skip to main | skip to sidebar

Selasa, 11 Oktober 2011

Modiikasi Yamaha Jupiter MX 135LC Ala HD

advertisement



Modiikasi Yamaha Jupiter MX 135LC Ala HD merupakan suatu renoasi atau perubahan yang sangat riber alias super sulit, bagaimana tidak, bentuk awal berupa jupiterr MX bisa dirubah sedikit mirip dengan tampilan Harley Davidson asal Amerika, perubahan seperti itu tentu membutuhkan suatu ketelatenan dan kejelian yang sangat serius, agar bisa menghasilkan suatu tampilan yang sangat sempurna pula, seperti yang anda lihat tampilannya saat ini.

Pemilik motor ini punya nama cukup unik dan kental bau roda duanya. Panggilannya Wayan, sedangkan nama lengkapnya I Wayan Harley. Tapi Harley satu ini bukan berasal dari Milwaukee, USA, tapi dari Badung, Bali. Saat ingin ngemodif Jupiter MX miliknya ini, Wayan langsung kepikiran ciri-ciri Harley. "Warnanya harus oranye dan hitam," itu katanya, lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha Jupiter-Z Super Ringan. Karena itulah sekarang bebek 135cc ini tampil dengan kelir yang identik dengan namanya itu.

Tapi, jika ingin mengubah tampilannya seperti H-D pastilah susah. "Proses itu akan membuat motor ini akan terlihat xtreme, sedangkan aku tidak ingin seperti itu," lanjut Wayan. Saat ini motor Modiikasi Yamaha Jupiter MX 135LC Ala HD miliknya ini masih tergolong dalam ubahan fashion advance. Ciri-cirinya adalah adanya perubahan pada sebagian bodi tanpa melakukan pemotongan sasis. Selain itu bentuknya masih bisa dikenali sebagai Jupiter MX.

Secara konsep, motor Wayan ini tampilan bodinya meniru motor balap atau GP. "Khususnya untuk buritan, dibuat menjadi single sitter supaya tampilan balapnya tadi lebih kuat," lanjut pelajar SMK Saraswati, Gianyar ini. Pada bagian buntut juga dibuat tulisan H-27. Saat ditanya apa artinya Wayan hanya tertawa. "Itu maksudnya Harley 27, angka favorit saya," ungkap nya malu-malu.

"Memang pasaran sekali yang ganti setang pakai Yamaha X1 seperti ini," buka Made Ambhara, sang modifikator. Begitu juga swing arm yang menggunakan punya Yamaha Spark, sudah sesuatu yang sangat lumrah. "Tapi, saya enggak mau terjebak tampilan biasa seperti itu. Untuk itu, harus ada inovasi atau hal baru yang dilakukan buat tampilan Modiikasi Yamaha Jupiter MX 135LC Ala HDini," kata pria bertubuh subur ini. Dengan spesialis bengkelnya yang menggunakan fiber glass, tentu saja gampang mewujudkan ide liar yang ada di benaknya.

Misalnya untuk lampu utama. Dengan cukup berani dia coba pasang lampu variasi trail ke bodi depan. Tentu ini hal bisa dibilang baru terjadi. "Saya lihat lampu yang banyak dipakai pengguna Kawasaki KLX itu berkesan sangat modern dan juga futuristik, karena itu kepikiran untuk nempelin di MX," cerita pemilik bengkel dari Jl. Gunung Muliawan Timur No. 15X, Denpasar.

Karena seluruh bodi merupakan buatannya sendiri, Made bisa langsung mengatur penempatannya. "Bentuk lampu yang serba runcing seperti itu cocok dengan konsep Modiikasi Yamaha Jupiter MX 135LC Ala HD yang sudah dandan racing style seperti ini," tambahnya. Tidak hanya untuk depan, bengkel yang rajin ikut contezt modifikasi ini juga menemukan desain stop lamp yang baru untuk detail modifikasi. Kali ini dia menggunakan lampu Honda Scoopy.

"Bentuk lampu Scoopy sudah menarik, tapi supaya orang tambah penasaran, posisi lampu sengaja dibalik. Dengan begitu tampilan belakang menjadi tidak biasa lagi, lihat juga tampilan lain Modiikasi Yamaha New Jupiter-Z Sang Juara, " bangga pria yang juga berbisnis di bidang ekspedisi ini.

Modifikasi seperti ini memang tergolong ringan. Karena enggak perlu rombak rangka segala macam. Dengan adanya inovasi di bagian detail, maka hal yang biasa tadi bisa menjadi luar biasa. Seluruh bodi dicustom ulang dengan material fiberglass. Bentuk depan menjadi lebih manis setelah lampu menggunakan punya Nouvo Z. Penggantian bodi part pada Modiikasi Yamaha Jupiter MX 135LC Ala HDini, memang sebaiknya tetap menggunakan produk Yamaha supaya tidak mengurangi nilai saat ikutan contezt.
 DATA MODIFIKASI
Pelek: Power
Ban: FDR
Bodi: Custom
Setang: X-1
Knalpot: AHRS

0 komentar:

Poskan Komentar