skip to main | skip to sidebar

Sabtu, 24 Desember 2011

Modifikasi Toyota Alphart V 2010 Ala Home Theatre

advertisement


Modifikasi Toyota Alphart V 2010 Ala Home Theatre ini adalah milik Daniel Mananta atau yang lebih kerap dipanggil VJ Daniel mungkin bukan sosok yang asing buat kita. Tapi saya yakin pasti kamu semua belum familiar dengan kendaraan tempur yang dipakai VJ Daniel sehari-hari. Seperti kebanyakan artis, Alphard dipilih menjadi kendaraan operasional pria yang hobi ngakak ini. Alasannya, “Gue suka mobil yang besar, bisa menyimpan semua barang-barang keperluan gue waktu syuting,” ungkap Daniel.

Walaupun begitu, Alphard berwarna putih ini tidak dibiarkan standar. “Gue butuh hiburan buat ngilangin stres di jalan,” ungkapnya. Oleh karena itulah Daniel memercayakan Modifikasi-nya pada gerai audio Somesound di bilangan Pluit sebagai problem solver masalah tersebut. Oleh Ahau-pun ditawarkan konsep mobile lounge, dan, “Disesuaikan dengan selera Daniel,” buka Ahau.

Dua buah head unit pun dipasang pada Modifikasi Toyota Alphart V 2010 Ala Home Theatre ini, Clarion VX400A untuk kabin tengah, dan EVO E9C91 di bagian depan. Jalur speakernya dibuat terpisah, tujuannya agar penumpang dan pengemudi bisa menikmati hiburan masing-masing. Depan menggunakan speaker coaxial, di kabin tengah memakai speaker split dan coaxial.

Untuk berfungsi sebagai car theatre juga, maka Modifikasinya harus bisa memunculkan efek surround. Karena itulah speaker belakang Venom VX402BII di-setting full range. Sedangkan speaker tengah menggunakan High Pass Filter (HPF) yang dipotong di 100 Hz.  “Subwoofer frekuensinya juga dipotong di 100 Hz, agar Daniel masih bisa menikmati bas yang agak nge-beat,” tutur Ahau lagi.



Sebagai pemasok daya, dua buah power amplifier disematkan,. Untuk ‘jatah’ speaker, dipasok Venom PS80.4 dengan 4 kanal. Untuk mengangkat gebukan bas dari sepasang subwoofer VX2002 ukuran 12 inci, dipercayakan pada Venom PS1500.1. Tak lupa dihadirkan pula LCD Samsung berukuran 26 inci sebagai hiburan utama pada Mobil ini. “Tadinya mau pasang juga PS3 juga, tapi enggak jadi deh, hahaha…” canda Daniel.

Peredam dipasang pada Modifikasi Toyota Alphart V 2010 Ala Home Theatre ini agar kabin makin senyap di fender depan, pintu depan, pintu belakang. “Dipasang di fender depan untuk mengurangi road noise,” ungkap instalatur berpostur kurus ini. Bagaimana hasilnya? “Puas banget! Sekarang gue malah jadi pengen lama-lama kena macet, hahaha…” gelak Daniel.

Ada yang unik dari pemasangan TV LCD ini. Agar memunculkan mood ala home theatre pada lintas umum, maka oleh Ahau TV ini dipasang menggantung, bukan ditanam dalam dudukan pada umumnya. Bagaimana rigiditasnya? Ahau sudah memikirkan unsur mobilitasnya. Karena itulah ia membuatkan dudukan dari kayu Mdf yang diikat baut langsung ke sekat antara pengemudi dan penumpang. 

Untuk Modifikasi Toyota Alphart V 2010 Ala Home Theatre ini terdiri dari 3 ukuran, yaitu 9 mm, 15 mm, dan 18 mm. “18 mm untuk konstruksi utama dari frame sekat dan kuat untuk menahan LCD, sedangkan 15mm dan 9mm lebih kepada pembentuk braket-nya,” jelas Ahau. Dengan begini, dudukan LCD menjadi kuat dan tidak mudah bergerak.

0 komentar:

Poskan Komentar