skip to main | skip to sidebar

Selasa, 13 Desember 2011

Mobil Honda Freed Andika Pratama Di Recall

advertisement


Mobil Honda Freed Andika Pratama Di Recall terkait dengan berita recall global terhadap trio model andalannya, Honda Freed, Jazz dan City, maka di Indonesia PT Honda Prospect Motor membuktikan tanggung jawabnya dengan menggelar program perbaikan, HPM mengumumkan prpogram pergantian komponen yang bermasalah, yakni Lost Motion Spring yang terdapat pada lengan penggerak (rocker arm) mesin i-Vtec hari ini, Jumat (18/2)Komponen Lost Motion Spring, yang berfungsi menekan rocker arm pada putaran mesin rendah, setelah kurun waktu tertentu dapat melengkung dan patah sehingga menimbulkan bunyi mesin yang tidak normal.

Hingga saat ini, sebanyak 15 kasus telah dilaporkan berhubungan dengan kerusakan komponen tersebut di Indonesia. Semua kasus tersebut terjadi dalam kondisi mobil sedang berhenti, jumlah total unit yang terkena recall di Indonesia tersebut mencapai 30.252 unit, yang diproduksi antara tahun 2008 sampai 2010, konsumen disarankan untuk melakukan booking di bengkel resmi Honda untuk penggantian komponen. Proses penggantian komponen ini memakan waktu sekitar 3 jam dan tidak ipungut biaya apapun, alias gratis!

Aktivitas penggantian komponen Mobil Honda Freed Andika Pratama Di Recall ini mulai berjalan 28 Februari 2011 di seluruh Jawa, serta dari tanggal 2 Maret 2011 untuk wilayah luar Jawa. Program ini akan berlangsung selama 6 bulan, Yukihiro Aoshima, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor pun mengatakan, merupakan tanggung jawab ATPM untuk memastikan bahwa seluruh produknya berada dalam standar tertinggi dalam hal keamanan.

"Karena itu, program ini merupakan bagian dari evaluasi berkesinambungan yang kami lakukan terhadap seluruh produk demi mencapai kepuasan pelanggan,” ungkap yukihiro dalam keterangan resminya.Sebanyak 30.252 unit Honda Jazz, Freed dan City harus ditarik dari pasaran oleh PT Honda Prospect Motor untuk diganti komponen mesinnya yang bermasalah, nah, ini biang dari permasalahan tersebut. Yakni terjadi kesalahan desain terhadap Lost Motion Spring, yang fungsinya menekan rocker arm pada putaran mesin rendah.

Karena kesalahan desain tersebut, maka untuk Mobil Honda Freed Andika Pratama Di Recall pada kurun waktu tertentu bisa menyebabkan komponen ini melengkung dan bahkan bisa juga patah, jadi selain bunyi mesin yang tidak normal, saat distater pun bisa susah hidup, "Ada kesalahan desain, itu kenapa baru sekarang di recall, karena butuh proses untuk komponen tersebut untuk akhirnya mengalami masalah," jelas Direktur Marketing dan Aftersales service PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Seperti dalam gambar, komponen tersebut berupa per. Terdapat perbedaan antara komponen yang harus ditarik dengan yang baru, dimana secara desain, per yang bermasalah memiliki permukaan rata, sedang yang baru agak mengerucut, proses penggantian lost motion spring pada mobil Al New Honda Jazz, Freed dan City dilakukan mulai 28 Februari 2011 ini di dealer Honda diseputaran pulau Jawa dan 2 Maret 2011 untuk diler Honda di luar pulau Jawa.

Honda mengatakan, untuk Mobil Honda Freed Andika Pratama Di Recall ini hanya butuh waktu sekitar 3 jam untuk melakukan pergantian komponen tersebut, dan tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis! Honda lagi-lagi harus menarik tiga model andalannya diseluruh dunia karena diduga ada permasalahan pada mesinnya. Sebanyak 693.497 unit akan ditarik dari pasaran, permasalahan pada mesin tersebut bisa mengakibatkan ketiga mobil andalan Honda tersebut tidak bisa distater. "Tapi belum ada laporan kecelakaan akibat kasus tersebut," ujar seorang juru bicara Honda.

Setelah sebelumnya Honda juga pernah melakukan recall terhadap Honda Jazz dan City, maka penarikan kembali ketiga Mobil Honda tersebut diperkirakan akan memakan biaya mencapai 39 juta Dolar, sementara untuk Honda Freed, ini adalah kali pertama Honda melakukan recall terhadap MPV 7 penumpang tersebut, yang memiliki platform yang sama dengan Jazz dan City.

Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari PT Honda Prospect Motor terkait dengan penarikan kembali ketiga model tersebut yang juga dipasarkan di Indonesia, sebenarnya pada Mobil Honda Freed Andika Pratama Di Recall ini desain ekteriornya yang unik, membuat Freed jadi pilihan bagi keluarga modern. Apalagi suguhan interior dengan dasbor gaya cafe dan kursi baris kedua captain seat memberi kemewahan penumpang. Untuk kapasitas, sanggup dimuati 7 penumpang dewasa walaupun duduk bertiga di bangku paling belakang agak sempit, sedangkan daya angkut barang, Freed memiliki ruang cukup lega. Pasalnya bangku paling belakang dapat dilipat ke samping atas sehingga menambah volume bagasi belakang.

Modifikasi Terbaru mesin 1.500 cc-nya, tergolong irit dengan tarikan cukup memadai sebagai mobil keluarga. Sebagai contoh pemakaian luar kota, Freed mengonsumsi bensin 1:13,8 liter/km. Masih ingat kasus recall yang menimpa mobil-mobil Honda di Indonesia? khususnya Honda Jazz, City dan juga Freed, terkait permasalahan pada Lost Motion Spring yang dianggap terlalu rentan dan rapuh.

Sebanyak 30.252 Unit Freed, Jazz dan City, dan dari jumlah tersebut, Honda Freed milik artis Andhika Pratama pun ternyata turut terkena imbas dari recall tersebut, "Gue beli Freed tahun 2009, dan ngerasa gak ada masalah apa-apa, sampai tiba-tiba dealer Honda mengabari kalau mobil gue termasuk salah satu yang kena recall," ujarnya ketika ditemui Otomotifnet.com.


Akhirnya mobil mau gak mau harus dibawa juga ke bengkel resmi Honda untuk dilakukan penggantian komponen yang bermasalah tersebut. "Peristiwa ini kalau gak salah waktu itu memakan waktu sampai 3 jam untuk melakukan penggantian komponen," ujarnya.

Dan setelah dijelaskan, tambah Andhika, ada satu komponen yang mereka sebut Lost Motion Spring yang katanya bermasalah, sehingga harus diganti. Lost Motion Spring terdapat pada lengan penggerak (tehnologi rocker arm) mesin i-Vtec Honda.

Komponen Lost Motion Spring pada Mobil Honda Freed Andika Pratama Di Recall ini, berfungsi menekan rocker arm pada putaran mesin rendah, setelah kurun waktu tertentu dapat melengkung dan patah sehingga menimbulkan bunyi mesin yang tidak normal. 

0 komentar:

Poskan Komentar