skip to main | skip to sidebar

Rabu, 12 Oktober 2011

Modifikasi Honda GL100 Ala H-D

advertisement



Modifikasi Honda GL100 Ala H-D merupakan hasil terbaru dari seorang modifikator yang benar-benar memukau, betapa tidak, setelah kita cermati hasil karyanya benar-benar sempurna, hampir tidak ada satupun celannya, usut-punya usut ternyata sang modifikator adalah pemain lama yang sudah banyak makan asam garam pengalaman untuk merubah tampilan motor, namun kali ini benar-benar beda, spektakuler banget tampilannya.

Bengkel Herry Motor selama ini terkenal sebagai tempat ngemodif skubek. Sudah banyak hasil karyanya sakses jadi juara di berbagai contezt. Ini kali rupanya bengkel yang digawangi Bambang Winarto ini ingin juga memodifikasi varian selain skubek lihat juga tampilan lain Modifikasi Hoda GL100 Ala Robert Craig. Pilihannya jatuh pada GL100 dan acuannya mengarah pada Harley-Davidson (H-D). "Saya ingin tampilan yang x-treme. Awalnya banyak ide tapi akhirnya memilih tampilan layaknya sebuah H-D Sportster," kata Bambang menceritakan latar belakang pengerjaan ini. Hal itu juga karena dirinya merasa punya banyak referensi sehingga lebih gampang untuk mencoba memulai sesuatu yang baru ini.

Sudah pasti sebuah GL harus dirombak total jika ingin seperti ini. "Hanya menyisakan rangka bagian depan untuk tempat dudukan tangki dan pegangan mesin," kata pria 54 tahun ini. Bagian belakang sudah pasti dipapas habis. "Rangka belakang pada Modifikasi Honda GL100 Ala H-D ini hanya menyisakan sedikit buat dudukan jok," tambahnya. Jok cukup unik karena dibuat dari pelat besi yang kemudian dikrom. Sungguh menarik dan enggak pasaran.

Permainan krom atau lapis verneckel seperti ini memang terlihat di beberapa bagian motor. "Sebab ingin membuat kesan motor ini lebih mewah dan modern. Salah satu jurusnya ya pakai krom tadi," lanjut pria bertubuh kecil ini. Coba lihat lengan ayun. Swing arm custom ini juga terlihat mewah. Selain karena mengilap juga karena desainnya. "Ditiru dari gaya H-D di Eropa, bentuknya banyak yang dicustom seperti ini dan terbukti membuatnya tidaklah terlalu sulit," kata pemilik bengkel di Jl. Ciputat Raya No. 15, Jakarta Selatan ini.

Bambang membuatnya menggunakan pipa dengan ketebalan pelat 1mm. "Sedang diameter pipanya hampir 2 inci," ungkapnya lagi. Ciri paling khas dari desain Modifikasi Honda GL100 Ala H-D ini ada pada bentuk melengkung. Bisa dikatakan semua hal yang berhubungan dengan roda dan suspensi kinclong. "Karena itu untuk bodi dibuat kontradiksi. Diberi sentuhan warna hitam dan merah lagi supaya jelas terlihat," lanjutnya lagi.

Kalau lihat garapannya sekarang, Ilham mengaku bukan tidak mampu berkesperimen. Tapi karena kemauan Imam yang tetap ingin mempertahankan orisinalitas rangka juga fungsi motor. Dan terbukti, frame asli tetap menunjukkan keindahaanya. “Bahkan cukup praktis bila suatu saat akan dikembalikan ke standar,” buka Ilham dari Perumahan Depok Maharaja, Blok J/2A.

Eits, tunggu dulu. Bukan berarti pakai rangka standar menyebabkan modifikasi jadi tidak sempurna. Lantaran ingin mempertahan frame itu, Ilham pun cari akal agar garapannya terlihat sempurna. Lihat, pengerjaan utama ada di sektor bodi pada Modifikasi Honda GL100 Ala H-D ini. Mulai dari bentuk tangki hingga buntut café racer yang membulat digarap serapi mungkin. Disebut rapi pasti ada alasannya. Hal itu karena rangka orisinal jadi poin penting buat dudukan pegangan pembuatan jok dan juga tangki.

“Jadi, cukup simpel, enggak butuh pusing bikin dudukan baru lagi. Karena pegangan tangki jadi basic ubahan hingga ke bagian buritan,” candanya. Diakui Ilham juga kalau pengerjaan tangki diambil dari bahan dasar motor Honda CB200. Tentu setelah dipermak terlebih dahulu hingga menjadi lebih kecil dimensinya. Lalu tangki tadi disatukan dengan jok single ala café racer. Kemudian ditahan buntut tawon membulat dari bahan pelat galvanis 1 mm.

Melalui semua ubahan tadi, baru kemudian diberi kelir warna biru muda. Dikatakan Ilham sengaja dikolaborasi striping putih plus tulisan sambung khas motor retro era 1970-an. Bagian kaki-kaki juga mendapat perlakuan seperti itu. Untuk menambah kesan modern pada Modifikasi Honda GL100 Ala H-D ini pelek palang motor Suzuki Thunder 125 pun dicomot menggantikan pelek jari-jari aslinya. Selain sedikit memberikan kesan modern, juga dapat dilabur kelir putih sesuai dengan striping yang ada di tangki.

"Lalu kedua pelek tadi ditopang perdam kejut depan asli yang sedikit dicustom. Sedangkan untuk peredam kejut belakang menggunakan punya Yamaha RX-King," beber Ilham lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda GL100 Chopper. Sebagai pemanis, lapisan kilau krom juga cukup mendominasi bagian bawah. Mulai dari blok  mesin, tabung sokbreker hingga arm standar.

“Jadi, walaupun modifikasi yang dilakoni tergolong masih sangat simpel, namun kekentalan nuansa café racer tetap terpancar dari motor ini,” bangga Ilham sambil menebar senyuman puas. Memang bodi buatannya ini memang tidak terlalu banyak. Hanya tangki dan sedikit pada bagian cover engine untuk Modifikasi Honda GL100 Ala H-D ini. "Tangki dibuat, bahn bukan pakai limbah motor tua," bangganya. Sedangkan di bagian bawah, mesin sedikit tertutup dengan cover minimalis. "Semuanya kita buat menggunakan pelat galvanis," mantapnya.

 DATA MODIFIKASI
Ban depan : Nylogrip 100/80-17
Ban belakang : Battlax 120/70-17
Pelek: Champ
Sok belakang: Jupiter MX
Sok depan: Custom
Footstep: Custom

0 komentar:

Poskan Komentar