skip to main | skip to sidebar

Jumat, 04 November 2011

Modifikasi Honda CBR 250R Ala Captain USA

advertisement



Modifikasi Honda CBR 250R Ala Captain USA ini merupakan salah satu kreasi terbaru dari anak negeri yang secara tidak langsung ikut pula memajukan bangsa ini, meskipun tidak secara langsung ikut perang melawan penjajah, namun dengan adanya kepandaiannya, semua keinginannya akan tercapai, termasuk salah satunya mengikut sertakan hasil modifikasi rancangannyanya dalam comtes, karena memang hasil kreasinya sudah banyak, maka boleh dibilang sang modifikator dengan sebutan pahlawan otomotif.

Mungkin banyak yang meremehkan motor ini karena perubahan yang paling menonjol hanya pada airbrush di seluruh bodi. Tapi, tunggu dulu, ada alasan yang kuat untuk bisa memposisikan Honda CBR 250R ini dibilang oke punya. Hal yang pertama karena pilihan motif airbrushnya lihat juga tampilan lain Modifikasi Suzuki GW 250 Untuk Indonesia 2012 . Si pemilik motor, Denny Prayudi awalnya hanya fokus untuk melakukan pengecatan dengan kelir merah dan putih. Tapi, setelah bertemu Tomy Gunawan, Denny seperti mendapat semacam pencerahan.

Tomy yang sudah kondang sebagai jagoan airbrush dengan bendera Tomi Airbrush (TA) itu punya ide cemerlang. "Karena tengah booming film Captain America, saya sarankan pakai tema Modifikasi Honda CBR 250R Ala Captain USA itu saja. Apalagi masih dominan kelir merah dan putih seperti keinginan si Denny di awal," tegas Tomy, sebenarnya jika mengikuti virus atau tren yang berkembang sekarang, aliran realis seperti ini sudah kurang peminat. Ini diakui sendiri oleh Tomy. Tapi, ini kali dengan pede, seniman cat ini berhasil membuat hal itu tidak berlaku di CBR ini.

"Tantangannya banyak dengan motif seperti ini. Apalagi tokoh super hero tengah banyak penggemarnya, maka bentuknya harus sama seperti yang di film," kata pria yang buka bengkel di belakang kampus Esa Unggul, Jakarta Barat ini. Muka yang nempel dan tengah action pada fairing CBR ini mirip sekali dengan Chris Evans, pemain yang berperan sebagai Captain America. Begitu juga tameng yang dijadikan salah satu senjata andalan. Terlihat begitu hidup dan rapi.

"Untuk tema realis super hero seperti ini, harus pandai memainkan ketebalan cat dan teknik gradasi. Hal itu supaya menimbulkan kesan hidup atau jika mungkin seolah tiga dimensi," tambah pria yang juga banyak order modifikasi mobil. Tapi, ada yang sedikit unik. Entah dari mana Tomy kepikiran untuk memasang pose gadis cantik di jok single sitter pada Modifikasi Honda CBR 250R Ala Captain USA ini. Selain cantik juga seksi, tokoh yang tidak ada dalam film ini sama sekali. Ini semacam menjadi standar buat cewek yang pengin dibonceng motor keren ini. Kalau memang tidak secantik dari foto itu, mending nggak usah naik jadi pembomceng," canda Tomy. 

Supaya menghasilkan gambar dan warna seperti ini, dipakai cat merek SpiesHecker. Tomy kasih pendapat mengenai pemilihannya ini. "Merek ini sudah sangat baik hasilnya, selain itu juga lebih gampang didapat. Hasilnya setara jika menggunakan Sikkens," mantap pria asli Pontianak ini. Jika diperhatikan saluran buang alias knalpot yang nempel, maka akan ada pertanyaan. Sebab knalpot merek Leo Vince yang dipilih itu biasanya nempel di Kawasaki Ninja 250R, saingan CBR di jalanan saat ini.

Hal itu juga diakui oleh Denny. "Saya memang memakai knalpot Leo Vince yang sebenarnya itu untuk Ninja 250R," kata pria yang sering nongol di televisi membahas masalah seputar saham dan pasar modal ini. Deny memilih knalpot ini semata karena faktor suara pada Modifikasi Honda CBR 250R Ala Captain USA ini. Sebelumnya, dia sudah pernah mencoba beberapa merek tapi tidak ada yang sreg. Tapi, karena jalurnya beda maka untuk leher tidak bisa menggunakan punya Ninja. "Khusus untuk leher knalpot pakai yang buat CBR keluaran R9," sebut pria berkacamata ini.

Konsep low rider yang diinginkan Denny Prayudi pada Honda CBR 250R miliknya cukup detail. Selain memundurkan lengan ayun hingga jarak 25 cm, undur-undur pun musti ditopang peredam kejut tambahan. Tepatnya di antara rangka bawah dan bagian depan mesin. Kata Tomy yang sudah kondang sebagai jagoan airbrush dengan bendera Tomi Airbrush (TA), penambahan sok di sebelah kanan punya maksud dan tujuan agar gerak arm yang sudah dibikin mulur itu tidak melayang saat berayun. Sehingga bekerja sama seperti sok di sebelah kiri yang dipasang pada rumah CVT.

“Cuma bedanya, sok tambahan di sebelah kanan dan dipasang di undur-undur, tugasnya meredam dan menahan mana kala mesin dan rumah CVT bergerak. Makanya ndak terasa ngampang,” tutur sang modifikator ini. Namun ini kali tema yang diusung jauh berbeda yaitu Modifikasi Honda CBR 250R Ala Captain USA. Jika umumnya tunggangan khas wong Amrik keturunan Amerika Latin cenderung klasik atau pop art, Denny Prayudi justru memilih konsep modern dengan memunculkan identitas sosok Captain Amerika.

Lihat saja kelir bendera Negara Paman Obama yang dominan menghias di sekujur bodi. Bahkan sosok kokoh pahlawan Amerika ditunjukan dengan menerap body kit di beberapa bagian komponen. Di antaranya tebeng depan dan bawah bordes. Bukan hanya itu, unutuk tampil dikelas contes tempat duduk boncenger pun tidak luput dari pemasangan cover bodi yang bentuknya menyerupai sirip ikan hiu. Di bagian ini terhubung dengan jok depan yang tetap mempertahankan kulit dan tatakan asli. Uniknya lagi knalpot Remos juga dilapis cover berbahan pelat yang mirip dengan jok belakang. “Sepatbor depan belakang pun didesain sama,” imbuh Denny Prayudi yang mempercayakan urusan ini pada Tomy yang sudah kondang sebagai jagoan airbrush dengan bendera Tomi Airbrush (TA)

Makin terlihat kokoh,  ini adopsi sokbreker depan variasi merek Pigo. Peredam kejut ini terikat di segitiga custom agar roda depan Deli Tire 120/70-14 bisa dipasang mudah.
Sedang pemasangan roda belakang Deli Tire 140/60-14. Kata Sang Modifikator masih terbilang mudah diterapkan pada teromol custom lantaran jarak bebas tampak ban belakang ke rumah CVT masih jauh. Yang lebih penting lagi, posisi kelurusan roda belakang dengan bodi Motor Contes ini. Siap grakkkk...

Modifikasi Honda CBR 250R Ala Captain USA ini bukan cuma digarap serius di seputar bodi dan kaki-kaki. Silakan dilihat airbrush bendera Amerika yang dipilih. Dari tingkat detail dan finishing. Tampak pada menempatkan logo utama di tebang depan, diikuti taburan bintang pada sekujur bodi. Serta garis-garis yang jadi identitas lambang sebuah negara adi daya. Kelihatan begitu dikonsep. “Pakai tema US Army,  Honda CBR 250R ini langganan juara di berbagai contezt modif di seputaran Jawa Timur.

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Battlax 120/60-17
Ban belakang: Battlax 150/60-17
Single sitter: Custom
Knalpot: Leo Vince
Leher knalpot: R9

0 komentar:

Poskan Komentar