skip to main | skip to sidebar

Senin, 28 November 2011

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis

advertisement



Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis adalah dari sekian banyak model Modifikasi Kawasaki Ninja 250R, mungkin ini adalah model modifikasi kawasaki Ninja yang ke 1000 kali, saking banyaknya modifikasi dari motor Kawasaki ini, itu disebabkan karena memang bodi standar dari Motor ini sudah kelihatan sporti abis, jika ingin memodifikasinya tinggal merubah sedikit dibagian-bagian tertentu dari motor ini, terbukti jika memang tampilan kali ini adalah salah satu hasil karya yang hanya memerlukan sedikit perubahan saja.

Satu lagi bukti bahwa Ninja 250R itu banyak dimodif saat ini. Pilihannya pun beragam. Maksudnya jika ingin rombak kaki-kaki atau bodi begitu banyak pilihan bisa dilakukan. misal Modifikasi Motor Kawasaki karya bengkel Artisis Custom (AC) ini, judul di atas bisa dikatakan rumus dalam memodifiaksinya ini kali. Bodinya meniru Ducati, kaki-kaki jiplak GSX 1000, dipelesetin jadi digesex. Tapi hasilnya motor kelihatan lebih ceper.

"Motor Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini memang akan terlihat ceper jika tetap menggunakan monosok dari GSX 1000," kata Shen Shen, juragan AC. Jika bisa menyesuaikan bentuk bodi dan rider cukup nyaman, maka lebih rendahnya jok sekarang ini bukanlah masalah berarti, masih menurut Shen Shen, penggunaan monosok dari moge tadi mempunyai keuntungan dalam masalah pemasangan. "Bisa dikatakan sistemnya menjadi bolt- on karena bisa langsung pasang di Ninja 250R," ungkap pria berambut cepak ini.

Lebih jauh dijelaskan bahwa jika tidak ingin motor terlihat ceper, arm ini bisa digabungkan monosok standar Ninja. "Tapi, untungnya Abel si pemilik motor ini enggak masalah dengan tampilan seperti ini," kata pemilik bengkel di Jl. Mangga Besar 4R, No. 80, Jakarta Barat ini, oh ya, arm yang digunakannya produksi Delcevic. Sama dengan pelek. Lengan ayun dan pelek ini baik ukuran maupun modelnya persis meniru tampilan GSX. Pelek ini mempunyai lebar telapak lumayan, 3,5 inci di depan dan 6 inci untuk bagian belakang. 

Begitu banyak Kawasaki Ninja 250R yang dimodif saat ini menjadi hambatan tersendiri. Apa sebab? Karena jika enggak berani dalam memodifikasi, Ninja akan terlihat sama dengan lainnya. Jadi, harus jeli memilih tampilan yang pas, menarik dan sudah pasti jangan sampai terkesan norak dan kampungan.  Begitu juga dengan Shen Shen, pemilik Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini. "Saya tidak ingin sudah total di kaki-kaki tapi motor malah jadi terlihat biasa karena motif yang dipakai suda pasaran," kata Shen Shen, sapaan akrabnya.

Motif ini memang agak menyolok mata. Perpaduan biru dan kuning sungguh eye catching. Dan warna seperti inilah yang memang menjadi obsesi Shen Shen dalam modifikasi, seakan ingin terlihat total, beberapa bagian pun dicat atau dipilih warnanya yang sama mengikuti bodi. Misalnya saja bagian tengah disc brake, "Bahkan untuk slang rem belakang cari yang warnanya biru juga, supaya semua terlihat harmonis," tambah pria ini. Kejeliannya layak diacungi jempol untuk urusan seperti ini.

Begitu juga dengan pelek. Limbah dari Honda RVF 400 itu juga terpaksa disiram cat dengan kelir kuning. Hal ini berlanjut pada pemilihan gir belakang pada Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini, yang juga berkelir sama. Sungguh perpaduan warna yang harmonis. untuk wilayah kaki-kaki ini, Shen Shen memilih limbah yang termasuk kurang banyak dipakai. Hal itu memang karena stoknya tidak terlalu banyak. "Padahal dengan desain pro arm seperti Ducati ini, motor terlihat jadi lebih sporty juga," kata anggota klub Ninja ini.

Selain bentuknya, dengan memilih limbah RVF ini juga banyak keuntungan lainnya. "Terutama dalam masalah pengerjaan modifikasinya dan juga handling saat dipakai riding," beber karyawan swasta di bidang IT ini. menurut Shen Shen, dengan lebar pelek 3,5 inci di depan dan hanya 4,5 inci di belakang, saat diajak rebah motor lebih stabil. "Saya sudah membuktikannya saat nyoba di Sentul," tambah pria yang kadang-kadang ikutan OMR Ninja, tentu saja tidak pakai motor ini. Joe punya satu unit lagi yang khusus untuk balapan.

"Selain itu kalau limbah R6 atau CBR 600 bagian belakang motor seakan kepanjangan dan akan ngebuang kalau diajak bermanuver," lanjut Shen Shen yang memang doyan ngebut ini, untuk Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini supaya lebih rame tapi tetap dalam konsep harmonisasi, di bagian fairing juga ditempeli begitu banyak stiker. Ingat ya, jika ingin pasang stiker produk seperti ini usahakan yang natural. Artinya produk tadi benar dipasang di motor atau memang merupakan sponsor pendukung, lihat saja di sini. Ada Michelin, Brembo, Nissin, Koso dan juga X-race. Tambah sip lagi, juga ada stikernya, thanks ya, Bro!

Oh ya, perihal bodi, sepertinya Shen Shen tidak banyak melakukan ubahan. Fokusnya memang hanya pada permaianan warna. Fairing masih mengandalkan aslinya, "Hanya dilakukan pemasangan single sitter di belakang biar mendukung konsep Modifikasi Motor Terbaru Kelas Motor Racing, selain itu beberapa bagian bodi dilapis carbon printing supaya lebih memperkuat konsep.

Sedangkan untuk urusan bodi, saat ini Shen Shen coba aplikasi bodi yang meniru Ducati 848. "Bagian yang paling ketahuan meniru Ducati adalah pada buritan," tunjuk  Shen Shen, tapi, untuk urusan Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategori warna rupanya dia ogah menggunakan kelir merah yang sudah jadi identiknya Ducati. "Kita lebih sreg dengan warna putih, plus dengan sedikit efek kuning," kata pria yang juga terkenal sebagai seniman airbrush, di bengkelnya memang dia menyediakan paket bodi ini, hal itu karena dirinya menjadi distributor produk yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. "Untuk Jakarta saya yang memasarkan memasarkan," tambah pria bertubuh tegap ini.

Sedangkan untuk wilayah depan pada Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala Choperis ini, ada sesuatu hal yang baru diaplikasinya. Hal itu karena model projector yang digunakannya berbeda dengan produk populer yang sudah banyak beredar selama ini. Namanya devil eyes. Sesuatu banget, Bro!, "Lampu seperti ini masih baru, cirinya bagian dalam memancarkan warna merah.  Sedang pada bagian lingkar lampu dibiarkan tetap biru," ujar Shen Shen lebih jauh.

 DATA MODIFIKASI
Pelek: Delcevic
Ban: Michelin 120/60-17& 190/60-17
Swing arm: Delcevic
Upside down: GSX 1000
Bodi : Custom
Footstep: Xrace
Takometer: Koso RX2
Knalpot: Jardin RT5
Gas spontan: Domino
AC: (021) 95083232

0 komentar:

Posting Komentar