skip to main | skip to sidebar

Sabtu, 20 Agustus 2011

Modifikasi Vespa PTS Ala Mbah Surip

advertisement



Modifikasi Vespa PTS Ala Mbah Surip merupakan hasil kreasi komunitas yang ter golong nyeleneh, memang banyak sekali ide yang keluar dari seniman motor ini, Tri Nugroho alias Tombro, tampaknya selalu ingat dengan lagu ‘Tak Gendong Kemana-mana’ yang dipopulerkan almarhum Mbah Surip. Kenapa begitu, itu karena kepala mekanik bengkel matik D-45 Yogyakarta ini merestorasi Vespa PTS 1980 yang juga didukung anhang untuk mengendong sepeda fixie.

Menurut pengakuan Tombro, konon keduanya sama-sama digarap cuma satu bulan. “Utamanya Vespa seperti pada tampilan Modifikasi Vespa V31T 1951 Love Story. Sambil jalan garap sepeda biar waktunya tepat selesai di 7 April,” ujar warga Sanden Bantul Yogyakarta yang mengaku itu hari jadi dirinya ke-28. Selamat ultah, ya!

Garapan Tombro banyak yang bilang memang unik seperti pada tampilan lain Modifikasi Motor Ceper. Karena Modifikasi Vespa PTS Ala Mbah Surip ini dilengkapi sepeda fixie yang diletakkan di atas rangka kedudukan sepeda yang diikat di samping kiri. Sehingga selalu nempel kemanapun dirinya pergi. Sesekali diturunkan saat dipakai nongkrong bareng teman satu komunitas.

“Rangka dudukan sepeda pada Modifikasi Vespa PTS Ala Mbah Surip ini dirancang dan dibuat sendiri. Bahan dudukan sangat kuat karena sudah mengandalkan lempengan pelat besi dengan ketebalan 2 mm. Lalu rangka dibikin sesuai panjang sepeda terutama dudukan ban depan-belakang. Tentu agar kedudukannya kuat dan juga tahan getar,” lanjutnya.

Lantas sebagai penguat pada Modifikasi Vespa PTS Ala Mbah Surip ini, rangka kedudukan sepeda itu diikat pakai sekrup yang posisinya berbeda antara roda depan dan belakang. Untuk bagian depan diikat sekrup ke bagian bordes tengah. Lalu bagian belakang diikat pada bodi monokok belakang bagian bawah.

“Biar lebih kuat, pada as roda sepeda juga diikat dengan tali. Jadi walau digoyang sekuat apapun sepeda tidak akan jatuh. Makanya Modifikasi Vespa PTS Ala Mbah Surip ini punya kerjaan menggendong sepeda ke mana-mana,” tutup Tombro sambil tersenyum.
Wah, benar-benar kayak lagunya almarhum Mbah Surip!

DATA MODIFIKASI
Ban: IRC 300-10
Karburator: V80
Bemper Belakang: Variasi
Sespan sepeda: Handmade
Tutup pentil: Variasi

0 komentar:

Poskan Komentar