skip to main | skip to sidebar

Kamis, 24 November 2011

Modifikasi Yamaha V-Ixion Ala R15

advertisement



Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 merupakan karya terbaru yang sempurna seperti asli dari pabrikan jepang ini, padahal kalau dicermati ternyata itu adalah yamaha v-ixion yang sudah dirubah menjadi yamaha R15 dari india, dengan ketrampilan yang sudah tidak bisa diragukan lagi kemampuannya, maka dengan ketrampilannya itu sang modifikator langsung mendapat suatu penghargaan besar langsung dari ouner Pabrikan Yamaha Jepang.

Yamaha V-Ixion diproduksi secara global. Lihat saja basic rangka dan mesin V-Ixion juga diaplikasi di Modifikasi Motor sport Yamaha yang dilansir di India, yaitu Yamaha R15, enggak cuma itu, Yamaha YZF R125 juga ambil basic dari V-Ixion. Tampilan motor sport full fairing ini mengadopsi rangka dan mesin yang sama persis dengan V-Ixion. “Cuma kapasitas mesin bore down jadi 125cc,” sebut Abdul Rahim Alwahdy selaku builder yang juga owner Aim Motorsport (AM).

Sayang YZR R125 tidak diproduksi untuk pasar Asia. Melainkan diperuntukkan buat market Eropa, khususnya pengendara pemula. Sebagai besutan sebelum naik ke motor dengan kapasitas mesin lebih besar. Berangkat dari basic mesin yang sama, Aim sapaan akrabnya, coba mengolah Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15. Seperti V-ixion milik Billy Casanova, coba diolah Aim tampil sebagai sport full fairing. “Seluruh bodinya aplikasi bodi kit Yamaha YZF R125 yang sudah dibuat replikanya dengan bahan serat fiber,” ujar pria yang buka workshop di Sawangan, Depok ini.

Memang sejak dua tahun lalu Aim sudah riset sendiri untuk mengubah tanpilan V-Ixion miliknya jadi YZF R125. “Saya datangkan seluruh bodi asli sampai lengan ayun dari Eropa. Makanya bodi fiber yang dibentuk ini benar-benar sama persis,” lanjut builder berbadan subur ini, semula untuk pasang satu set bodi replika YZF R125, rangka belakang standar V-Ixion harus kena mutilasi. “Kalau sekarang, sudah banyak belajar, jadi rangka orisinal V-ixion masih tetap dipertahankan standar, enggak diacak-acak pakai api las,” lanjutnya.

Jadi, bodi fiber yang didesain oleh Aim tidak mengorbankan rangka asli. Sebab dia menyiasatinya dengan braket bodi yang juga sudah disesuaikan dengan rangka asli. “Kalau sasis asli diubah, banyak konsumen yang keberatan,” yakinnya, makin sip, lengan ayun yang diaplikasi mengadopsi copotan limbah Yamaha YZF R125, jadi memang tampilan roda belakang pada Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 ini sama persis dengan aslinya, untuk sok depan cukup andalkan milik V-Ixion. Sebab suspensi depan YZF R125 juga pakai sok depan model teleskopik seperti V-Ixion. “Buat setang jepit, copotan dari Ninja RR,” sebut Aim.

Gosip yang beredar seiring dengan banyaknya foto-foto spy shoot Yamaha YZF-R15 version 2.0, adalah menyebutkan adanya perubahan performa yang cukup drastis. Motor sport berfairing ini diyakini memiliki power lebih dari 20 PS. Tapi, setelah peluncurannya di India kemarin siang (6/8), baru terkuak dari spesifikasi resmi yang dirilis Yamaha. YZF-R15 version 2.0 yang menggunakan mesin serupa dengan Yamaha V-Ixion di Indonesia hanya memiliki tenaga 17 PS di putaran mesin 8.500 rpm.

Tenaga ini tak jauh berbeda dengan varian YZF-R15 yang sebelumnya, tapi bila dibandingkan dengan Yamaha V-Ixion di Indonesia tentunya jauh lebih kuat. meskipun power maksimum  hanya 11,1 kW atau sekitar 15 PS di 8.500 rpm. Begitu juga dengan torsinya, YZF-R15 version 2.0 memiliki torsi 15 Nm di 7.500 rpm, sedang Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 hanya 13,1 Nm di putaran mesin yang sama. Perbedaan output tenaga ini diyakini akibat perubahan beberapa komponen seperti ECU baru yang ditanamkan di mesin YZF-R15 version 2.0.

Selebihnya, Yamaha juga melakukan penyempurnaan pada area kopling manual YZF-R15 version 2.0. Axle shaft koplingnya dibuat lebih kaku untuk mendukung kinerja kopling secara keseluruhan. Perubahan ini pasti ada hubungannya dengan makin besarnya kaki-kaki Yamaha YZF-R15 version 2.0. Roda depan dan belakang motor ini makin gambot. Ban belakangnya saja pakai ukuran 130/70-R17 dan yang depan dibekali 90/80-R17. Roda besar pastinya butuh tenaga lebih besar agar tetap ringan saat berlari.

"YZF-R15 version 2.0 adalah versi upgrade dari sepeda motor andalan kami YZF-R15 yang dirancang dengan memperhatikan kenyamanan serta sensasi mengendarai sport bike," ungkap Hiroyuki Suzuki, CEO & Managing Director, India Yamaha Motor, Hemmm.. Rp 19 jutaan adalah harga yang sangat bersahabat untuk penampilan barunya yang sangat sporty, sehingga membuat sang modifikator menjadi terinspirasi sehingga bisa menghasilkan tampilan Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 . Desain fairingnya benar-benar baru. Begitu juga dengan tanki hingga cover bodi samping. Lampu belakangnya lebih keren dengan sorot cahaya LED.

Perubahan desain ini konon mampu berkontribusi pada makin minimnya aerodynamic resistance yang meningkat hingga 4 persen ketimbang varian terdahulu. Selain bodi, mesin dan kaki-kakinya juga banyak di-update. Meski masih menggunakan mesin yang sama dengan varian sebelumnya hasil modifikasi dari sang modifikator ini sudah masuk Modifikasi Motor Terbaru dan Kategorinya dalam contest nanti, atau mesin yang satu platform dengan Yamaha V-Ixion di Indonesia, Yamaha memasang ECU dengan settingan baru. Konon ECU ini bisa meningkatkan performanya. Agar lebih mudah pindah gigi, Yamaha juga melakukan penyempurnaan pada perangkat kopling manualnya.

Lanjut ke perangkat kaki-kaki. Yamaha membekali motor bermesin 150cc-nya ini dengan swing arm alumunium. Ini adalah pertama kalinya di India ada sepeda motor sport 150cc yang menggunakan swing arm berbahan dasar alumunium seperti juga di terapkan pada Modifikasi Yamaha V-Ixion  Ala R15 ini. Selain ringan, stabilitas karena lebih rigid diklaim menjadi keunggulannya. Sedang rodanya pakai ban berukuran 130 mm di belakang dan 90 mm di depan. Keduanya melekat pada pelek berdiameter 17 inci dengan desain palang lima. Sedang untuk perangkat pengeremannya, sudah ada disk brake di kedua roda. Yamaha pun menyediakan tiga pilihan warna, yaitu racing blue, midnight black & sunset red colors. Sayangnya belum ada rencana masuk Indonesia!
 Spesifikasi
Dimensi P x L x T : 1.970mm x 670mm x 1.070mm
Tinggi jok: 800 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.345mm
Jarak terendah ke tanag: 160 mm
Berat : 136 Kg
Mesin : 149.8cc Single Cylinder SOHC 4-valve Liquid Cooled 4-Tak
Bore x Stroke : 57 x 58.7mm
Kompresi Rasio : 10.4 : 1
Max Power : 17 PS/8.500 rpm
Max Torque : 15 Nm/7.500 rpm
Kapasitas tangki : 12 Liter
Fuel Supply : Fuel Injection
Tipe Pengapian: T.C.I
Aki: 12V 3,5 Ah (10H)
Lampu utama: Low= 12V/35Wx1, High= 12V/35Wx2
Tipe Kopling: Basah, multi disk
Tipe transmisi: Return, 6 speed
Gear ratio: 1= 2,833, 2= 1,875, 3= 1,364, 4= 1,143, 5=0,957, 6= 0,84
Rangka : Delta Box
Sudut caster/trail: 26 derajat/98mm
Ukuran Ban : 90/80-R17 dan 130/70-R17
Rem : Cakram tunggal depan-belakang
Suspensi : Telescopic dan Linked type monocross

 DATA MODIFIKASI
Ban depan: Batlax 100/60-17
Ban belakang  : Battlax 120/70-17
Pelek    : Sprint
Segitiga atas: Ninja RR

0 komentar:

Poskan Komentar