skip to main | skip to sidebar

Sabtu, 05 November 2011

Modifikasi Honda Mega Pro Wajah Ducati

advertisement

 

Modifikasi Honda Mega Pro Wajah Ducati merupakan hasil kreasi dari sang modifikator handal yang tengah menampilkan tren modifikasi saat ini yang bergaya ala ducati monster, memang motor pabrikan asal italia ini banyak sekali di gemari di tanah ai kita ini, namun untuk mendatangkannya pasti perlu biaya yang sangat mahal, jadi bagi kita yang penggemar motor sport ini cukup dengan mengaplikasikan dengan menekuk-nekuk pipa besi dibikin semaksimal miungkin hingga menyerupai rangka dari ducati monster yang asli.

Tampilan Ducati Monster memang tidak lekang dimakan zaman. Meskipun sudah termasuk lama diluncurkan, namun model rangka tubularnya masih tetap jadi acuan penggila modifikasi. Seperti besutan Honda Megawati (Mega Pro Wajah Ducati) milik Hafid. Bagian rangka tengah motor ini sudah aplikasi dari sang Monster. “Model rangka yang terekspose ini cocok banget buat gaya dan tampil di kelas extrem ala streetfighter. Desainnya enggak terlalu berlebihan  seperti yang saya inginkan,” jelas pria yang tinggal di Parung Bingung, Depok ini.

Untuk merancang rangka ala Monster ini enggak terlalu rumit. Karena bengkel Dave Motor Concept (DMC) memang piawai menekuk pipa besi. “Mengandalkan pipa tubular yang desainnya dibentuk mengapit tangki,” jelas Budi Dave, owner DMC dari Sawangan, Depok. Posisi tangki pada Modifikasi Honda Mega Pro Wajah Ducati ini enggak dibuat paten menempel pada rangka. Melainkan sengaja dibuat model knock down alias bisa dilepas. “Jadi, memang enggak dilas langsung ke rangka utama tapi hanya di ikat dengan baut. Pada bagian komstir dan rangka tengah,” bilang Kenyik, modifikator yang mengerjakan.

Kelar mendesain rangka rupanya bodi juga ikut kena jarah. Modelnya mendekakati lekukan Ducati Monster biar selaras rangka. Seluruhnya dibuat dari pelat galvanis 0,8mm. Dimensi sengaja nggak dibuat besar biar nggak kedodoran. “Maklum motornya masih dipakai buat harian jadi sebisa mungkin bodinya dibentuk lebih slim,” ujar Wanto, modifikator yang kebagian menggarap Modifikasi motor terbaru dan kategori areal bodi. Biar bagian tangki dan buntut belakang bisa bersanding apik, Wanto menabahkan cover rangka tengah yang sebelumnya juga sudah dibuat seperti segitiga. “Posisinya tepat di bawah jok dan modelnya sengaja dibikin berlubang biar motor terlihat lebih slim,” urai Wanto lagi coba menjelaskan.

Hal itulah yang coba dihindari Aboben Variasi (AV) dari Denpasar, Bali. "Permintaan untuk membuat modifikasi seperti Ducati Monster harus penuh perhitungan, bahkan melakukan trial dan error sampai benar didapat hasil seperti ini," cerita Rian Tjahyadi, juragan AV. Menurut Rian, untuk Modifikasi Honda Mega Pro Wajah Ducati ini dia sempat asal copy bentuk Ducati ini. Tapi, setelah dipasang memang terbukti terlalu besar. "Tidak bisa mengimbangi dimensi mesin dan rangka aslinya," timpal Adhi asisten Rian.

"Akhirnya terpaksa dirombak ulang, karena menggunakan fiber lebih gampang seperti pada tampilan kemarin
Modifikasi Honda Tiger From Minor Fighter," tambah Adhi lagi. Untuk belakang, rangka asli dipotong sampai 5 cm dan kemudian ditekuk agak ke bawah. "Kalau tidak dipotong, saat dibungkus bodi fiber custom ini, wilayah buritan akan terlihat terlalu besar dan juga panjang. Karenanya rangka harus dipendekkin lagi," cerita pria berambut lurus ini.

Begitu juga ukuran tangki pada Modifikasi Honda Mega Pro Wajah Ducati ini. Meskipun sekarang sudah lebih besar dari aslinya tapi masih terlihat proporsional. "Hanya dibuat sedikit lebih tinggi dan lebar. Itu untuk keperluan posisi semacam lubang udara," tambahnya. Sudah barang tentu dan pasti, lubang pada bagian kiri dan kanan ini hanya pada bagian kondom. Tidak sampai ke bagian bodi utama tangki. Tentunya juga, rangka tubular di bawah tangki wajib untuk dibuat. Kalau enggak ya bukan Ducati dong namanya. Hal yang perlu diperhatikan untuk ini adalah ukuran pipa.  "Diameter pipa baiknya jangan terlalu besar. Untuk Honda Mega Pro paling ideal pakai pipa ukuran 3,5 inci," beber Rian lebih lanjut.

Selain masalah di ukuran, saat menekuk pipa juga harus rapi. "Begitu juga dengan pengelasan pada motor ini supaya terlihat seperti buatan pabrik," kekeh Adhi yang bangga dengan kerjanya ini kali. Untuk urusan ini buatan AV kali ini memang sudah tergolong sangat rapi. Sebagai langganan juara contezt modifkasi, sudah barang tentu Rian tidak mau ada bagian yang terlihat cacat atau malah dianggap kurang rapi.

Langkah terakhir untuk mewujudkan konsep Modifikasi Honda Mega Pro Wajah Ducati tadi tentunya masuk ke urusan pemilihan warna. "Enaknya memang pilih langkah yang tidak terlalu ribet. Tinggal disiram warna merah dengan striping putih," tegas Rian. Dengan hasil pengerjaan seperti ini, pemilik Ducati pastinya akan merasa tersaingi. Sebenarnya rumah modifikasi Aboben Variasi lebih terkenal sebagai salah satu jagoan modif skubek bin matik. Sangat jarang mereka menghasilkan karya bebek atau tipe sport.  Berhubung Honda Mega Pro saat ini sedang booming di Bali, makanya mereka ikut ngemodifnya.

Meskipun yang dimodif tipe sport, tapi tetap saja ada unsur matik yang ikutan nempel. Ayo tebak di bagian mana itu? Betul, jika ada yang nebak lampu depan. Tapi lampu apa ya? "Sengaja pilih lampu yang enggak pasaran, ini adalah lampu Yamaha Fino," tunjuk Adhi. Bagian yang diambil hanya reflektor. "Bagian belakang dicustom supaya bisa masuk di Mega Pro," ujarnya. Ditambahkan semacam rumah lampu dari fiberglass pada motor ini."Pokoknya desain lampu dibuat semirip mungkin dengan Ducati Monster 696.”

Terlihat jadi lebih sip, areal kaki-kaki juga jadi perhatian Hafid yangmemang ingin membuat jadi lebih kekar. Alhasil meskipun tidak mengandalkan copotan dari limbah moge lantaran budget terbatas tapi hasilnya bisa jadi rujukan. “Untuk sok depan untuk Modifikasi Honda Mega Pro Wajah Ducati ini cukup mengandalkan copotan milik Yamaha Byson lengkap dengan segitiga dan head lamp. Sedang- kan pada lengan ayun depan, dibuat kondom pelat yang desainnya meniru Yamaha R6,” urai Budi yang coba meyiasati kaki-kaki dengan perangkat motor lokal.

 DATA MODIFIKASI
Ban depan      : Corsa 110/60-17
Ban belakang   : Corsa 130/70-17
Knalpot : Custom DMC
Pelek : Variasi 

0 komentar:

Poskan Komentar