skip to main | skip to sidebar

Jumat, 14 Oktober 2011

Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In

advertisement


Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In merupakan pengembangan terbaru dari generasi Honda Supra X125 yang sudah ramai dipakai oleh masyarakat, begitu banyaknya yang sudah keluar akhirnya untuk memanjakan masyarakat maka dari pabrikan Honda di Jepang mengeluarkan lagi versi terbaru dari Honda Supra X125 terdahulu, seiring kemajuan jaman dan kecanggihan tehnologi maka anda bisa lihat betapa cantiknya penampilan generasi terbaru dari motor ini.

Hari ini (14/9), PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan varian bebek terbaru Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In. Berangkat dari platform yang sama dengan Honda Supra X 125 versi sebelumnya, varian baru ini punya banyak keunggulan. Yang pasti adalah, desainnya benar-benar baru. Selain itu, keunggulan lainnya adalah kapasitas bagasi yang jauh lebih luas dari bebek pada umumnya. Memiliki volume 19,5 liter, bagasi bebek baru Honda ini mampu memuat helm full face!

"Fitur helm in pada bebek adalah yang pertama di dunia. Bahkan bagasinya lebih besar dari skubek Spacy helm in," buka Yusuke Hori, President Director PT AHM. Kapasitas tanki bahan bakarnya juga ekstra besar, lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda GL100 Ala HD. Mencapai 5,6 liter! Dipastikan bakal jarang mampir ke POM bensin nih! Oiya, fitur andalan lainnya, dari motor ini sudah mengusung teknologi Automatic Headlamp On (AHO). Asiknya, varian baru ini tidak menggantikan Honda Supra X 125 yang lama. Tapi harganya tetap dijual sama seperti varian sebelumnya yaitu Rp 15,6 juta (on the road Jakarta) 
 
Kpasitas tanki bahan bakar pada Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In ini ekstra besar, mencapai 5,6 liter. Bandingkan dengan bebek kebanyakan yang hanya 4 liter saja. Tentunya hal ini berpengaruh pada daya jelajahnya. PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim konsumsi bahan bakar Honda mampu mencapai 51,28 kilometer. Dengan kapasitas tanki yang mencapai 5,6 liter, artinya bebek baru Honda ini mampu menempuh jarak 287,168 kilometer hanya dengan sekali isi full tanki.

Kalau rata-rata sehari menempuh jarak 24,5 kilometer, maka bisa dihabiskan dalam waktu 11 hari. Wah, bisa lupa kapan terakhir isi bensin nih! Selain tankinya yang lebih besar, volume bagasi New Supra X 125 Helm In juga sangat besar. Volumennya mencapai 19,5 liter sehingga mampu menyimpan helm full face di bawah joknya. Asiknya, varian baru ini tidak menggantikan Honda Supra X 125 yang lama. Tapi harganya tetap dijual sama seperti varian sebelumnya yaitu Rp 15,6 juta (on the road Jakarta)

Demam sepeda motor berbagasi besar sebenarnya jauh lebih dahulu. Tapi bagasi besar yang muat helm full face pada bebek bisa dipastikan baru ada di Indonesia. Hampir semua skubek di Jepang sudah punya bagasi besar yang mampu menyimpan helm di dalamnya. Di Indonesia, skubek Honda berbagasi besar dimulai dengan Spacy Helm In. Tapi pada bebek, diawali oleh Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In. "Fitur helm in pada bebek adalah yang pertama di dunia. Bahkan bagasinya lebih besar dari skubek Spacy helm in," buka Yusuke Hori, President Director PT Astra Honda Motor (AHM).

Volume-nya mencapai 19,5 liter sehingga mampu menyimpan helm full face di bawah joknya. Sedang bagasi Spacy Helm In hanya 18 liter saja. Ternyata langkah ini diambil bukan tanpa alasan. Hasil riset PT AHM, kebiasaan pengguna bebek membawa barang bawaan sangat tinggi. Bahkan lebih tinggi dari pemakai skubek.
"Hasil study kami, 33 persen pengguna sepeda motor jenis bebek suka bawa barang," terang Johanes Loman, Executive Vice President Director PT AHM.

Sedang pengguna skubek hanya 29 persen yang gemar bawa barang. Pemakai sepeda motor tipe sport lebih sedikit lagi, yaitu cuma 17 persen saja. Persentase ini cukup dijadikan alasan bagi PT AHM untuk menciptakan model bebek baru dengan fitur bagasi yang lebih luas, yaitu Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In ini. Selain itu, beberapa pembaruan seperti desain yang lebih elegan, kapasitas tanki bahan bakar yang lebih besar hingga 5,6 liter, aplikasi automatic headlamp on dan kunci jok yang menyatu dengan kunci kontak menjadi nilai lebih. Apalagi harga jualnya tetap sama dengan varian Supra X 125 versi terdahulu yang dilepas Rp 15,6 jutaan.

Disela peluncuran Honda Supra X 125 Helm In, terbesit info bahwa hingga akhir tahun 2011 ini masih akan ada dua model baru lagi yang bakal diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Sayangnya belum ada kepastian model apa yang akan muncul. "Kami pasti akan mengundang ketika ada model baru yang akan diluncurkan," ungkap Yusuke Hori, President Director PT AHM tanpa merinci model apa yang akan  digelontorkan. Tapi ketika ditanya tentang pengembangan Supra X 125 injeksi, Hori San mengaku pihaknya sedang melakukan pengembangan. "Kita sudah minta untuk dipercepat pengembangannya," ungkapnya.

"Yang pasti teknologinya akan menjadi lebih baik dari versi sebelumnya," tambah Johanes Loman, Executive Vice President Director PT AHM. Apakah teknologinya akan sama seperti injeksi di PCX? "Sepertinya lebih dari itu," tambah Johanes Loman. Wah, jangan-jangan akan ada Supra X 125 injeksi baru nih! Kita tunggu saja! Selain merancang rangka khusus, kuncian menciptakan ruang luas pada utility box Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In adalah dengan menyiasati tata letak komponen. Artinya, ada beberapa part yang dipindah agar ruang di bawah jok lebih lega.

Yang pasti, Honda sudah menyiapkan rangka baru dengan bentuk rangka belakang lebih lebar. Tujuannya tentu agar helm full face yang ukurannya lebar bisa masuk ke dalamnya. Sedang aki yang biasanya berada di bawah jok atau menyatu dengan utility box seperti pada Supra X 125 harus dipindahkan. "Aki dipindahkan ke samping karburator," buka Endro Sutarno dari Technical Service Training Development, PT Astra Honda Motor (AHM). "Kami sudah melakukan penelitian, posisi ini tetap aman meski dekat dengan karburator. Juga aman dari cipratan air dari roda depan," jelas Katsuya Abe, Assistant Chief Engineer, Honda R&D Southeast Asia, Indonesia.

Posisi baru aki ini menempati posisi air filter pada Supra X 125 sebelumnya. Jadi jangan heran kalau posisi air filter juga ikut berubah. Penyaring udara pada Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In ini kini terletak di balik cover bodi depan atau tepatnya di balik lampu senja dan lampu sein. Dari atas, ada belalai yang turun ke moncong karburator. Langkah ini sebenarnya sama seperti yang dilakukan Honda pada skubek Spacy Helm In. Bagasi luas diperoleh dengan memindahkan aki ke balik cover bodi bagian depan. Dan menggeser posisi air filter yang ada di bawah jok ke atas cover CVT.

Semua pengembangan Honda Supra X 125 Helm In ini ternyata dikembangkan di Jepang, mulai dari desain hingga semua spesifikasi tekniknya. Tapi tetap dibuat berdasarkan data dan fakta tentang selera dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Honda Supra X 125 Helm In sudah diluncurkan hari Rabu lalu (14/9). Dan Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang menelurkan varian ini setelah sebelumnya dikembangkan oleh para insinyur Honda di Jepang.

Tentunya pengembangan model baru pada Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In ini, mendapatkan masukan sepenuhnya dari pusat R&D Honda di Indonesia. Salah satunya adalah menemukan insight konsumen tanah air yang ternyata cukup tertarik dengan kemudahan membawa barang tanpa mengesampingkan desain yang menarik. Data yang dikumpulkan oleh Honda, menyebutkan bahwa 33 persen pengguna sepeda motor bebek di Indonesia memiliki kecenderungan untuk membawa barang bawaan saat berkendara.

"Hasil study kami, 33 persen pengguna sepeda motor jenis bebek suka bawa barang," terang Johanes Loman, Executive Vice President Director PT AHM. Jadi jangan heran bila beberapa penyesuaian untuk menciptakan ruang yang lega di bawah jok dilakukan. Antara lain dengan memindahkan posisi aki dan air filter ke bagian depan.

Untuk desain awal pada Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In ini, silahkan lihat gambar-gambar yang sempat di tunjukan Honda pada proses launching beberapa hari yang lalu. Garis-garis bodi yang dominan dengan lengkung dinamis membuktikan kalau varian ini memang segaja didesain sebagai bebek elegan. Tapi desain lampu senja dan belakang yang membentuk iluminasi huruf X membuat penampilannya tetap tampil modern. Keren kan!

Banyak prediksi yang mengatakan bahwa hadirnya Honda Supra X 125 Helm In bakal menggeser angka penjualan Honda Supra X 125 versi standar. Alasannya harga jualnya sama-sama dilepas Rp 15, 6 juta tapi punya fitur utilitas lebih baik. Honda Supra X 125 Helm In dibekali dengan boks bagasi atau utility box dengan volume 19,6 liter atau bisa muat helm full face, lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda CBR 1000RR Terbaru 2012. Selain itu tanki bahan bakarnya juga dibuat lebih besar hingga 5,6 liter agar pengendara tidak perlu sering bolak-balik ke POM bensin.

Tapi pihak PT Astra Honda Motor (AHM) yakin, model barunya ini tidak akan saling makan dengan varian lainnya. Justru akan melengkapi dan memperbesar pasar bebek di Indonesia. "Kami berharap bisa terjual 8 ribu sampai 12 ribu unit perbulan," buka Auddie A. Wiranata, Marketing Director PT AHM. Hingga saat ini Honda Supra X 125 terjual kurang lebih 55 ribu unit tiap bulannya. Dengan penambahan varian baru pada Modifikasi Honda New Supra X 125 Helm In ini, diprediksi bisa meningkat hingga 63 ribu unit per bulannya. "Harapannya kita bisa makin menguasai segmen bebek di Indonesia," ungkap  Auddie A. Wiranata.

0 komentar:

Poskan Komentar