skip to main | skip to sidebar

Jumat, 19 Agustus 2011

Modifikasi Yamaha Byson Ala Ducati Monster

advertisement



Modifikasi Yamaha Byson Ala Ducati Monster merupakan hasil modifikasi dari sang modifikator handal yang sangat perhitungan untuk menciptakan suatu hasil karya yang sangat bagus, pada umumnya seorang modifikator menciptakan sebuah modifikasi hanya terfokus pada tampilannya saja kurang memperhatikan bagaimana kapasitas mesin yang dimiliki motor yang dibikin sehingga sering kali jika sudah capai finising motor banyak yang kedodoran.

Hal itulah yang coba dihindari Aboben Variasi (AV) dari Denpasar, Bali. "Permintaan untuk membuat modifikasi seperti Ducati Monster harus penuh perhitungan, bahkan melakukan trial dan error sampai benar didapat hasil seperti ini," cerita Rian Tjahyadi, juragan AV.

Menurut Rian, untuk Modifikasi Yamaha Byson Ala Ducati Monster ini dia sempat asal copy bentuk Ducati ini. Tapi, setelah dipasang memang terbukti terlalu besar. "Tidak bisa mengimbangi dimensi mesin dan rangka aslinya," timpal Adhi asisten Rian.

"Akhirnya terpaksa dirombak ulang, karena menggunakan fiber lebih gampang seperti pada tampilan kemarin Modifikasi Honda C90 Z Ala Streetfighter," tambah Adhi lagi. Untuk belakang, rangka asli dipotong sampai 5 cm dan kemudian ditekuk agak ke bawah.

"Kalau tidak dipotong, saat dibungkus bodi fiber custom ini, wilayah buritan akan terlihat terlalu besar dan juga panjang. Karenanya rangka harus dipendekkin lagi," cerita pria berambut lurus ini.

Begitu juga ukuran tangki pada Modifikasi Yamaha Byson Ala Ducati Monster ini. Meskipun sekarang sudah lebih besar dari aslinya tapi masih terlihat proporsional. "Hanya dibuat sedikit lebih tinggi dan lebar. Itu untuk keperluan posisi semacam lubang udara," tambahnya.

Sudah barang tentu dan pasti, lubang pada bagian kiri dan kanan ini hanya pada bagian kondom. Tidak sampai ke bagian bodi utama tangki.

Tentunya juga, rangka tubular di bawah tangki wajib untuk dibuat. Kalau enggak ya bukan Ducati dong namanya. Hal yang perlu diperhatikan untuk ini adalah ukuran pipa.  "Diameter pipa baiknya jangan terlalu besar. Untuk Byson paling ideal pakai pipa ukuran 3,5 inci," beber Rian lebih lanjut.

Selain masalah di ukuran, saat menekuk pipa juga harus rapi. "Begitu juga dengan pengelasan pada Modifikasi Yamaha Byson Ala Ducati Monster ini supaya terlihat seperti buatan pabrik," kekeh Adhi yang bangga dengan kerjanya ini kali.

Untuk urusan ini buatan AV kali ini memang sudah tergolong sangat rapi. Sebagai langganan juara contezt modifkasi, sudah barang tentu Rian tidak mau ada bagian yang terlihat cacat atau malah dianggap kurang rapi.

Langkah terakhir untuk mewujudkan konsep tadi tentunya masuk ke urusan pemilihan warna. "Enaknya memang pilih langkah yang tidak terlalu ribet. Tinggal disiram warna merah dengan striping putih," tegas Rian. Dengan hasil pengerjaan seperti ini, pemilik Ducati pastinya akan merasa tersaingi. 

Sebenarnya rumah modifikasi Aboben Variasi lebih terkenal sebagai salah satu jagoan modif skubek bin matik. Sangat jarang mereka menghasilkan karya bebek atau tipe sport Seperti pada tampilan lain Modifikasi Motor Vario.  Berhubung Byson saat ini sedang booming di Bali, makanya mereka ikut ngemodifnya.

Meskipun yang dimodif tipe sport, tapi tetap saja ada unsur matik yang ikutan nempel. Ayo tebak di bagian mana itu? Betul, jika ada yang nebak lampu depan.

Tapi lampu apa ya? "Sengaja pilih lampu yang enggak pasaran, ini adalah lampu Yamaha Fino," tunjuk Adhi. Bagian yang diambil hanya reflektor. "Bagian belakang dicustom supaya bisa masuk di Byson," ujarnya. Ditambahkan semacam rumah lampu dari fiberglass pada Modifikasi Yamaha Byson Ala Ducati Monster ini."Pokoknya desain lampu dibuat semirip mungkin dengan Ducati Monster 696.”
 DATA MODIFIKASI
Ban depan: Pirelli 120/70-17
Ban belakang: Pirelli140/70-17
Pelek: RGV
Sok depan: Dirt Bike
Cat: Spies Hecker
Swing arm: CBR 400
Knalpot: Yoshimura

0 komentar:

Posting Komentar