skip to main | skip to sidebar

Selasa, 26 Juli 2011

Yamaha Scorpio 2004 Klasik

advertisement



 
Yamaha Scorpio 2004 Klasik merupakan hasil dari modifikator yang ber imajinasi tinggi tentang kegemaran atau kesukaan dengan motor-motor yang bernuansa nostalgia, Konsep modifikasi pada Scorpio ini mengarah ke tampilan klasik. Meski begitu, tetap harus ada jurus yang bisa membuat orang melirik atau kalau bisa melotot begitu lihat garapan Sinto Puji dari bengkel MD Motor (MDM) yang mengerjakan seluruh ubahan Scorpio kelahiran 2004 ini.

Jurus satu warna dipilih Sinto sang modifikator. Hitam gelap, cuy! Sementara ubahan utama ada pada bentuk desain tangki bensin. seperti pada Modifikasi Yamaha Scorpio Z Jap's, "Sebab bentuk tangki menjadi acuan utama dalam ubahan motor kategori sport seperti Scorpio ini," tunjuk Sinto penuh semangat.

Tangki baru mengandalkan bahan pelat dibuat sendiri. Intip desainnya, sepertinya sedikit terinspirasii Honda CB 225 tahun tua. "Karena tangki seperti itu biar Yamaha Scorpio 2004 Klasik benar-benar terlihat tambah klasik, rangka belakang harus ikut dipotong juga," katanya. Lho kok gitu?

"Sebab bentuk motor biar pendek, sedangkan rangka asli kepanjangan, maka ada yang dibuang di bagian belakang sepanjang 10 cm," kata pria 45 tahun ini. Bentuk yang pendek itu, semakin mendekati konsep CB lawas tadi.

Konsep kendaraan perang sempat juga hinggap di otak sang builder. "Artinya motor yang kokoh dengan tampilan sangar," ulas Sinto menceritakan khayalannya. Karena itu  Yamaha Scorpio 2004 Klasik harus dibuat kokoh dan terlihat kekar. Pilihannya adalah membuatkan semacam cover mesin di bagian bawah.

"Bagian itu menggunakan fiber dan bentuknya dibuat sepertipelindung yang kuat," tambahnya lagi. Tapi, sempat timbul pertanyaan apakah si cover Yamaha Scorpio 2004 Klasik ini bisa membuat mesin kepanasan karena menghalangi angin yang harusnya berfungsi mendinginkan mesin.jangan khawatir, bos! "Kalau masalah itu tentu dan pasti sudah dipikirkan. Makanya, pelindung itu kita lubangi sehingga angin tetap bisa menerpa mesin," beber ayah tiga anak ini.

Supaya kuat, engine cover ini diikat ke rangka menggunakan baut 10. "Bentuk Yamaha Scorpio 2004 Klasik didesain semenarik mungkin sehingga juga menyatu seolah menjadi pelindung leher knalpot," katanya panjang x lebar.

Di soal pemasangan variasi, bisa dikatakan sangat minim, seperti Modifikasi Yamaha Scorpio Ala BM, "Sebab kita membayangkan kendaraan perkasa siap perang sehingga enggak perlu heboh dengan aneka variasi yang menghiasi bodi," kata pemilik bengkel di Jl. H. Mencong Gg. H. Jum, No. 38, Ciledug, Tangerang ini.

Terakhir untuk urusan warna pada Yamaha Scorpio 2004 Klasik. Tidak ada pilihan lagi, sudah pasti hitam gelap di semua bagian. "Bukan cuma bodi, bahkan arm sampai mesin dicat hitam juga. Konsepnya satu warna, ya biar galak," tegas modifikator yang juga punya usaha
furniture ini.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 110/70-16
Ban belakang : Swallow 120/80-17
Pelek : TK
Tangki : Custom
Setang : Tiger
Head lamp : Variasi

0 komentar:

Poskan Komentar