skip to main | skip to sidebar

Minggu, 24 Juli 2011

Yamaha Scorpio Ala Supermoto

advertisement



Yamaha Scorpio Ala Supermoto merupakan merupakan hasil karya dari seorang modifikator yang sudah kenyang dengan banyak pengalaman merubah gaya maupun tampilan motor, dari yang bergaya sport maupun yang bergaya extrail seperti yang dilakukannya saat ini.

Sebuah Yamaha Scorpio yang diubah dengan konsep Supermoto pastilah bukan sesuatu yang baru dan aneh lagi. Terlebih sudah begitu banyak yang memilih kalajengking Yamaha ini sebagai bahan untuk motor seperti ini. Karenasudah jamak, sang modifikator sekarang coba membuat beda. Bukan mengikuti lazimnya.  

Hal paling sering dilakukan menempelkan bodi SE atau supermoto dari luar, misal KTM. "Tapi, kami nggak mau seperti itu, sengaja dibuat pakai bodi berbeda," lantang Topo Goedhel Atmodjo dari Tauco Custom (TC) yang kali ini menggarap Yamaha Scorpio Ala Supermoto motor kepunyaan Bima Darmanto ini.

Tapi, Topo dengan jujur menjelaskan bahwa secara garis besar pastilah masih mengikuti desain motor pabrikan. "Terinspirasi Yamaha Tenere," jujurnya.

Yamaha Scorpio Ala Supermoto secara bentuk, Topo memang memberikan tampilan besar di beberapa bagian. Alasan fungsi katanya lebih diutamakan. Misalnya saja desain tangki yang lebih besar dibandingkan Special Engine atau SE umumnya.

"Tangki ini melebihi ukuran biasa SE karena supaya aman saat jalan jauh. Kapasitasnya sekarang muat sampai 12 liter bensin," kata ayah 1 anak ini.

Begitu juga dalam pemilihan lampu depan. Diambil dari Honda New MegaPro seperti yang dilakukan pada Modifikasi Yamaha V-Ixion Streetfighter pada halaman lain. Jika umumnya orang memilih menggunakan lampu KLX 150 yang imut, juragan TC ini  malah pakai ekstra besar seperti ini.

"Sekali lagi pertimbangan yang pertama dan utama adalah fungsi, jadi dengan alasan itulah motor ini dibuat. Harmonisasi bisa disesuaikan belakangan," cerita pemilik bengkel di Jl. Kebagusan Raya, Jakarta Selatan.

Lantas untuk urusan bodi Yamaha Scorpio Ala Supermoto semuanya dibuat ulang. "Tidak hanya membuat bodi baru, tapi sub frame juga ikut dirombak dan disesuaikan," ungkap Topo.

Bodi menggunakan pelat yang kebanyakan dipergunakan sang modifikator untuk menggantinya seperti halnya yang dilakukan pada Modifikasi Yamaha V-Ixion Transformer pada halaman lain. Posisi jok diperhatikan buat si rider dan boncenger. "Karena jangan sampai jadi egois, hanya memikirkan posisi duduk si joki," cuap modifikator cepak.

Meski terkesan motor 'gahar' tapi bagi Topo beberapa detail tetap perlu diperhatikan. Jangan sampai meninggalkan beberapa aturan yang hukumnya wajib. Misal penggunaan stop lamp dari Minerva. "Selain fungsi, desain melebar cocok dengan bentuk buritan yang dibuat," tambah Topo berapi-api.
Biar lebih sip, kelir bodi Yamaha Scorpio Ala Supermoto yang digunakan merah dan oranye. "Supaya gak perlu ganti STNK," tutupnya.
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax 110/70-17
Ban belakang : Battlax 150/60-17
Pelek depan : Custom 2,5x17 inci
Pelek belakang: Custom 5,5x17 inci
Sok depan : YZ85
Knalpot : Kwangen

0 komentar:

Poskan Komentar