skip to main | skip to sidebar

Minggu, 25 Desember 2011

Tehnologi Fuel Injection Terbaru Yamaha

advertisement

Tehnologi Fuel Injection Terbaru Yamaha merupaka awal dari perang motor berinjeksi semakin memanas di pasar otomotif Indonesia. Setelah Honda mendeklarasikan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI), kini giliran Yamaha memperkenalkan  teknologi Fuel Injection (FI) terbarunya.

Teknologi FI yang diberi nama Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar minyak pada motor Yamaha menjadi lebih efisien dan hemat di atas 30 persen. Selain itu, Modifikasi ini juga membuat gas buangnya juga lebih ramah lingkungan.

"Teknologi YMJET-FI telah dikembangkan pada tahun 2009 silam di Taiwan. Ini merupakan penyempurnaan teknologi injeksi dari generasi sebelumnya," kata Manager Technical Support Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Muhammad Abidin di sela-sela Workshop Tehnologi Fuel Injection Terbaru Yamaha, di Jakarta, Kamis malam, 22 Desember 2011.

Ia menjelaskan disela-sela Even pruduk Mobil dan motor terbaru, perbedaan yang mendasar pada sistem Fuel Injection (FI) terbaru ini adalah posisi injektor yang diarahkan langsung ke ruang bakar. Dengan begitu, kata dia, konsumsi BBM dipastikan lebih hemat sekaligus menciptakan turbulensi di ruang bakar. "Ini juga dapat menciptakan pembakaran yang lebih baik," imbuhnya.

Menurutnya, Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) nantinya akan mulai digunakan di seluruh motor Yamaha. Pihaknya juga telah meningkatan pengetahuan dari seluruh SDM teknisi Yamaha mengenai Tehnologi Fuel Injection Terbaru Yamaha. "Jangan sampai nanti jika semua sepeda motor kami fuel injection, mekanik belum sepenuhnya menguasai motornya, termasuk saat melakukan servis," kata dia. Termasuk memberitahu keuntungan dan cara kerja teknologi ini kepada setiap konsumen melalui para bloger. 

Semakin ketatnya persaingan motor berteknologi Fuel Injection (FI), tidak membuat Yamaha hanya berdiam diri saja. Mereka bahkan telah siap meluncurkan tiga koncep model sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi di awal 2012, dengan teknologi FI terbarunya, yang diberi nama Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), Yamaha yakin motornya akan jauh lebih unggul dari kompetitor utamanya, terutama dari segi konsumsi bahan bakar yang irit dan gas buang lebih ramah lingkungan.

"Tahun depan ada beberapa motor berteknologi Fuel Injection yang akan kami luncurkan. Modelnya apa, kita lihat saja nanti," kata Manager Technical Support Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Muhammad Abidin di sela-sela Workshop Tehnologi Fuel Injection Terbaru Yamaha, di Jakarta, Kamis malam, 22 Desember 2011, menurutnya, saat ini motor injeksi yang dimiliki Yamaha adalah V-Ixion. Tentunya, untuk model terbarunya, Yamaha ingin memulai dari kelas menengah terlebih dahulu. "V-Ixion itu jenis sport, untuk selanjutnya ya di kelas yang lainnya," ungkapnya.

Sebelumnya pada acara Event yamaha, seorang sumber di Yamaha Motor Kencana Indonesia menyebutkan, ketiga motor itu adalah jenis skutik dan bebek. Kemungkinan besar adalah Yamaha Mio Sporty dan Soul, serta Jupiter Z, seperti diketahui, teknologi YMJET-FI telah dikembangkan pada 2009 silam di Taiwan. Ini merupakan penyempurnaan teknologi injeksi dari generasi sebelumnya.

Perbedaan yang mendasar pada sistem Tehnologi Fuel Injection Terbaru Yamaha ini adalah posisi injektor yang diarahkan langsung ke ruang bakar. Dengan begitu, konsumsi BBM dipastikan lebih hemat di atas 30 persen, dan menciptakan turbulensi di ruang bakar.

0 komentar:

Poskan Komentar