skip to main | skip to sidebar

Jumat, 10 Juni 2011

Modifikasi Motor Reptil

advertisement
Modifikasi Motor Reptil - Sekilas motor ini mirip seekor reptil dengan moncong panjang. Motor ini dilengkapi dengan tangki hingga buritan seakan jadi badan, sementara penyangga roda depan yang panjang itu seperti moncong seekor komodo. Jika dilihat lebih dekat dan seksama, motor ini juga memasangkan per daun yang dipasang terbalik dan sistem kemudi ala mobil.
Modifikasi Motor untuk kaki depannya, pegangan suspensi dibuat dengan sudut 30 derajat. Inilah kuncinya mengapa suspensi motor tersebut seakan lincah dan sigap serta responsif untuk meredam guncangan, apalagi untuk sepeda motor bergaya reptil ala komodo sepanjang ini. Perngerjaan motor ini memakan waktu hingga 14 bulan karena ingin mempertahankan kesan vintage, tetapi juga eksploratif pada karyanya ini. Poin eksploratif itu tentu sudah jelas terlihat bagaimana sistem kemudi motor tersebut.

Disisi lain, mesinnya motor reptil ini adalah hasil custom buatan Accurate Engineering dengan model dasar mesin Panhead dari Harley Davidson. Tenaga mesin disalurkan ke roda melalui transmisi kaki 5-percepatan. Untuk menguatkan kesan vintage lantas membuat nyaris semua potongan tubuh motor ini, diantaranya saluran buang dan hisap, klakson, tangki, sepatbor, setang, perangkat kemudi, saluran bahan bakar, pijakan, jok, suspensi, dan sistem kelistrikan. Sebenarnya masih ada lagi.

Yang unik dari motor ini adalah karena modifikasi motor reptil ini hanya mengandalkan satu rem pada roda belakang. Hal tersebut memang sangat berbahaya karena karena daya henti menjadi tidak maksimal. Walau begitu, motor dengan roda depan berukuran 21 inci dan belakang 19 inci (lebar tapi lebih pendek) ini sudah "dikalungi" berbagai penghargaan, seperti AMD World Championships Freestyle Champion dan Grand National Roadster Show "America’s Most Beautiful Motorcycle".

0 komentar:

Poskan Komentar