skip to main | skip to sidebar

Jumat, 29 Juli 2011

Yamaha Scorpio Z Ala Ninja

advertisement



Yamaha Scorpio Z Ala Ninja merupakan suatu kreasi yang sangat sederhana, namun sang modifikator harus jeli, karena membutuhkan suatu ketelitian saat waktu pemasangan baju atau fairing. Asri Celebes dari Yamaha Riders Club Sulawesi Selatan kepingin tampilan Yamaha Scorpio jadi berfairing. Namun enggak mau meng­andalkan baju buatan modifikator lokal. Tapi, Asri lebih memilih fairing jadi.

Pilihannya baju Kawasaki Ninja 150RR dipakai untuk Scorpio tunggang­an Asri, maka jadilah sebuah motor baru yaitu Yamaha Scorpio Z Ala Ninja, Pemasangannya dipercayakan ke Andra Modified ,jl.Landak, Makassar.

Ada bedanya fairing buatan pabrik dibanding buatan sendiri,  ,”jelas Asri yang aslinya dari Sengkang, Sulawesi Selatan. Sengkang 200 km dari Makassar, kota Sulawesi Selatan.

Alasan masuk akal Asri kenapa lebih memilih jubah Ninja 150RR dibanding bikin dari O dengan fiber. Kelebihan bisa dilihat langsung. tidak seperti Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Desmodicidi di halaman lain, Pakai fairing Ninja 150RR bikin Scorpio jadi lebih kompak.

Baju alias fairing buatan pabrik yang dipakaikan pada Yamaha scorpio Z Ala Ninja adalah lawan dari buatan rumahan atau home industry. Paling jelas tingkat fleksibelitas. Jubah buatan pabrikan lebih lentur, tapi tahan lama.

Paling sederhana pengujiannya waktu fairing dipasang. Baju buatan pabrik lebih aman saat baut fairing dikencangkan ke braket. Sedikit risiko retak di bagian sisi lubang baut fairing. 

Berbeda kalau baju buatan sendiri. Mengandalkan fiber dan sering dengan dempul yang tebal. Bukan cuma jauh lebih berat, tapi juga waktu baut baju dikencangkan ke braket sisi lubang baut retak. Jadinya fairing bergetar saat motor dibawa rolling thunder.  

Kelebihan yang lain pakai baju buatan pabrik ada tuh. “Pemasangannya pun enggak susah,” ungkap Asri yang sekarang jadi enterprenuer di Makassar. Asli buatan pabrik enggak butuh braket banyak waktu dipakai ke Yamaha Scorpio Z Ala Ninja. Cukup 2 braket baru di depan untuk kedok lampu. Pegangan kedok lampu dipasang di bawah segititiga bawah.

Bagian baju kanan-kiri mengandalkan pegangan asli bawaan Ninja 150RR. Posisi pegangan fairing kanan-kiri diagonal, dari bawah tangki paling depan sampai ke belakang.

pegangan  fairing kanan-kiri dibuatkan lubang pada braket kedok lampu sampai subframe di bawah tangki. “Pengerjaannya juga lebih cepat,” kata Asri yang berumur 25 tahun.

Kelebihan baju asli bawaan pabrik akan terasa waktu dipakai jalan jauh. Sengkang ke Makassar berjarak 200 km. Meskipun motor sudah menjelma menjadi Yamaha Scorpio Ala Ninja enggak ada problem besar waktu digas jarak jauh. Gas teruuuusss!

"Motor tetap stabil. Enggak ada terasa efek yang besar waktu nikung tidak seperti Modifikasi Yamaha Scorpio New Fighter di halaman lalu. Malah, kok jadi lebih stabil ya?" heran Asri yang murah senyum karena baju Ninja 150RR bikin tambah cool tunggangannya.

Stabil atau enggaknya Yamaha Scorpio Z Ala Ninja mungkin saja bukan karena pakai fairing Ninja 150RR. Tapi, ada perubahan yang bisa berdampak ke stabilitas dengan mengubah profil ban. Itu karena ban depan-belakang sudah diganti pakai tapak yang lebih lebar dibanding standar.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Bridgestone BT 120/60-17
Ban belakang : Bridgestone BT 160/70-17
Knalpot  : Yoshimura
Pelek depan : Vrossi 3,5x17
Pelek belakang : Vrossi 4,5x17

1 komentar:

  1. berapa duit modif yang kayak begituann.
    ninja 150 RR

Poskan Komentar