skip to main | skip to sidebar

Selasa, 29 November 2011

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R

advertisement


Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R merupakan hasil garapan sang Modifikator yang sudah tidak asing lagi bagi anda, untuk motor yang satu ini sang modifikator tidak kurang akal, dengan limbah ZX-10R Kawasaki ninja 250R ini tampil lebih garang dan besar, bagaikan tunggangan juara dunia motor GP 2011 Casey Stoner, memang jika diperhatikan secara detail, motor ini seperti asli milik sang juara, tapi jangan percaya dulu, itu memang strategi kehebatan sang modifikator untuk meniru motor sang juara tadi.

Casey Stoner boleh saja menjadi juara dunia MotoGP 2011 bersama Honda. Tapi, ternyata doi menyimpan Ninja 250R di Indonesia. Beneran? Jangan panik dulu Bro, ini hanya sebuah cerita dibalik Modifikasi Motor Kawasaki milik Budi Susanto ini, hal itu karena grafis yang dipakai adalah motif Stoner saat masih bersama LCR Honda. lengkap dengan nomor 27 di bagian buritan. "Hal ini juga mengikuti helm saya yang memang replikanya Stoner," kata Budi.  

Tapi, tentu saja kalau grafis doang nggak asyik. Masak juara dunia pakai motor 250 cc. "Akhirnya dimodifikasi supaya terlihat lebih besar sehingga cocok menjadi motornya juara dunia," timpal Shen-Shen dari Artisis Custom (AC) yang melakukan seluruh ubahan Modifikasi Kawasaki Ninja 250R ini, pilihannya adalah menggunakan kaki-kaki full Kawasaki ZX-10R. Apa sebab? "Karena ini merupakan limbah Kawasaki, jadinya enggak silang dengan merek motor lain," lanjut modifikator berambut cepak ini.

Selain itu ternyata inilah limbah yang paling gampang dipasang di Ninja 250R. "Tak banyak ubahan, hanya perlu memperbesar lubang as di sasis Ninja untuk pegangan arm," jelas pemilik bengkel di Jl. V No. 3, Teluk Gong, Jakarta Utara ini, lubang as arm di sasis Ninja dibubut atau sampai 1,2 milimeter. Setelah itu arm ZX-10R bisa dipasang di rangka Ninja 250R. Memang arm ini sedikit lebih panjang dibandingkan standarnya, tapi itu tidak jadi masalah. Malah memberi keuntungan lain.

"Sebab dengan arm yang lebih panjang dan besar ini membuat bisa berkreasi untuk mendesain bodinya," cerita Shen-Shen lagi yang memilih membuat bodi custom full fiber ini, tentu saja konsepnya masih full fairing. Bodi baru yang besar ini murni desainnya, namun sedikit meniru Yamaha R6. "Tapi, hanya di belakang saja, wajarlah kalau Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R ini mirip moge benaran," kilah modifikator ramah ini. Mantap!

Bagi pengguna Ninja 250R ada sedikit kendala saat harus selap-selip di tengah kemacetan Jakarta. Tak jarang kaca spion yang nempel di bagian fairing depan bersenggolan dengan mobil atau motor lain. Solusinya spion tadi ditekuk. Tapi, kan jadi enggak bisa lihat belakang dong, nah! untuk mengatasi masalah ini, Budi kasih solusi menarik. "Saya pasang spion cembung yang dipasang di tengah-tengah visor. Fungsinya sama dan hasilnya cukup untuk melihat ke belakang," kata anggota Ninja 250 West Chapter ini. 

Untuk menambah sedikit pengetahuan anda tentang Motor ZX-10R, yang di jadikan consep Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R ini, maka kami beri anda sedikit informasinya, setelah beberapa lama disembunyikan dengan rapat oleh Kawasaki, akhirnya pabrikan asal Jepang itu secara resmi merilis Kawasaki ZX 10R yang baru. Kendati bertolak belakang dengan strategi industri otomotif dunia dalam kampanye kendaraan ramah lingkungan, nampaknya kubu pecinta moge yang gila kecepatan tidak akan terdegradasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya blog lokal yang membahas tentang kelahiran jagoan baru Kawasaki ini.

Berita akan munculnya Kawasaki ZX 10R baru yang merupakan salah satu varian ninja terkencang, memang sudah santer terdengar. Dari sketsa yang bertebaran di internet, spy shot, hingga foto saat pengujian di Suzuka kemarin. Dan inilah Kawasaki Ninja ZX 10R 2011! Superbike bertampang monster yang akan segera bertarung di panasnya aspal sirkuit, seperti yang sudah diberitakan sebelumnya di Modifikasi Motor Terbaru Dan Kategorinya. Ninja ini mengumbar tenaga yang cukup besar hingga 200 daya kuda di 13.000rpm. Dengan jurus meringankan diri, motor ini sukses turun 10kg dibanding generasi sebelumnya. Tentunya ini jadi senjata utama untuk bertarung di laga WSBK 2011.

Penambahan tenaga untuk Consep Bike-nya, didapat dari pembesaran klep sebesar 1mm. Throttle body pun lebih besar dari 4mm menjadi 47mm. Tentu saja udara yang disedot lebih banyak, memaksa airbox diperbesar hingga berkapasitas 1 liter. Jadi jangan harap konsumsi bensin akan lebih irit. Tapi sensasi akselarasinyalah yang menjadi pamor motor ini, tidak hanya mesin yang benar-benar baru, melainkan keseluruhan motor. Bahkan hingga ke posisi riding berubah. Jok pengendara di set lebih rendah menjadi 812mm dan lebih maju 35mm. Sok depan menggunakan showa dengan teknologi terbaru dan cakram bergelombang untuk meredam tenaga monster ijo ini.

Selain itu yang menarik adalah penggunaan S-KTRC (Sport-Kawasaki Traction Control) yang jauh lebih canggih dibanding GTR1400 tourer. Tentunya ini akan menjadi senjata pamungkas untuk lebih kencang di setiap tikungan! maka untuk Modifikasi Kawasaki Ninja 250R Ala ZX-10R ini, ditambahkan spion tambahan guna mengatasi padatnya lalulintas di jalan perkotaan, Jika sudah dipasang seperti ini, dua batang spion di bagian depan tadi bisa ditekuk. Tapi, omong-omong kalau ada razia kira-kira Pak Polisi paham enggak ya dengan spion seperti ini.

 DATA MODIFIKASI
Pelek: Kawasaki ZX 1000
Ban depan : Metzeler 120/70-17 Ban belakang : Metzeler 180/70-17
Upside down: ZX-10R
Caliper: Tokico
Knalpot: Gorila
Slang rem: Hel
Disc brake:  ZX-10R
Cat: Sikkens
AC: 0813-8010-3232

0 komentar:

Poskan Komentar