skip to main | skip to sidebar

Senin, 14 November 2011

Modifiksi Suzuki Satria FU-150 Ala RMZ 450

advertisement

 

Modifikasi Suzuki Satria FU-150 Ala RMZ 450 merupakan gabungan rtampilan kombinasi Suzuki dan Yamaha, ini berawal dari kegemarannya sang modifikator menaiki gunung, yang sangat extremme medannya, maka setelah melihat peforma dan ketahanan mesin dari Satria Fu, miliknya dirubahlah tampilan motor ini menjadi sebuah motor panggaruk tanah, cukup merubah tampilannya saja dibuat seringan mungkin karena untuk menaklukkan medan yang sangat terjal didaerah pegunungan, soalmesin Satria Fu tidak perlu diragukan lagi.

Biasanya basic modifikasi supermoto diambil dari besutan genre trail atau motor sport. Selain lebih mudah menggarapnya, ubahan yang dilakukan hanya seputar kaki-kaki. Tapi, Jemi Tansatrisna yang berasal dari Bajawa, Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk Modifikasi Motor Suzuki ini berpandangan lain. Dia sukses mewujudkan supermoto sensasional dengan hanya mengandalkan Suzuki Satria F-150. Pantas tampilan Satria FU ini penuh sensasi, lihat saja yang diambil dari motor hanya mesin. Sisanya mulai dari rangka dan kaki-kaki mengandalkan copotan limbah. Secara keseluruhan sudah mengadopsi tampilan Yamaha RMZ 450.

Aplikasi rangka almu atau aluminium untuk supermoto dengan basic Satria F-150 tergolong baru pertama kali dilakukan. “Melihat Modifikasi Suzuki Satria FU-150 Ala RMZ 450 setelah jadi, modifikasinya kelihatan simpel, tapi juga banyak ubahan di seputar rangka,” terang Lerry Rahmat Rizky dari Caos Custom Bike (CCB). Rangka Suzuki RMZ 450 2006 yang merupkan trail special engine (SE) didatangkan utuh dari luar negeri. Sedikit terkendala pada proses pemasangan mesin ke rangka. Harus kompromi dengan braket sebagai pengikat mesin.

Berbeda bila andalkan frame besi, untuk bikin dudukan atau braket mesin bisa mengandalkan las listrik. “Kalau bahan aluminium harus pakai las khusus, apalagi untuk rangka, alat las nggak sembarang- an karena berhubungan dengan safety,” urai modifikator yang Bergaya Extreem ini yang mengerjakan braket mesin ini langsung di pabrik Suzuki. Ada beberapa titik ubahan rangka untuk meyesuaikan dengan dudukan mesin F-150. Pada bagian belakang dan atas mesin harus disesuaikan.

Untuk breket bagian atas mesin malah lebih repot pengerjaannya. Itu lantaran harus menggeser rangka yang memang menyatu dengan deltabox bagian atas sampai 5cm. “Hasil ubahan benar-benar mulus, hampir tidak ada bekas potongan deltabox pada Modifikasi Suzuki Satria FU-150 Ala RMZ 450 ini. Memang ongkosnya lebih mahal, tapi kualitas dan hasil pengelasan enggak diragukan. Apalagi untuk mengikat mesin yang bergetar,” urai Lerry.

Totalitas membangun trail bergenre supermoto ini sempurna diwujudkan Lerry Rahmat Rizki. ”Memang trial dan error saat proses pengerjaan selalu ada. Tapi tentu harus sabar dan mencari solusi terbaik,"  ujar Lerry, modifikator yang sampai saat ini masih membujang ini. Sejarah motor ini lumayan panjang. dan beberapa kali ganti modifikator. Yang tersisa hanya mesin diambil dari bulider lain karena gagal konsep.

Enggak mau dibilang taggung, proses ubahan Modifikasi Suzuki Satria FU-150 Ala RMZ 450 juga mengandalkan kaki-kaki limbah yang terbilang sangat spesial. Upside down dan lengan ayun diambil dari copotan limbah Aprillia SXV. Istimewanya kaki-kaki Aprillia SXV ini lantaran besutan  yang aslinya memang diluncurkan pabrikan Italia sebagai besutan Hypermotard. "Jadi, memang nyambung dengan konsep supermoto," jelas Lerry.
 
Memang perlu dana lebih untuk menebus kaki-kaki Aprillia SXV ini apalagi barangnya sangat terbatas dan besutan ini juga pernah jadi jawara kejuaraan supermoto dunia. Alhasil limbah kaki-kakinya banyak diburu pecinta besutan supermoto. Sebagai modifikator multitalenta, Siswo Winoto tentu saja gape ubah motor konvesional jadi istimewa. Contoh Suzuki Satria 120R milik Jimmy, dari Banjarnegara, Jawa Tengah ini. Dibikin transexual alias ganti kelamin. Jadi supermoto ganteng, enggak cantik macam bebek lagi.

Modifikator beken disapa Wiwin ini jeli mencari konsep dan bentuk visual yang cocok dengan kemauan pemilik. "Konsepnya mengacu ke Aprilia SXV 450. Dari bentuk aduhai, guratan tajam jadi cirinya. Cuma harus menyesuaikan beberapa komponen agar klop dengan rangka Modifikasi Suzuki Satria FU-150 Ala RMZ 450," buka modifikator dari Jl. Sunan Ampel No. 9, Pabuaran, Purwokerto ini. Pilihan konsep, memang benar. Secara visual, bentuk Aprilia SXV 450 memiliki kontur yang cakep. Detail menyudut menjadi ciri kuda besi asal Negeri Pizza ini.

Cuma bedanya, Wiwin ubah pola agar bisa menjadi Aprilia ala Purwokerto, rasa mendoan he..he..he.. Mulanya Wiwin permak rangka, agar pengerjaan bodi lebih mudah. Seluruh sasis asli dibuang, didesain rangka deltabox di atas mesin yang bergaya Modifikasi Terbaru Dan Modifikasinya. Bagian bodi depan khususnya sayap tangki sengaja diperkecil dan lebih pendek dari desain Aprilia. "Sebab kalau terlalu panjang bisa nempel pada tabung knalpot. Makannya sayapnya jadi lebih pendek," cuap modifikator yang lagi demen main MTB ini.

Bodi belakang sama saja, cuma dikecilin biar ngepas dengan bentuk depan yang sudah mantap. Pilihan bentuk dan guratan Aprilia nampak tegas, lekukan landai pada bagian bawah bodi belakang dibuat halus senada desain aslinya. Sehingga bentuk Modifikasi Suzuki Satria FU-150 Ala RMZ 450 yang proporsional terlihat nyata sehingga sepatbor belakang. Bagian roda menjadi lebih kekar setelah megaplikasi pelek lebar untuk depan 3,5 inci dan belakang 4,5 inci. Keduanya dibalut ban Michellin Pivot One. Sedangkan tromol aftermarket pakai produk aftermarket berlabel Talon. Kabarnya hub tipe ini juga jadi andalan tim balap yang turun di kejuaraan supermoto dunia.

DATA MODIFIKASI
Ban depan  : Michelin 120/70/17
Ban belakang  : Michelin 160/60/17
Sok belakang   : Marzhocci 
Bodi  : Suzuki RMZ 450

0 komentar:

Poskan Komentar