran di IndoPrix (IP) Seri IV (30/10) lalu. Tapi, mampu menapaki podium dua, sekaligus mencetak sejarah sebagai pembalap yang disokong pabrikan Honda meraih podium di balapan paling bergengsi Indonesia 2011, “Rahasianya mengatur rasio kompresi,” bisik Akiang, pawang Modifikasi Motor Honda besutan Wahyu. Dalam ilmu motor bakar, rasio kompresi memegang peranan penting. Karena, di sinilah power motor diatur. Tenaga mesin mau dibikin galak atau lembut, ya memang kompresi mesin ini yang diutak-atik. Biasanya ditandai dengan angka.

Angka menyatakan perbandingan volume antara volume total silinder dengan volume ruang bakar. Isi total itu penjumlahan dari volume silinder dan volume ruang bakar. Volume silinder simbolnya V2. Sedang volume ruang bakar diberi simbol V1. Sehingga perbandingan kompresi memakai rumusan, Cr= (V1+V2)/(V1), nah, semakin tinggi rasio kompresi, semakin sempit V1 atau semakin besar V2, semakin tinggi pula tenaga yang dihasilkan oleh Modifikasi Honda Supra X 125 Kompresi Mesin ini. Artinya, semakin kecil volume ruang bakar berarti pemadatan bahan bakar–udara jadi semakin padat, sehingga ledakan pembakaran semakin besar, semakin besar pula tenaganya.

Namun tidak selamanya tenaga besar menguntungkan. Contohnya di Kenjeran kemarin, Akiang justru menurunkan kompresi. “Biasanya pakai kopresi 13,7 : 1. Tapi kemarin cukup 13,2 : 1,” tegas pria kutilang alias kurus tinggi langsing ini, kompresi turun, panas yang dihasilkan juga tidak begitu tinggi. Jadi bisa awet karena suhu Kenjeran yang saat itu terik ketika sesi balapan.

Selain itu, kompresi tinggi juga bikin tenaga galak. Motor lebih liar dan susah dijinakkan. Akibatnya, langkah masuk-keluar tikungan jadi merepotkan. Makanya, paling pas kompresi rendah, apalagi motor Modifikasi Honda Supra X 125 Kompresi Mesin ini dipacu sejauh 30 lap di Kenjeran. Itu  setara dengan 27 kilometer. Ditambah lagi dengan siksaan suhu udara yang mencapai 42 derajat celcius. Suhu di lintasan lebih gila lagi, 72 derajat celcius, Bro! So, kompresi rendah bikin mesin awet dari risiko mesin jebol.

Toh meski begitu, suplai bahan bakar tetap menjadi fokus perhatian berikutnya. Karena, bahan bakar, selain sebagai sumber tenaga, juga sebagai pendingin mesin.  Makanya, diperlukan bahan bakar beroktan tinggi, kenapa harus pakai oktan tinggi? Oktan bertugas mencegah agar jangan cepat terbakar! Bukankah bensin yang mudah terbakar lebih oke? Oh no itu tidak benar. Pada waktu pembakaran telah ditentukan berdasarkan siklus atau langkah kerja mesin.

Langkah singkatnya untuk Modifikasi Honda Supra X 125 Kompresi Mesin ini begini, bensin disedot oleh mesin dikompresi pada langkah kompresi sekaligus dicampur dengan udara. Pada saat inilah terjadi kenaikan suhu dan tekanan bensin di dalam silinder. Suhu tersebut bisa memicu bensin terbakar dengan sendirinya alias pembakaran dini. Bahasa londonya, pre-ignition, makanya, untuk mencegah pre-ignition inilah ditambahkan oktan di dalam bensin. Dulu biasa disebut timbel atau PB.  Makin tinggi nilai oktan, tambah hebat kemampuan mencegah pre-ignition.

Itulah mengapa Akiang tidak mentah-mentah mempercayakan pada bensol biru untuk memacu Modifikasi Motor Kelas Racing ini, Oktan bensol biru (100) dirasa masih kurang mengolah panas. Makanya harus dicampur lagi dengan bahan bakar balap alias racing fuel bermerek VP yang memiliki oktan 110, bukan hanya pemakaian oktan yang lebih tinggi, kandungan aditif pada VP juga diyakini lebih kaya. Bensin balap ini dioplos dengan perbandingan 1:3. 1 liter VP dipadu 3 liter avgas biru.

Selanjutnya, untuk Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategorinya ini tinggal mengatur debit oplosan bahan bakar tadi ke mesin dengan paduan spuyer gajah. Karburator Mikuni TM 28 diisi spuyer 150/25. Semprotan bahan bakar ini dibakar pada 35 derajat sebelum piston menyentuh Titik Mati Atas (TMA) di putaran mesin  7-9 ribu rpm, hasilnya efektif. Tenaga Supra X 125 racikan tim Honda OEI Aries Putra Federal Oil Kawahara INK ini tidak pernah ngedrop meski sudah dipacu 30 lap.

Suhu mesin pun tidak mengkhawatikan. Dilihat pada data logger, menunjukkan angka 132 derajat celcius. Asal tahu saja, motor akan macet bila suhu mesin menyentuh 165 derajat. Padahal, motor Modifikasi Honda Supra X 125 Kompresi Mesin ini meraung hingga 16 ribu rpm, enggak heran jika Wahyu mencetak sejarah Honda. Karena kompresi turun dan kadar timbel dalam additif. Sehingga suhu mesin lebih turun dengan panas yang tidak melonjak tinggi. Juga didukung busi tahan panas menggunakan Denso Iridium UI 27.

DATA MODIFIKASI
Klep: Sonic ukuran 28/23
CDI: Rextor
Durasi kem : 273 derajat
Lift kem: 9,3
Ban: IRC 

Modifikasi Honda Beat Juara Dengan Klep Kecil

0 komentar



Modifikasi Honda Beat Juara Dengan Klep Kecil merupakan hasil garapan dari seorang mekanik handal yang sering mengutak-atik motor, dialah Ahmad Bashori yang punya kelebihan khusus untuk meracik Honda Beat bisa menjadi juara, nama mekanik ini sebenarnya cocok sebagai nama ustad, akan tetapi ternyata otaknya seperti malaikat yang bisa menyulap motor sekelas honda beat bisa melaju lebih kencang bagaikan pesawat.

Honda BeAT yang digeber Wawan Hermawan mengejutkan di kelas 130cc open Indonensian Super Matic Race 2011 sejak seri IV Malang lalu. Dan terakhir di seri V atau final di Cirebon juara 1, padahal pembalap andalan Honda Putra Rinzani M2 Racing ini baru ikut dua seri di Kelas Matic Race. Terbukti bisa langsung melesat, kuncinya bermain dengan klep kecil. Cocok dengan karakter matik yang butuh torsi di putaran bawah. Supaya cepat melesat di tikungan.

Klep yang digunakan yaitu isap 26mm dan buang 22mm. Padahal di regulasi tertulis dan membolehkan kalau kelas 130cc open menggunakan klep isap 28mm dan buang 24mm, “Berdasarkan hasil pengetesan dan percobaan, menurut Wawan untuk Modifikasi Honda Beat Juara Dengan Klep Kecil ini cukup menggunakan klep ukuran ini,” jelas Ahmad Bashori, mekanik yang menangani pacuan Wawan. Katanya menemukan mekanik ini juga kebetulan ketika balap di Matic Race Malang.

Dia juga punya keahlian sebagai tukang pasang klep lebar di head semua merek motor. Makanya dia tahu memilih ukuran klep yang pas untuk Modifikasi Motor Honda ini. Seperti klep 26/22 di mesin 130cc open. Suara mesin terdengar sangat menjerit karena torsi yang dihasilkan lumayan besar, dari semenjak latihan bebas, catatan waktu yang ditorehkan Wawan langsung nomor 1. Begitu juga ketika qtt dan race, selalu nomor satu.

Untuk pemilihan klep pada Modifikasi Honda Beat Juara Dengan Klep Kecil ini yang menggunakan batang 4,5mm supaya ringan. Diambil dari kepunyaan Honda CBR 250R. “Batangnya ringan, bikin kerja pegas klep ringan juga,” jelas mekanik asli Jawa Timur itu, untuk per klep menggunakan buatan Jepang. Dipilih yang warna kuning dengan merek Aktif. Supaya klep bisa terkunci, menggunakan retainer klep dari kepunyaan Yamaha Jupiter.

Untuk lubang portingnya sendiri, dibuat sangat ekstrem. “Menggunakan karbu 28mm, makanya lubang depan manifold juga dibuat 28mm, “ jelas Bashori yang senang tampil merendah itu.
Kemudian lubang manifold yang dibuat makin ke dalam mengecil. Karena akan bertemu dengan lubang porting inlet yang mencapai 25mm. Ini yang sebenar- nya dianggap ekstrem itu.

Bayangkan saja, lebar klep isap 26mm. Sementara lubang isap ukurannya 25mm. Dipastikan sitting klep yang menempel di daging kepala silinder hanya 1 mm dibagi 2 jadinya 0,5mm. Sangat tipis sekali. Bisa-bisa dudukan klep pada Modifikasi Honda Beat Juara Dengan Klep Kecil ini cepat sekali mendem, untuk lubang buangnya juga termasuk ekstrem. Diameter klep buang hanya 22mm. Sementara lubang buangnya mencapai 23mm. Besar lubang daripada klepnya memang.

Demikian gambaran korekan mekanik yang tidak banyak ngomong itu. Hasilnya lumayan paten, juara race 1 dan 2, untuk main di kelas 130 dipastikan harus bore up. Bashori memilih menggunakan piston buatan FIM (Federal Izumi Manufacturing), piston yang digunakan punya dimater 54,70mm. Aslinya piston ini dipakai untuk Honda Blade yang mau dibore up untuk turun di kelas 125cc MotoPrix atau IndoPrix, kalau dipadukan dengan stroke standar BeAT yang 55mm, maka bisa ketahuan kapasitas silindernya sekarang. Yaitu 129,2cc, masih di bawah regulasi yang maksimal 130,9cc. 

Dengan ruang bakar juga seperti dulu pakai jenis bathtub, untuk Modifikasi Honda Beat Juara Dengan Klep Kecil ini aslinya punya ruang bakar bentuk seperti kubah, namanya hemi spherical atau hanya membulat. Secara teori, tidak menguntungkan. Karena rasio kompresi dan debit gas bakar yang dihasilkan malah jadi rendah, menggunakan ruang bakar bathtub mampu menciptakan debit gas bakar menjadi lebih tinggi. Itu tentu berdasarkan pengukuran menggunakan flowbench.

Paling penting lagi, sang mekanik bisa membuat rasio kompresi tinggi tanpa harus membuat jenong piston yang berat. Apalagi piston diambil dari paket bore up Kawahara cukup ringan. Menguntungkan untuk motor balap, menurut sang mekanik dari Modifikasi Motor Terbaru Racing Team, korekan kembali ke awal. “Menggunakan kepala silinder seperti dipakai di seri Bandung,” jelas sang mekanik yang menggantikan Mariasan Kocek yang cuti itu.

Diameter payung klep yang digunakan yaitu intake 27 mm dan buang 23 mm, baru kemudian dipadukan dengan per klep Suzuki Smash supaya gesekan jadi ringan. Namun lumayan menguntungkan karena bisa patok lift tinggi, bahkan tahun depan Modifikasi Honda Beat Juara Dengan Klep Kecil dari tim putra Rinzani yang mau serius bermain di balap skubek ini akan turun juga di kelas 150cc menggunakan Honda BeAT. Makanya kemarin penasaran dan coba-coba ngiintip tim balap yang menggunakan BeAT 150cc.

DATA MODIFIKASI
Karbu : PWK 28
Per CVT : 1.500 rpm
Knalpot  : CLD
Slang rem: Kitaco
Intake: Standar

Modifikasi Honda Blade Kalori Pertamamax

0 komentar



Modifikasi Honda Blade Kalori Pertamamax merupakan buah hasil penelitian dan gagasan seorang mekanik handal dalam dunia balap, dengan ketelatenannya akhirnya dia bisa menemukan suatu konsep balab yang mutakhir, sehingga dia bisa menyelamatkan muka honda diajang balap kala itu, hanya mengandalkan kalori dalam bahan bakar pertamax sang mekanik handal tadi bisa menjadikan Honda Blade garapannya bisa menjuarai langsung di ajang dua kelas berbeda.

Gerry Laurens menyelamatkan muka Honda di pentas balap nasional. Dialah satu-satunya pembalap Honda yang mampu meraih poin tertinggi di kejurnas MotoPrix region 2 dan kandidat kuat juara nasional di dua kelas sekaligus, yaitu MP5 dan MP6, tak hanya itu, Modifikasi Honda Racing besutan Gerry ini pernah mencatat prestasi fenomenal. Saat kejurnas MotoPrix seri Kenjeran, Surabaya, catatan waktunya setara dengan kelas MP2 yang dikangkangi oleh pembalap seeded. Luar biasa.

Rahasianya, terbukti cuma memainkan kalor. Kalor bukan kolor. Kolor identik dengan celana. Dulu masyarakat sempat heboh karena ulah penjahat berkolor ijo. Nah, kalor artinya kandungan energi panas pada mesin. Sering disebut juga kalori, dalam Modifikasi Honda Blade Kalori Pertamamax ini, kalori seperti makanan buat mesin. Manusia, jika rajin mengkonsumsi makan makanan berkalori tinggi bikin tenaga manusia jadi gede. Kalori yaitu nilai panas bahan bakar jika dibakar. Satuannya kcal/kg. Dalam satuan Inggris Btu/lb.

Di sinilah terlihat kepiawaian Agus Supriyanto me-Modifikasi Motor Honda, pawang Blade Gerry Laurens. Meracik Pertamax plus sebagai kalori. Bukan avgas atau bensol.  Terbukti, bahan bakar yang memiliki oktan 96 ini kandungan kalorinya lebih tinggi dari bensol atau avgas. Yaitu 19.000 Btu/lb, “Coba bandingkan dengan bensol 17.300 Btu/lb dan avgas 18.600 Btu/lb,” buka Agus Supriyanto, mekanik Gerry. Untuk lebih jelasnya bisa melihat tabel di buku Four Stroke Perfromance Tuning karangan A. Graham Bell.    

Setingan bahan bakar oktan rendah berdampak rasio kompresi tidak bisa tinggi.  Memang itu yang disasar Agus. “Makanya pakai 12,8 : 1,” tambah mekanik akrab disapa Koplak ini. Kompresi tinggi, memang tenaga yang dihasilkan lebih besar, tapi risiko mesin jebol pun jadi lebih besar. Belum lagi bila pengapian tidak tepat, gampang detonasi, kompresi rendah. Bikin mesin lebih adem. Komponen pun lebih awet. Tapi, unutk menghasilkan power maksimal, pembakaran pada Modifikasi Honda Blade Kalori Pertamamax ini harus sempurna. Dibantu dengan busi panas. Contohnya dengan busi Denso berkode 22. Sehingga, “Motor cukup berputar satu lap, suhu mesin sudah ideal,”  tambah mekanik Jogja ini.

Untuk mendulang tenaga atas, Agus memainkan kem dengan durasi 278ยบ. Termasuk tinggi. Apalagi dipadu dengan lift 9,5mm. Otomatis, suplai bahan bakar ke mesin pun butuh lebih melimpah, makanya perbandingan spuyer diperbesar. Karburator standar ini diisi pilot dan main-jet 52/115. Dijamin gak bakal tekor. Kalori melimpah, motor jadi bertenaga dan tentunya dalam Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategorinya susah dilawan.

Dengan setingan ini, Agus yakin mesin pada Modifikasi Honda Blade Kalori Pertamamax ini tidak hanya powerfull, tapi juga adem dan awet kendati digeber selama 25 lap di lintasan yang berbeda. Apakah itu di Serang, Kemayoran atau Kenjeran. "Bermain di sirkuit berbeda, cukup adaptasi dengan permainan seting sproket. Contohnya untuk Kenjeran yang hanya pakai perbandingan 13/40," tegas Koplak.

DATA MODIFIKASI
Knalpot  : SND
CDI: Rextor
Busi : Denso W22
Karburator: Standar

Sabtu, 26 November 2011

Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Chopper

0 komentar



Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Chopper berawal dari kegemaran san punya motor tentang pengendara Harley Davidson yang terlihat garang dan macho abis, maka sang modifikator langsung menyodorkan suatu cosep untuk mengatasi motor scorpio ini, untuk consep awal adalah mengacu pada tren saat ini yaitu Choper Amerika, yang cenderung minimalis, maka atas disodorkannya consep tersebut langsung diterimanya.

Tom saksono dari Psycho Custom Bekasi, berhasil memadukan bobber dan chopper ol skool. Seperti saat menangani Modifikasi Yamaha Scorpio milik Hendra Hakim dari Jakarta ini, untuk customnya, pertama disasar memperkuat konsep chopper dulu. Yang dimanfaatkan hanya mesin Scorpio. Rangkanya dirancang ulang jenis hardtail sebagaimana kebanyakan chopper.

Walau nggak begitu padat, karya Tom yaitu Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Chopper ini mengingatkan ke Style New Yorker. Gaya ini biasa diterap almarhum Indian Larry dari Gasoline Alley, atau nama bengkel setelah kematiannya, Indian Lary Legacy, gaya-gaya ini sangat dekat dengan traditional choppers. Cirinya rake standar, raiser pendek dan setang ape hanger yang menyerupai tanduk devils, yakni gaya curva relatif tinggi.

Di bagian depan juga semua dibuat padat dan berotot. “Sok dipilih milik Suzuki Bandit 400, lampu depan konvensional bulat variasi moge dan sepatbor minimalis agar motor tampil elegan,” buka Tom yang karyanya agak dekat dengan selera builder dunia semisal Cyeril Huze atau Harold Pontarelli.

Gaya choppers bernuansa jadul merupakanj Modifikasi Motor Dan Kategorinya masuk dalam contes dilakoninya dengan down tube dobel yang dekat dengan selera chopper Amerika. Tom tidak merapatkan wilayah ini seperti karya sebelumnya yang bercirikan skandinavian. “Semuanya mendekati bob-chop, karena pilihan ukuran ban di depan dan belakang sama, yaitu 16 inci,” ungkapnya lagi. Yap, pilihan ban inilah yang membuat gayanya bob-chop!

Setelah secara konsep sudah didapat, Tom tinggal menuntaskan sisi detail. Permainan list dari besi padat yang dikrom jadi daya tarik khusus. Lihat di sektor fender struts belakang pada Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Chopper ini. Chopper klasik dengan sissybar menjulang jadi andalan Tom kali ini,  ia juga perlu modifikasi lagi agar ciri khas rumah modifikasinya nongol. Nggak cuma dibaut dari bawah sumbu roda ke atas, mereka menambahkan ornamen lagi dengan besi padat mengikuti lengkungan sepatbor ke tengah.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Dunlop H-D 16 inci
Ban belakang : Dunlop H-D 16 inci
Pelek: Hand made 16 inci
Lampu : Option

Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Suzuki GSX-R750

0 komentar



Modifikasi Yamaha Scorpio  Ala Suzuki GSX-R750 merupakan salah satu hasil modifikasi yang spektakuler, ini garapan dari sang modifikator handal yang sudah tidak asing lagi bagi anda, modifikasi ini merupakan perpaduan dari generasi Pabrikan Motor yang berbeda, wujud aslinya berasal dari Pabrikan Yamaha, yang satu lagi dari Pabrikan Motor Suzuki, maka dari itusang modifikator membutuhkan suatu energi yang benar-benar vit.

Jauh-jauh dari Sumatera Utara, Bendry kirim Yamaha Scorpio Z buat dimodifikasi. Pilihannya jatuh pada Dave Motor Concept yang workshopnya baru saja pindah ke Rangkepan Jaya, Depok, Jawa Barat, tentu Bendry punya alasan khusus. “Karena hasil modifikasi Dave Motor Concept punya ciri khusus, dimensi motor jadi slim dan cocok dipakai buat harian,” ujar Bendry yang tinggal di Duri, Riau itu.

Mengandalkan desain bodi Suzuki GSX-R750 2009, seluruh bodi standar Yamaha Scorpio Z ditanggalkan. “Rangka yang tersisa hanya bagian depan yang mengikat mesin. Sub frame juga sudah berubah total,” jelas Wanto, builder Dave Motor Concept, meskipun pakai basic Yamaha, namun Bendry sengaja pilih konsep bodi dari Suzuki. “Tarikan garis pada bodinya menyiratkan besutan sport dinamis dan lampu depan modelnya futuristik,” lanjut Bendry beralasan.

Proses pembentukan bodi membutuhkan waktu sedikit lebih panjang, pasalnya Dave Motor Concept memang spesialis andalkan pelat besi. “Butuh 2 bulan buat mengolah besutan ini sampai bisa dipakai riding,” jujur Wanto yang asli wong Tegal itu, ini lantaran areal bodi meliputi fairing, tangki dan bagian tengah detailnya penuh tekukan. Butuh pengerjaan lebih teliti buat ngemalnya agar lekukan bodi kanan dan kiri sama. Untungnya Wanto sudah terlatih dan piawai soal ilmu tekuk pelat besi.

Model bodi belakang pada Modifikasi Yamaha Scorpio  Ala Suzuki GSX-R750 ini, dibuat mirip GSX-R750, detailnya dibuat meruncing dan agak pipih. Untuk tempat duduk mengandalkan jok single sitter. “Request dari pemiliknya untuk dipakai sendiri. Jadi enggak perlu jok boncenger,” urai Wanto, biar bagian depan fairing mirip GSX, head lamp mengandalkan copotan Suzuki Satria FU baru. “Desain dan modelnya memang mirip GSX-R750 2009,” jelas builder bertubuh ramping ini.

Sedangkan lekukan fairing depan agak dibuat sedikit berbeda dengan punya GSX. Tidak tidak dilengkapi lubang airscoop pada kanan dan kiri samping head lamp. Untuk mengejar fairing depan yang tidak dibuat lebar, jadinya dimensi fairing tidak terlalu gambot., pemilihan kelir pastinya sangat mempengaruhi performa hasil dari Modifikasi Motor Dan Kategorinya, besutan ini. Gaya elegan sengaja dipilih dengan mengandalkan kelir putih. Makin pas setelah berpadu dengan warna silverstone yang dipasang pada bagian bodi tengah.

Untuk kaki-kaki pada Modifikasi Yamaha Scorpio  Ala Suzuki GSX-R750 ini, pilihan tepat jatuh pada kelir gold yang menutupi kedua bagian pelek. Warna gold juga diselaraskan dengan detail upside down depan yang masih mengandalkan produk variasi, "saya enggak mau pakai striping. Khawatir nantinya malah terlalu ramai," tutup Wanto yang asalnya bermarkas di Sawangan, Depok, Jawa Barat itu.

DATA MODIFIKASI
Ban depan  : FDR 90/70-17
Ban belakang : FDR 120/70-17
Knalpot     : Custom G2C
Pelek belakang: Variasi 4,5x17

Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Harley Davidson

0 komentar


Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Harley Davidson merupakan terobosan baru dari dujnia modifikasi, itu dikarenakan dengan kapasitas mesin asli dari Yamaha Sekorpio yang terlalu kecil sedangkan mesin dari Harley Davidson cenderung bermesin besar, jadi untuk penggarapan modifikasi kali ini sang modifikator akan diperlukan suatu enerji tinggi yang banyak menguras tenaga, dengan kelebihan dan kemampuan skil dari sang modifikator akhirnya tercapai juga keinginannya untuk merubah tampilan Yamaha Skorpio menjadi Tunggangan idamannya Harley Davidson.

Desain Skandinavian sudah lama diminati  pecinta choppers Indonesia. Brothers dari Swedia dan sekitarnya memberikan influence kepada para builder kita, seperti Tom Saksono dari Psycho Custom Bekasi menterjemahkannya dengan baik. Namun tantangan Tom lebih berat. Pasalnya, untuk Modifikasi Motor Yamaha, bahan yang digarap bukanlah konstruksi mesin besar seperti H-D, jika H-D, dimensi yang besar jadi keuntungan tersendiri. Wilayah back bone dan downtube sudah terjejali mesin eksotis V-twin.

Makanya Tom mengalami kesulitan tersendiri. Jika keukueh mengadopsi gaya Skandinavian, perlu berpikir keras agar bagian itu tidak terlihat kopong karena jarak antara back bone dan center bone juga down tube harus dibuat seteliti mungkin, ia mulai dari sebuah konsep yaitu Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Harley Davidson, down tube dobelnya dibuat agak renggang di bagian bawah dan mengecil ke atas. Maksudnya jelas untuk mengisi kekosongan bagian bawah sekaligus membuat tampilan motor jadi elegan.

Sebagai penguat, juga untuk mengisi ruang kosong, dibuat palang tambahan di wilayah back bone. Jadinya, bagian ini terlihat lebih padat, ”dari Modifikasi Motor Dan Kategorinya die harder disasar lewat tampilan tangki yang nemplok di atas back bone tadi. Motor jadi menjulang ke atas namun riding position masih enak di sisi handling,” katanya.

Gaya ini mengingatkan pada motor-motor karya Yasuyoshi Chikazawa dari Chica Custom pada motor berjuluk Joker. Atau kontruski camel bike yang  menjulang seperti motor karya Billy Lane dari Choppers Inc, East Coast. “Saya memang suka gaya-gaya Billy Lane. Bukan jadi plagiator tapi sebagai referensi,” jelas Tom lagi.

Sebagai referensi memang sah-sah saja. Apalagi didukung detail hand made yang cukup asyik dinikmati. Coba perhatikan cara mengemas  kontruski fender struts di belakang. Tampak clean di kanan-kiri hinga dibuat membelah sepatbor belakang, ini unik karena selain sebagai penahan sepatbor, besi padat dikrom ini juga sebagai aksentuasi di sepatbor, pada Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Harley Davidson ini jadi tampak mewah dan elegan disamping simpel plus minimalis.

Sebagai penyeimbang, di bagian depan khususnya di tangki, aksentuasi ini juga dilakukan. Pelat-pelat krom dan desain tutup tangki menjadi kekuatan desain motor ini, tentunya enggak sampai disitu saja. Pilihan raiser yang tak terlalu tingi cukup tepat. Pasalnya, back bone yang dibuat mereka sudah menjulang.

Unsur iron horse untuk mencerminkan die harder juga dilakoni. Jok kulit dengan dimensi tepat, single sitter dan tanpa sepatbor depan, jadi identitas Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Harley Davidson, termasuk hardtail juga penganut indentitas choppers ini.

DATA MODIFIKASISok belakang: Are u Kidding?
Sok depan: Steed 850
Lampu: Variasi Moge
Ban depan : Maxxis Classic 21 inci
Ban belakang : Dunlop 180/60-18

Kamis, 24 November 2011

Modifikasi Yamaha V-Ixion Ala R15

0 komentar



Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 merupakan karya terbaru yang sempurna seperti asli dari pabrikan jepang ini, padahal kalau dicermati ternyata itu adalah yamaha v-ixion yang sudah dirubah menjadi yamaha R15 dari india, dengan ketrampilan yang sudah tidak bisa diragukan lagi kemampuannya, maka dengan ketrampilannya itu sang modifikator langsung mendapat suatu penghargaan besar langsung dari ouner Pabrikan Yamaha Jepang.

Yamaha V-Ixion diproduksi secara global. Lihat saja basic rangka dan mesin V-Ixion juga diaplikasi di Modifikasi Motor sport Yamaha yang dilansir di India, yaitu Yamaha R15, enggak cuma itu, Yamaha YZF R125 juga ambil basic dari V-Ixion. Tampilan motor sport full fairing ini mengadopsi rangka dan mesin yang sama persis dengan V-Ixion. “Cuma kapasitas mesin bore down jadi 125cc,” sebut Abdul Rahim Alwahdy selaku builder yang juga owner Aim Motorsport (AM).

Sayang YZR R125 tidak diproduksi untuk pasar Asia. Melainkan diperuntukkan buat market Eropa, khususnya pengendara pemula. Sebagai besutan sebelum naik ke motor dengan kapasitas mesin lebih besar. Berangkat dari basic mesin yang sama, Aim sapaan akrabnya, coba mengolah Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15. Seperti V-ixion milik Billy Casanova, coba diolah Aim tampil sebagai sport full fairing. “Seluruh bodinya aplikasi bodi kit Yamaha YZF R125 yang sudah dibuat replikanya dengan bahan serat fiber,” ujar pria yang buka workshop di Sawangan, Depok ini.

Memang sejak dua tahun lalu Aim sudah riset sendiri untuk mengubah tanpilan V-Ixion miliknya jadi YZF R125. “Saya datangkan seluruh bodi asli sampai lengan ayun dari Eropa. Makanya bodi fiber yang dibentuk ini benar-benar sama persis,” lanjut builder berbadan subur ini, semula untuk pasang satu set bodi replika YZF R125, rangka belakang standar V-Ixion harus kena mutilasi. “Kalau sekarang, sudah banyak belajar, jadi rangka orisinal V-ixion masih tetap dipertahankan standar, enggak diacak-acak pakai api las,” lanjutnya.

Jadi, bodi fiber yang didesain oleh Aim tidak mengorbankan rangka asli. Sebab dia menyiasatinya dengan braket bodi yang juga sudah disesuaikan dengan rangka asli. “Kalau sasis asli diubah, banyak konsumen yang keberatan,” yakinnya, makin sip, lengan ayun yang diaplikasi mengadopsi copotan limbah Yamaha YZF R125, jadi memang tampilan roda belakang pada Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 ini sama persis dengan aslinya, untuk sok depan cukup andalkan milik V-Ixion. Sebab suspensi depan YZF R125 juga pakai sok depan model teleskopik seperti V-Ixion. “Buat setang jepit, copotan dari Ninja RR,” sebut Aim.

Gosip yang beredar seiring dengan banyaknya foto-foto spy shoot Yamaha YZF-R15 version 2.0, adalah menyebutkan adanya perubahan performa yang cukup drastis. Motor sport berfairing ini diyakini memiliki power lebih dari 20 PS. Tapi, setelah peluncurannya di India kemarin siang (6/8), baru terkuak dari spesifikasi resmi yang dirilis Yamaha. YZF-R15 version 2.0 yang menggunakan mesin serupa dengan Yamaha V-Ixion di Indonesia hanya memiliki tenaga 17 PS di putaran mesin 8.500 rpm.

Tenaga ini tak jauh berbeda dengan varian YZF-R15 yang sebelumnya, tapi bila dibandingkan dengan Yamaha V-Ixion di Indonesia tentunya jauh lebih kuat. meskipun power maksimum  hanya 11,1 kW atau sekitar 15 PS di 8.500 rpm. Begitu juga dengan torsinya, YZF-R15 version 2.0 memiliki torsi 15 Nm di 7.500 rpm, sedang Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 hanya 13,1 Nm di putaran mesin yang sama. Perbedaan output tenaga ini diyakini akibat perubahan beberapa komponen seperti ECU baru yang ditanamkan di mesin YZF-R15 version 2.0.

Selebihnya, Yamaha juga melakukan penyempurnaan pada area kopling manual YZF-R15 version 2.0. Axle shaft koplingnya dibuat lebih kaku untuk mendukung kinerja kopling secara keseluruhan. Perubahan ini pasti ada hubungannya dengan makin besarnya kaki-kaki Yamaha YZF-R15 version 2.0. Roda depan dan belakang motor ini makin gambot. Ban belakangnya saja pakai ukuran 130/70-R17 dan yang depan dibekali 90/80-R17. Roda besar pastinya butuh tenaga lebih besar agar tetap ringan saat berlari.

"YZF-R15 version 2.0 adalah versi upgrade dari sepeda motor andalan kami YZF-R15 yang dirancang dengan memperhatikan kenyamanan serta sensasi mengendarai sport bike," ungkap Hiroyuki Suzuki, CEO & Managing Director, India Yamaha Motor, Hemmm.. Rp 19 jutaan adalah harga yang sangat bersahabat untuk penampilan barunya yang sangat sporty, sehingga membuat sang modifikator menjadi terinspirasi sehingga bisa menghasilkan tampilan Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 . Desain fairingnya benar-benar baru. Begitu juga dengan tanki hingga cover bodi samping. Lampu belakangnya lebih keren dengan sorot cahaya LED.

Perubahan desain ini konon mampu berkontribusi pada makin minimnya aerodynamic resistance yang meningkat hingga 4 persen ketimbang varian terdahulu. Selain bodi, mesin dan kaki-kakinya juga banyak di-update. Meski masih menggunakan mesin yang sama dengan varian sebelumnya hasil modifikasi dari sang modifikator ini sudah masuk Modifikasi Motor Terbaru dan Kategorinya dalam contest nanti, atau mesin yang satu platform dengan Yamaha V-Ixion di Indonesia, Yamaha memasang ECU dengan settingan baru. Konon ECU ini bisa meningkatkan performanya. Agar lebih mudah pindah gigi, Yamaha juga melakukan penyempurnaan pada perangkat kopling manualnya.

Lanjut ke perangkat kaki-kaki. Yamaha membekali motor bermesin 150cc-nya ini dengan swing arm alumunium. Ini adalah pertama kalinya di India ada sepeda motor sport 150cc yang menggunakan swing arm berbahan dasar alumunium seperti juga di terapkan pada Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 ini. Selain ringan, stabilitas karena lebih rigid diklaim menjadi keunggulannya. Sedang rodanya pakai ban berukuran 130 mm di belakang dan 90 mm di depan. Keduanya melekat pada pelek berdiameter 17 inci dengan desain palang lima. Sedang untuk perangkat pengeremannya, sudah ada disk brake di kedua roda. Yamaha pun menyediakan tiga pilihan warna, yaitu racing blue, midnight black & sunset red colors. Sayangnya belum ada rencana masuk Indonesia!
 Spesifikasi
Dimensi P x L x T : 1.970mm x 670mm x 1.070mm
Tinggi jok: 800 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.345mm
Jarak terendah ke tanag: 160 mm
Berat : 136 Kg
Mesin : 149.8cc Single Cylinder SOHC 4-valve Liquid Cooled 4-Tak
Bore x Stroke : 57 x 58.7mm
Kompresi Rasio : 10.4 : 1
Max Power : 17 PS/8.500 rpm
Max Torque : 15 Nm/7.500 rpm
Kapasitas tangki : 12 Liter
Fuel Supply : Fuel Injection
Tipe Pengapian: T.C.I
Aki: 12V 3,5 Ah (10H)
Lampu utama: Low= 12V/35Wx1, High= 12V/35Wx2
Tipe Kopling: Basah, multi disk
Tipe transmisi: Return, 6 speed
Gear ratio: 1= 2,833, 2= 1,875, 3= 1,364, 4= 1,143, 5=0,957, 6= 0,84
Rangka : Delta Box
Sudut caster/trail: 26 derajat/98mm
Ukuran Ban : 90/80-R17 dan 130/70-R17
Rem : Cakram tunggal depan-belakang
Suspensi : Telescopic dan Linked type monocross

 DATA MODIFIKASI
Ban depan: Batlax 100/60-17
Ban belakang  : Battlax 120/70-17
Pelek    : Sprint
Segitiga atas: Ninja RR