skip to main | skip to sidebar

Selasa, 26 Juli 2011

Yamaha Scorpio New Fighter

advertisement



Yamaha Scorpio New Fighter merupakan karya dari seorang modifikaor yang beraliran khusus memodifikasi motor agar tampilannya kelihatan sebagai tunggangan petarung sejati, garang dan lebih perkasa. Untuk modifikasi pada kali ini sebenarnya memperbarui karya-karya sang modifikaor yang sebelumnya.

Pada tempo hampir 10 tahun sejak kelahiran modifikasi streetfighter (SF) di Indonesia, muncul lagi aliran baru. "Saya namakan Yamaha Scorpio New Fighter. Cirinya masih memakai bodi kecil namun cenderung mengarah ke bentuk motor konsep sedikit tambahan warna berani. Tidak seperti dulu yang gemar memakai warna gelap sangar," buka Harjito, pemilik sekaligus builder dari Moto Custom (MC), Banjarnegara, Jawa Tengah.

Nampak dari visual, garapan builder yang gaul disapa HJM alias Harjito Metal ini juga cenderung masih aplikasi desain double sitter. Euts, salah! Ternyata hanya aksen bodi yang dobel, rider tetap singel.

Kembali ke konsep yang dimaksud builder pengantin baru ini, Yamaha Scorpio New Fighter adalah desain bodi depan yang padat. Gak cuma bagian tangki, namun sampai ajrutan depan juga. Ini yang menjadi ciri New Techno menurut HJM.

Bentuk sok depan yang macam motor konsep ini mencirikan layaknya motor pembalap masa depan seperti Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Ducati. Desain padat menjadi satu kesatuan, termasuk setang yang sudah dibungkus bukan makan di tempat.

Lha, salah! Maksudnya, sudah tidak terlihat lagi bagian dalam batang kemudi itu. Ringkas dan berkesan clean yang memang ciri motor masa depan tidak seperti Modifikasi Yamaha Scorpio 2004 Klasik yang cenderung batang kemudi kelihatan. Untuk aplikasi ini semua, HJM lumayan cerdik. Sebab hanya tampilan semata, secara fungsi belum mengaplikasi perangkat modern.

Buat lampu depan Yamaha Scorpio New Fighter , HJM ambil dari punya Honda Karisma. Kesan simpel merupakan langkah untuk memberi kesan clean pada bagian depan. Sekaligus menonjolkan cover sok yang besar tadi.

Makanya lampu sinyal belok atau sein sengaja dibuat nempel pada shroud tangki. Selain lebar dan sesuai bentuk dengan tangki, multifungsi juga sebagai tempat dudukan sein. Cerdas!

Bodi juga tetap terkesan simpel dan kecil. "Sebab memang ingin  Yamaha Scorpio New Fighter terlihat seperti anjing bulldog, padat di depan dan ringkas di belakang," argumen pria enerjik ini.

Finishing pada bodi, pilih airscoop simpel dan pipih. Bentuk lancip dan sederhana menonjolkan dimensi mesin standar yang besar. Pastinya lagi bentuk ini benar-benar konsep baru dalam ranah SF

HJM pilih kesan resik pada Yamaha Scorpio New Fighter dengan pilihan peranti kena sentuhan krom. Jarang dilakukan modifikator lain. Blok mesin kanan-kiri dan panel mesin bagian atas resik dengan cairan krom. Gak cuma itu, segelondong mesin juga kena labur merah agar detail yang ada jelas terlihat.

Nuansa kinclong nampak juga pada sentuhan krom yang pastinya bikin kinclong. Sayang HJM kurang memperhitungkan nilai resik secara total. Header knalpot dari leher hingga bagian tengah, kok gak ikutan dikrom. Padahal kalau bagian ini ikut dibuat resik tampilannya, patinya akan punya nilai lebih.

"Sengaja pilih model besar dengan dua bolongan di muffler. Selain model dari Yamaha Scorpio New Fighter modern juga gagah, dimensi motor pas secara estetika," kata Harjito coba menerangkan bentuk knalpot karyanya.

DATA MODIFIKASI
 Ban depan : Swallow 90/80-17
Ban belakang : Swallow 160/60-17
Pelek : Power
Lampu depan : Karisma
Lampu belakang : Revo

0 komentar:

Poskan Komentar