skip to main | skip to sidebar

Senin, 31 Oktober 2011

Modifikasi Honda PCX 125 Ala Moge

advertisement

Modifikasi Honda PCX 125 Ala Moge merupakan tampilan yang sangat menawan, dari model dan bodi asli dari motor ini memang sudah sangat bagus, dengan sedikit sentuhan dari tangan-tangan terampil sang modifikator handal, maka tidak heran jika motor ini dinobatkan salah satu yang terbaik diajang contes yang lalu, hasil modifikasi ini menurut perkataan dari sang modifikator sebenarnya penyempurnaannya masih kurang sedikit akan tetapi berhubung waktu yang sangat mendesak diluncurkannya motor hasil garapannya ini.

Memang Honda PCX 125 dari sononya sudah punya bodi gambot,  memiliki banyak kelebihan bila kena roh modifikasi, lewat beberapa sentuhan di detail, langsung membuat tampilan skubek bongsor ini berubah dan mampu membuat tongkrongan jadi lebih elegan, mau bukti? Nih satu karya Budi ‘Big’ Rahmanto, owner sekaligus modifikator bengkel Big Modify (BM). PCX 2011 miliknya, juga jadi conteztan di pentas Skubek Contezt 20111. Hampir seluruh detail sudah kena olah.

Paling kentara rombakan pada bodi, beberapa detail sudah diberi sentuhan wide bodi, seperti penambahan spoiler pada kedua sisi bagian bawah dek atau sandaran kaki, ubahan yang terjadi pada Modifikasi Honda PCX 125 Ala Moge itu membuat bodi skubek yang menggondol gelar Bike of The Year di ajang contes Modifikasi Motor Terbaru Award 2010 lalu itu jadi lebih bongsor, “Saya memainkan detail biar lebih terlihat elegen dan dinamis lewat pemasangan kisi-kisi pada bagian dek depan yang dibalur sentuhan krom,” urai builder yang buka praktik di Jl H. Mugeni I No. 33 RT 4/4, Pisangan Lama, Jakarta Timur,

Motor ini masuk golongan skubek premium yang nyaman diajak turing, makin sip lagi bila dapur pacu sudah dijejali beberapa part racing untuk meningkatkan akselerasi, sayangnya belum banyak beredar pilihan part racing bolt-on buat PCX, ini yang bikin adalah sang modifikator handal Budi ‘Big’ Rahmanto, penasaran ingin aplikasi part racing untuk PCX miliknya, bermodal browsing di dunia maya, akhirnya terkuak keberadaan part racing untuk skubek canggih ini.

Singkat cerita, sang modifikor yang gabung di komunitas Honda PCX Owner Club Jakarta akhirnya dapat komponen berlabel J. Costa, belakangan banyak toko variasi mulai menawarkan part racing bolt-on khusus buat skubek gambot Honda ini, “Produk J.Costa ini bukan buatan Thailand, melainkan berasal dari Spanyol,” lanjut pemilik Modifikasi Honda PCX 125 Ala Moge ini, spanyol yang dibilangnya bukan separo nyolong alias bukan dari mencuri, akan tetapi, Spanyol negara Eropa, bisa ada di Eropa karena PCX termasuk motor yang diproduksi global, tidak hanya di Asia saja, di Eropa pun di pasarkan, tentunya juga sampai ke Spanyol. 

Sampai saat ini pilihan part racing masih terbatas pada areal CVT atau variator, juga knalpot racing. “Untuk variator terdiri dari satu set puli rumah roller, jadi, untuk pemasangannya juga gampang, satu set puli depan bisa langsung dilepas seluruhnya, lantas bisa langsung dipasang produk J.Costa ini,” timpal Budi Mulia dari Garasi Matik di Cianjur, Jawa Barat yang juga menyediakan produk ini.

Lumayan, setelah pasang variator akselerasi PCX bisa lebih beringas. “Berbeda kalau masih pakai pulley standar, seperti kurang bertenaga lantaran bobot Modifikasi Honda PCX 125 Ala Moge ini sedikit agak gambot,” jelas sang modifikator coba berasumsi, selain variator, dia juga sudah mempercayakan knalpot racing yang dibuat dari bahan stainless steel yang juga berlabel J. Costa. “Model knalpot ini terpisah antara bagian leher dan silencer,” bilang Budi Mulia yang menjual satu set part ini dengan banderol Rp 4,5 jutaan.

Pasang knalpot racing bikin tenaga di putaran atas jadi lebih maksimal. “Pokoknya kalau trek panjang jadi enggak ada matinya,” yakin Ivan yang sudah mempercayakan sektor pengapian CDI dan koil dari produk Andrion, tidak hanya itu, kesan big skuter juga makin dipertegas lewat tambahan bodi yang menempel pada buntut belakang. Sebagai boks atau bagasi tambahan, selain itu bikin tampilan bodi PCX berotot.

“Seluruh bodi tambahan PCX ini mengandalkan serat fiber berkualitas, selain kuat juga ringan,” ujar pria yang kerap ditunjuk ATPM sebagai mitra dalam mengolah motor modifikasi motor terbaru kelas matik konsep untuk display pameran, satu hal yang jadi perhatian Big, ada pada ubahan setang. Oleh Big, diganti dengan peranti variasi model setang jepit bahan aluminium berlabel Shark.

Pemasangan itu membuat posisi spion berpindah tempat, tidak lagi nempel di setang seperti bawaan PCX, sekarang menempel pada areal kanan dan kiri bodi depan Modifikasi Honda PCX 125 Ala Moge layaknya big skuter sejati, areal kaki-kaki tidak luput, pelek standar dirasa masih kurang lebar. “Pelek custom dengan aplikasi tapak lebih lebar, ukuran jadi 3,5 inci dengan pelek tetap ring 14 inci,” sebut Budi yang membungkus pelek pakai ban Swallow.

 DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 120/70/14
Ban belakang : Swallow 140/70/14
Sok belakang: YSS
Knalpot : Custom Big Modify
Winshiled : Custom Big Modify

0 komentar:

Poskan Komentar