skip to main | skip to sidebar

Jumat, 16 Desember 2011

Modifikasi New Honda Jazz RS Manual 2010

advertisement

 

Modifikasi New Honda Jazz RS Manual 2010 Judul di atas pantas disematkan untuk New Honda Jazz milik dua personel klub Genji (GE New Jazz Indonesia) ini. Sebab keduanya berhasil keluar sebagai the best untuk beberapa kategori, pada event Jazz Tuning Contest 7 (JTC7) beberapa waktu lalu di Jakarta, New Honda Jazz RS manual tahun 2010 ini keluar sebagai Best JDM, dengan ubahan paling menonjol di sektor mesin. "Saya lebih fokus pada ubahan NA (Naturally Aspirated) karena cocok untuk keperluan harian," ungkap Jimmy sang pemilik New Jazz kelir polish metal ini.

Memaksimalkan performa dapur pacu bawaan asli mobil, andalkan Dastek Unichip Q+ sebagai otak pengatur utama pengapian dan konsumsi bahan bakarnya. Untuk mengoptimalkan asupan udara segar ke ruang bakar, ditambahkan intake pada saluran udara yang terbungkus filter model open air, ubahan pada mesin juga diimbangi dengan memodifikasi bagian manifold, termasuk meng-custom center dan front pipe pada saluran gas buang yang kini dibekali steel bolt-on muffler.

Beralih ke tampilan Modifikasi New Honda Jazz RS Manual 2010 yang diterapkan oleh Jimmy, eksterior dengan tampilan minimalisnya dibalut stiker motif logo matahari terbit, yang menjadi ciri khas negeri Matahari Terbit dimana aliran JDM berasal, sebagai pemanis tampilan ditambahkan spoiler Modulo berikut lips bernuansa karbon, serta engine hood yang bermaterial full karbon sebagai icon besutan anak muda saat ini.

Lain halnya dengan modifikasi yang diterapkan Edwin Alexander pada New Honda Jazz RS matic miliknya. Menggabungkan unsur performance dan tampilan, besutan tahun 2009 ini berhasil keluar sebagai pemenang untuk tiga kategori. Yakni The Best People Choice, Cutting Sticker dan Best Audio SPL, tiga kemenangan sekaligus di setiap kategori tadi ternyata memang sudah dipersiapkan sejak awal. "Seperti membungkus seluruh bodi mobil pakai stiker, memang dimaksudkan agar dapat memenangkan kategori cutting sticker," kata Alex, sapaannya.

Sementara untuk kategori People Choice, Alex rupanya banyak mendapat simpati dari pengunjung yang sempat mengamati Modifikasi New Honda Jazz RS Manual 2010 . Disamping itu, Ia juga berhasil mendapatkan The Best Audio kategori SPL (Sound Pressure Level), lantaran ditunjang hobinya di dunia car audio.Konsep audio SPL yang diterapkannya juga atas pertimbangan untuk turun di JTC7. Dengan boks subwoofer model ported bikinan rumah audio Idola, sanggup melibas para pesaingnya dengan level dB paling tinggi.

Tak sekadar ubahan di beberapa sektor tadi, Alex juga melakukan upgrade performa mesin seperti yang dilakoni Jimmy. Aliran NA diyakininya cukup mendongkrak tenaga dapur pacu standarnya, sekadar buat keperluan harian, bermodal Unichip Q+ yang ditunjang throttle module serta I-Drive dari Dastek, setting-an akhir hasil racikan Firna Pro Technik mampu melecut tenaga hingga 161,2 dk pada putaran mesin 7.500 rpm. 

Modifikasi New Honda Jazz RS Manual 2010 ini merupakan salah satu kontestan dengan detil ubahan terbaik, terutama di bagian eksteriornya. Anthony Pratama, pemilik New Jazz transmisi otomatis ini, menyebut modifikasi yang diterapkannya tak sekadar untuk mempermanis tampang asli mobil. "Temanya murdered out, dan sengaja dibikin tampilan hitam semuanya dengan sentuhan JDM," ungkap Anthony.

Tampil dengan nuansa hitam yang terekspos manis berkat stripping minimalis di sisi bodi kanan-kiri, sempat tak terpikirkan kalau di balik sosoknya itu tersimpan kemampuan yang cukup bengis buat membunuh rivalnya, nuansa hitam manis tersirat lewat padu-padan tampilan eksterior dan interior,  berbalut warna senada yang terkesan harmonis. Bodi luar terutama bagian depan dibalut Noblesse PS Racing, dengan DRL (Day time Running Light) sebagai atribut tambahannya.

Sektor buritan pada Modifikasi New Honda Jazz RS Manual 2010 ini juga dibikin lebih elegan dengan pemakaian custom wing versi USDM. Kesan sporty juga ditunjukkan lewat pemasangan muffler HKS silent bolt- on, dipadu dengan pelek OZ Racing-Sparco Assetto Gara dengan coating hitam solid, ahasil, racikan pada eksteriornya itu mengentalkan kesan cool, layaknya sosok pria berwajah dingin yang sewaktu-waktu dapat berperangai bengis. Itu pun belum dianggap cukup bagi Anthony, yang ingin besutannya ini ditakuti lawan mainnya.

Kebengisan New Jazz ini terbaca dari dapur pacu yang di-upgrade sesuai kebutuhan. Menurut cowok murah senyum ini, aplikasi ubahan bertema NA dianggap cukup buat memancing adrenalinnya, meski mengadopsi ubahan yang tergolong daily use, tanpa disengaja Ia pun melakukan modifikasi yang agak ekstrem pada mesinnya. Awalnya hanya mengganti ECU standar dengan Dastek Unichip Q+ berikut throttle module-nya.Namun lantaran terobsesi untuk bisa membunuh performa mobil rivalnya, tenaga mesin pun dioptimalkan dengan memapas kepala silinder sebanyak 0,8 mm, guna mendapatkan kompresi yang lebih besar dari sebelumnya.

Konsekuensinya buat Modifikasi New Honda Jazz RS Manual 2010 ini adalah, gerakan naik-turun katup di kepala silinder bakal dipaksa lebih cepat. Untuk itu, per katup standar diganti dengan jenis racing, yang diyakini lebih kuat buat meladeni kompresi tinggi. menghindari kebocoran kompresi pada katup silinder, tak lupa ditambahkan seal valve di semua katup, sementara untuk memaksimalkan suplai campuran bahan bakar dan udara, porting-polish pun dilakukan, diimbangi pemakaian replacement air filter untuk memperlancar aliran udara ke ruang bakar.

Aliran gas buang juga disempurnakan lewat pemasangan Kansai downpipe, serta mengganti front pipe yang sudah terdapat resonator dari produk sejenis. Kiat Tips dan Trik yang diterapkan Anthony ini sebenarnya tergolong simpel, namun cukup berdampak pada hasil akhir lantaran tenaga mesin bisa terlecut di atas rata-rata. Sayangnya Anthony belum sempat melakukan tes Dyno untuk memastikan tenaga aktual yang bisa dihasilkan mobil kesayangannya ini.

Tapi siapa pun bakal terduduk manis jika menumpang di kabin Modifikasi New Honda Jazz RS Manual 2010 ini. Pasalnya seluruh interior didesain ulang pakai balutan warna redup, dengan aksen tambahan berupa garis melintang di bagian trim pintu serta seluruh jok. Sehingga mampu menciptakan kenyamanan meski mobil sudah melaju kencang.












0 komentar:

Poskan Komentar