skip to main | skip to sidebar

Selasa, 23 Agustus 2011

Modifikasi Honda Tiger Cafe Racer

advertisement



Modifikasi Honda Tiger Cafe Racer merupakan hasil kreasi seorang mahasiswa yang tentunya melihat tampilan motor yang menarik pasti mahasiswa dari jurusan seni, sebagai mahasiswa jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sigit Widodo punya selera modifikasi khas dengan jati dirinya. Makanya dia kekeh kasih tema rock n’ roll café racer pada motornya.

Rock n’ roll café racer dimaksud seniman lukis ini, memadukan konsep motor café racer dengan gaya rock n’ roll. “Jadi nggak cuma tampang motor yang jadul (zaman dulu) nggak seperti tampilan kemarin Modifikasi Minerva Sachs Monster 250. Tapi dandanan juga harus menyesuaikan. Macam orang Amrik tempo dulu,” buka warga Barak Margoluwih, Sleman-Yogyakarta.

Honda Tiger 2004 pun dirombak menjadi Modifikasi Honda Tiger Cafe Racer motor jadul. Diakui Sigit kalau ubahan dilakukan saat pulang kuliah atau libur dan hanya memakan waktu satu bulan lebih.

“Paling lama rombak tangki, bodi belakang bak buntut tawon juga pembuatan windshield. Tangki bikin ulang dari plat galvanis. Sedang bodi dan windshield dari bahan fiberglass,” imbuhnya.

Sedikit mengalami kesulitan saat pembuatan windshiled pada Modifikasi Honda Tiger Cafe Racer ini. Itu karena pengerolannya menggunakan barang yang panas. Bahkan terpaksa harus melakukan pemotongan berulang agar hasil yang diinginkan jadi lebih halus. Terlebih di soal bentuk, juga harus disesuaikan agar dapat bentuk yang pas dengan tema modifikasi yang diusung.

Begitu juga dengan ubahan lampu depan. Sigit ingin komponen sektor penerangan itu tetap ada tanpa harus menghilangkan kosep aslinya. Maka­nya dibikin biar lampu bisa dibuka dan ditutup secara manual pakai sekrup.

Agar tampilan pada Modifikasi Honda Tiger Cafe Racer ini tampak jadi lebih harmonis, kaki depan-belakang juga digarap berbeda dari biasanya. Contohnya satu set sok depan upside-down milik motor Cagiva Mito yang dipercaya menempel pada komstir asli Tiger. Seperti biasa, diameter dan pajang batang komstir tadi tetap mesti disesuaikan lagi biar masuk ke Tiger.

Adapun untuk urusan kaki belakang, sok ganda merek YSS duduk anteng di lengan ayun custom yang batangnya sudah dibikin ulang dan mengambil tempat dari besi pipa seperti pada tampilan lain Modifikasi Yamaha Byson Ala Ferari. Bahkan pijakan kaki juga digarap dengan gaya unik.

“Paling dirasa penting, pada Modifikasi Honda Tiger Cafe Racer ini dan gayaku masuk dan menyatu,” tegas Sigit dengan gayanya yang khas.
 DATA MODIFIKASI
 Ban depan: Swallow 160/60-17
Ban belakang : Corsa 250/70-17
Bodi : Full fiber custom
Knalpot: Custom

1 komentar:

  1. mantep bro cafe racernya

Poskan Komentar