skip to main | skip to sidebar

Jumat, 29 Juli 2011

Yamaha Scorpio Jap's Style

advertisement

  

Yamaha Scorpio Jap's Style merupakan motor minimalis yang pembuatannya untuk tunggangan jarak jauh namun tak begitu membosankan, Sang modifikator pun tahu akan karakter pemakainya yaitu seorang Prajurit yang menurut orang jawa sebagai anggota TNI harus " prasojo tur irit ",akhirnya motor pun dirubah dengan biaya seirit mungkin.

Sebagai anggota TNI AD Kodam Diponegoro, Jawa Tengah, menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI) bukan perkara gampang. Apalagi sampai bolak-balik Jogja-Semarang demi mengemban tugas.

Biar suasana hati nggak tegang, Catur Budi Affianto menyibukan diri dengan membuat konsep motor yaitu Yamaha Scorpio Jap's Style agar tampil lebih oke saat dibawa tugas. Maklum, rute Jogja-Semarang lumayan jauh.

“Waktu masih standar kurang menarik, menyenangkan dan memuaskan. Tapi setelah jadi seperti sekarang, hati bawaannya adem dan senang terus,” ucap warga Sleman, Jogja.

Menurut Catur, Scorpio 2010 ini dibawa ke rumah modifikasi STEP Motorcycle Yogyakarta yang digawangi Heri Purnama alias Kebo. Ditawarkan konsep Jap’s Style minimalis murah dan enak dipakai, seperti halnya Modifikasi Yamaha Scorpio Z Jap'S pada halaman lain.

Karena konsepnya minimalis, motor pun tidak dirombak total. Bahkan bisa dibilang 80% masih asli. Hanya saja ada beberapa bagian dicustom ulang.

Adapun 20% yang diubah untuk menjadi Yamaha Scorpio Jap's Style tampak pada tangki, penutup aki kiri-kanan, sepatbor, knalpot dan lampu belakang. Rata-rata diganti pakai plat galvanis di bentuk ulang. Sedang lampu belakang diganti lampu rem Yamaha Byson.

“Yang masih asli itu kaki-kali dan setang. Walau  sasis asli sudah mengalami pemotongan 22 cm di  bagian belakang,” imbuh Kebo.
Untuk lihat kondisi bensin baik itu habis atau kotor, juga sudah dipasang tabung indikator kecil dari botol parfum yang letaknya di samping tangki sebelah kiri. Sip kan!
Biar Yamaha Scorpio Jap's Style lantang seperti jiwanya, dapur pacu sedikit dikorek. Tentu biar enak dipakai jarak jauh. Apalagi trek Jogja-Semarang sangat bervariasi. Ada macet, lengang, menanjak dan menurun.

Mesin kena porting bagian lubang inlet dan exhaust seperti halnya motor-motor klasik lain yaitu Modiikasi Yamaha Scorpio 2004 Klasik dihalaman lain, lalu ganti knalpot aftermarket yang dicustom ulang juga sudah pasang CDI BRT tipe bolt-on alias tinggal colok ke soket aslinya.

“Setelah diporting, ganti knalpot dan pasang CDI aftermarket, ubahan tenaga sangat berpengaruh buat lari motor Yamaha Scorpio Jap's Style ini. Terutama pakai knalpot yang dicustom ulang walau jadi sedikit bising,” jelas Kebo. 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax 100/80-17
Ban belakang : Battlax 130/70-17
Pelek : Champion 17 ichi
Knalpot : Custom

1 komentar:

  1. alamat step modification dimana di jogja............? kirim ke penyortu@gmail.com
    thanksss

Poskan Komentar