skip to main | skip to sidebar

Senin, 05 September 2011

Modifikasi Honda S90 Cafe Racer

advertisement


Modifikasi Honda S90 Cafe Racer adalah hasil garapan dari seorang modifikator yang secara tidak langsung berada di bawah bayang-bayang motor klasik, “motor ini lebih keren dan kinclong  dibanding ketika pertama keluar. Karena sempat punya pada zaman dulunya,” kata seorang Kakek yang menyapa saya kala mengabadikan Honda S90 milik Timothy Aditya ini.

Itu karena sport Honda yang memiliki mesin tidur ini sudah mengalami restorasi! Terlebih soal konsep. Bermain kinclong dengan sentuhan krom lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda GL 100 Chopper. Makanya, pacuan milik siswa kelas 1 SMU Pangudi Luhur, Jakarta ini tampil memikat sang kakek yang tidak ada hubungan darah.

Tema café racer coba diterapkan! Tapi, ubahan yang dilakukan tidak ekstrem. Bahkan dimensi genre pada Modifikasi Honda S90 Cafe Racer ini sendiri jauh dari pakem. Yaitu, tangki dan mesin harus berkapasitas besar.

"Dimensi yang kecil bikin semakin unik. Fokus modifikasi hanya terletak disatu sisi. Tinggal memainkan detail yang jadi kunci satu ubahan. Karena didukung rangka beda dari yang lain,” bilang Yusuf Abdul Jamil alias Ucup bersama Rio Hermawan Baskoro. Keduanya, modifikator yang mengerjakan motor ini di teras rumah mereka. Makanya, workshopnya dikasih nama Pistone Terasse.

Ubahan paling kental tentu di undertail. Karena memang khas Modifikasi Honda S90 Cafe Racer terdapat pada bagian ini. Bentuknya juga disesuaikan besarnya tangki dan berbahan dasar pelat galvanis. Jadi, tidak memaksakan harus besar.

Buntut tawon, aplikasi jok single. Di sektor ini detail tetap dipertahankan. “Ada space buat sandaran pengendara. Selain itu kalau tidak ada sandaran, buntut tawon terlihat terlalu mendominasi lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda Four 650 Sport Klasik,” tambah Ucup yang juga pengusaha distro tematis motor, Pistone Motorcyclothes Jl. Bangka Raya 8, Graha Obor Jakarta Selatan.

Tidak cukup di situ. Recovery part orisinsl juga dilakukan. Misalnya, spidometer dan tangki lengkap beserta karet juga logo Honda. Tujuannya, menguatkan kesan klasik pada Modifikasi Honda S90 Cafe Racer ini. Begitu juga sokbreker depan yang masih mempertahankan aslinya. “Sok belakang pakai dari Honda Astrea Grand. Tapi, penutup sok masih asli,” sambung Rio yang berbadan besar.

Pilihan kelir warna cat Silverstone pada Modifikasi Honda S90 Cafe Racer ini jadi andalan untuk lebih menjiwai motor ini. Sebabe, jarang motor umum mengadopsi kelir yang namanya seperti salah satu sirkuit di Inggris sana. Sementara logo pada tangki, sengaja dibuat warna merah layaknya Honda Mugen. Itu lho, rumah modifikasi mobil Honda. 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Inoue 70/80-17
Ban belakang : Inoue 80/80-17
Lampu belakang : BSA
Setang : Ninja 150R

0 komentar:

Poskan Komentar