skip to main | skip to sidebar

Selasa, 26 Juli 2011

Yamaha Scorpio Ala Ducati

advertisement


Yamaha Scorpio Ala Ducati merupakan hasil karya dari seorang modifikator yang terinspirasi oleh dahsyatnya motor di ajang balapan motor GP, Pasti kaget baca judul di atas. Sejak kapan Yamaha mengeluarkan Scorpio versi 1098R? Itu kan motor gedenya Ducati? Di Pontianak lah lahirnya motor tipe baru ini. Jangan panik karena ini hasil modifikasi.

Adalah Agus Salim dari bengkel Evolution Motor Sport (EMS) Pontianak yang punya kerjaan. "Kebetulan punya limbah Ducati 1098R 2010 dari Amerika, karena barang yang sangat ekslusif makanya dipakai sendiri saja di Scorpio ini," kata Agus yang terkenal sebagai pedege limbah di Kota Khatulistiwa.

Untuk memasang kaki-kaki tidak lah susah. Karena seluruh rangka dibuat ulang sehingga bisa langsung disesuaikan pro arm yang gagah ini. "Kalau masih rangka asli baru sibuk ngepasin buat pegangan arm, seperti Modifikasi Yamaha Scorpio Jap's yang kebanyakan asli " kata pria berpostur tinggi ini.

Tidak tanggung, bentuk rangka sengaja mencari model Ducati di internet. "Khusunya untuk subframe belakang supaya panjang dan dimensi sama dengan aslinya. Sehingga pas dengan panjang arm tunggal ini," lanjutnya. Memang dengan begitu dimensi Yamaha Scorpio Ala Ducati  menjadi sama dengan 1098R sesungguhnya.

Rupanya, untuk bodi memang copy paste dari bodi Ducati asli. Enggak ada yang dikurangi sama sekali. "Sebab kaki Ducati, masak bodinya moge merek lain," kekehnya. Supaya benar-benar berkesan balap, model yang ditiru memang versi balap, bukan jalan raya.

Tentu jadi ada pemakluman. "Konsekuensinya motor Yamaha Scorpio Ala Ducati jadi enggak ada head lamp dan stop lamp," kata pebengkel yang buka rmarkas di Jl. Adisucipto No. A-1, Kubu Raya, Pontianak ini.

Kembali ditegaskan kalau pekerjaan ini menjadi lebih gampang karena rangka sudah baru semua sesuai standar Ducati.
Ada hal lain yang cara pemasangannya mengikuti 1098R sebenarnya, yaitu steering dumper. "Pakai punya Hayabusa 1300. Aplikasi itu kalau menurut asalnya dipasang pada bagian segitiga bawah upside down.

Tapi pada motor Ducati yang asli steering damper itu sebetulnya berada di atas segitiga atas. Berdasarkan pertimbangan untuk benar-benar mengacu pada konsep Ducati 1098 R, kemudian pasang ke atas dengan cara memodifikasi pegangan steering damper pada setang dan rangka bagian atas," ceritanya meyakinkan.

Karena ingin meniru tunggangan Troy Bayliss di arena balap Worl Superbike alias WSB, Agus juga melengkapi Yamaha Scorpio Ala Ducati ini dengan kamera di bagian belakang. Itu merupakan peranti wajib di arena balap kelas dunia seperti WSB.

Tapi, sepertinya Agus enggak beli kamera jadi, sebab ini adalah hasil kreasi sendiri. Mari kita cermati. "Bodi kamera dibuat dari plastik dan itu bikinan sendiri, tidak seperti Modifikasi Yamaha Scorpio 2004 Klasik yang tidak membutuhkan bahan-bahan seperti itu, Sedangkan kaca copotan dari optik DVD," ungkap Agus. Jadi, bisa dan boleh aja dibilang kalau itu adalah kamera jadi-jadian, bukan aslinya.

Selain itu supaya semakin mirip dengan besutan Troy Bayliss, cat yang identik dengan diri serta nama Bayliss juga ikut ditulis pada bagian bodi Yamaha Scorpio Ala Ducati ini. "Semuanya itu airbrush lho, bukan stiker," beber pria yang aktif di komunitas Ninja ini.

DATA MODIFIKASI
 Ban depan : Metzeler Slick 120/60-17
Ban belakang : Metzeler Slick 190/55-17
Pelek depan : Ducati 1098 R 3,5 x 17 inci
Pelek belakang : Ducati 1098 R 6 x 17 inci
Swing Arm : Pro Arm Ducati 1098 R 2010
Karburator : Keihin PWK 38 Sudco ex KTM 400 SX
Footstep : Honda VFR-800
Disk Brake Depan : Ducati 1098 R
Disk Brake Belakang : Ducati 1098 R
Monosok : Ducati 1098 R
Knalpot : Ixil Extreme GP Racing

1 komentar:

  1. sempurna bngt bro,,
    mo nanya,,klo 4 bikin vixion sy jdi yamaha r6 full tpi fairng dari limbah biyaya berapa,,n klo dari fiber berapa,,n makan wktu brapa lama mtor nginap,,
    n total biyaya barapa,,sy dari sambas,,

Poskan Komentar