skip to main | skip to sidebar

Selasa, 20 Desember 2011

Tips Dan Trik Mencermati Toyota Yaris

advertisement
 


Tips Dan Trik Mencermati Toyota Yaris adealah menu bagi yang memiliki mobil ini, kita awali saja ini dari baterai remote keyless yang ada pada tipe S Limited harus diperhatikan kondisinya sesekali waktu. Sebab bila habis, akan membuat fungsi keyless tidak berjalan. Artinya, pintu tak bisa dibuka dan mesin tak dapat dihidupkan secara ‘otomatis’, baterai ini memang tahan lama, dan biasanya bila habis, logo immobilizer di panel spidometer akan menyala. Kalau sudah begini, maka membuka pintu bisa dilakukan secara manual menggunakan anak kunci yang dapat dicabut dari kotak remote.

Jika ingin mengganti baterainya dengan yang baru, cukup buka kotak dengan bantuan anak kunci pada celah yang tersedia, lalu dengan mudah baterai lama dapat dilepas dari dudukannya. Bentuk baterainya serupa yang dipakai jam tangan atau perangkat elektronik, bawaan aslinya mengandalkan merek Maxell dengan kode ukuran yang perlu diingat adalah CR1616 dan voltase 3V. Dapat diperoleh pada lokasi Event tertentu atau di toko elektronik dengan harga eceran tak lebih dari Rp 50 ribu saja. Sebagai antisipasi lanjutan, sebaiknya siapkan satu buah untuk disimpan di mobil sebagai cadangan kalau kondisi darurat.

Tips Dan Trik Mencermati Toyota Yaris selanjutnya adalah tentang bagasinya, banyak pemilik Yaris yang mengeluhkan bunyi getar di bagasi. Setelah diteliti, ternyata tatakan pemisah barang atas bagasi yang kerap menimbulkan bunyi. Hal ini karena tatakan tersebut penempatannya tidak diklem mengingat ia bisa diangkat bersamaan dengan pintu bagasi yang dibuka, solusinya adalah dengan membungkus sisi-sisi luar tatakan dengan solasi hitam di beberapa bagian. Hal ini membuat getaran tatakan tereduksi dan mengurangi bunyi.

Posisi nomor mesin yang tersembunyi di balik blok sebenarnya bukan masalah serius. Namun cukup menyulitkan untuk melakukan ritual gesek nomor mesin guna melakukan proses perpanjangan STNK, letaknya adalah di blok mesin dekat throtle body sebelah kanan (kalau kita menghadap ke mobil). Agak susah menggapainya kalau mobil tidak di Modifikasi, karena harus melepas atau melonggarkan manifold intake. Karena itu sebaiknya minta bantuan orang yang paham bongkar-membongkar saat akan melakukannya.

Tips Dan Trik Mencermati Toyota Yaris selanjutnya tentang menghidupkan dan mematikan mesinnya, untuk memudahkan menghidupkan/mematikan mesin pada Yaris biasa, Anda bisa mengimbuhkan tombol Engine Start/Stop Button yang bisa dibeli sebagai spare part pada dealer-dealer Toyota terdekat. Set komponen engine start beserta kabelnya dihargai sekitar Rp 900 ribu. Asyiknya, pemasangannya mudah dan tak banyak kendala. Sebab tinggal sambungkan dengan kabel dari ECU yang sudah ready di semua tipe Yaris yang dijual.

Untuk kenyamanan perjalanan lintas umum prlu diperhatikan panel-panel instrumen interior bisa dibuat bercorak karbon lewat sistem hidroprinting. Prosesnya dengan melapisi panel-panel dengan film khusus yang sudah berisi corak karbon, ke dalam media cair hingga melekat kuat pada panel. Untuk penyempurnaannya, dilakukan lewat proses pencucian (rinsing), pengeringan serta pembersihan dengan menggunakan mesin khusus di ruangan antidebu.

Pada aksen Tips Dan Trik Mencermati Toyota Yaris ini bisa membuat aura kabin berbeda, tergantung corak yang dipilih (karbon, brush, wooden). Terlihat elegan atau sporty. Beberapa workshop seat maker bisa mengerjakan hal ini. Masalah biaya, teknik printing interior (panel-panel) standar dengan corak tertentu biasanya dikenakan biaya sekitar Rp 1,5-2,5 juta.

Mesin 1NZ-FE bawaan Yaris tidak sama dengan Mobil Terbaru Toyota lainnya termasuk dalam jajaran yang gampang di-upgrade kemampuannya. Maka ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan, konsentrasinya dengan mengimbuhkan beberapa perangkat fungsional seperti air filter tipe replacement (pengganti) atau open air (terbuka), keduanya menawarkan impresi hasil yang berbeda. Dimana tipe terbuka lebih powerful untuk tarikan pada putaran atas. Namun pilihan ini lebih rentan, akibat debu dan air yang bisa saja sewaktu-waktu terhisap. Maka sarannya, penggunaan air filter tipe ini tidak disarankan untuk harian.

Sementara itu Tips Dan Trik Mencermati Toyota Yaris selanjutnya, penggantian kabel busi dengan core (kabel) besar serta busi dengan spesifikasi Iridium juga bisa dilakukan. Pada seksi ini, aliran listrik ke mesin dibuat lebih besar buat mengoptimalkan kinerjanya. Yang mana dengan listrik besar, otomatis daya pembakaran mesin lebih sempurna yang berujung pada power yang lebih besar. Dan produk-produk ini bisa didapat di toko-toko aksesori aftermarket.

0 komentar:

Poskan Komentar