skip to main | skip to sidebar

Senin, 12 Desember 2011

Modifikasi All New Toyota Avanza Soun Quality

advertisement

 

Modifikasi All New Toyota Avanza Soun Quality memang benar-benar didesain untuk memuaskan para penggemarnya, tidak tanggung-tanggung, untuk memuaskan pemiliknya khususnya pada bagian kepuasan memanjakan telinga bagi sipengendara, sekarang sudah terwujud dengan adanya keluaran terbaru mobil buatan pabrikan jepang ini, audio yang sekarang berbeda jauh dari produk audio milik Toyota Avanza terdahulu, suara lebih jring dan lebih segala-galanya, jika sipemilik ingin mengikuti kontes jadi tinggal menambah sedikit audionya, soalnya (SQ) pada mobil ini memang didesain bagaikan mobil kontes.

Kehadiran varian terbaru All New Toyota Avanza, rupanya disikapi sangat antusias oleh instalatur car audio profesional Tanah air. Sebab jika menilik perjalanan Avanza di kontes audio, mobil ini termasuk langganan juara di hampir setiap event kompetisi terutama di kelas sound quality (SQ), menyikapi kompetisi di dunia car audio saat ini, PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia, mendaulat Audioworkshop (AWS) buat mengupgrade tata suara kabin All New Avanza layaknya mobil kontes yang siap berlaga.

Wahyu Tanuwidjaja, instalatur AWS yang berperan sebagai konseptor di balik modifikasi bertema 'Modifikasi All New Toyota Avanza Soun Quality' ini, menuturkan bahwa upgrade pada sistem audio All New Avanza seluruhnya menggunakan produk bikinannya sendiri. "Semuanya full Dominations mulai speaker sampai ke prosesornya," bangga Wahyu, komponen yang dipakai seperti speaker depan Dominations ES62, power amplifier Dominations 1500.4 (4 channel) dan 2000D (monoblok), subwoofer Dominations Young Guns serta prosesor Dominations Corpus Callosum.



Ubahan pada Modifikasi All New Toyota Avanza Soun Quality ini yang diterapkan Wahyu dengan mengandalkan produk andalannya tadi melibatkan dua tipe kendaraan, All New Avanza 1.5 Veloz dan 1.3 G, yang akan dipamerkan saat launching perdananya 9 November di Jakarta, pada kabin All New Avanza 1.5 Veloz yang standarnya sudah dibekali head unit 2-DIN model integrated ini, dicustom ulang pakai Electrik monitor 7 inci touch screen dari Fujitsu, yang merupakan vendor resmi untuk varian Toyota di Tanah Air.

Sementara model 1.3 G yang sejatinya hanya dibekali head unit model single DIN, diupgrade pakai monitor dari vendor yang sama dan dibedakan dari desain panel kontrolnya saja, meskipun kabin All New Avanza 1.5 Veloz sudah dipersenjatai 6 speaker, urusan reproduksi nada harus dibikin lebih optimal pakai sistem car theater 4.1. "Sebab tidak pakai center speaker karena mempertimbangkan aspek daily use," urai Johnson, Brand Manager AWS.

Secara garis besar, sistem audio yang diterapkan pada All New Avanza 1.5 Veloz maupun model 1.3 G memiliki konsep Modifikasi All New Toyota Avanza Soun Quality yang serupa. Namun tetap ada perbedaan antara keduanya, sebagai opsi bagi kalangan dengan selera yang berbeda, All New Toyota Avanza memang potensial buat memuaskan telinga para pemiliknya, terlebih bagi mereka yang hobi di dunia car audio. Hal ini pun terungkap dari pendapat beberapa instalatur audio, yang umumnya menanggapi positif seputar perubahan yang terjadi pada interior small MPV racikan PT Toyota-Astra Motor (TAM) ini.

Andreas Abbas
Pentolan Wiki Wiki di Gading Kirana Timur, Jakut ini meyakini bahwa bagasi
All New Avanza, yang sedikit lebih luas dari versi sebelumnya, bisa diandalkan buat menciptakan entakan bass lebih optimal. "Pakai subwoofer 12 inci sekali pun tidak akan maksa seperti model sebelumnya, dan volume boks bisa dibikin sampai 1 kubik karena bagasinya lebih luas," pungkas Abbas sapaannya

Andrie Widjaja
Instalatur Bassindo Audio di Kelapa Gading Boulevard, Jakut ini memastikan bahwa untuk menciptakan efek depth (kedalaman suara panggung) di kabin All New Avanza sangat mungkin. "Kedalaman suara di atas dasbor bisa tercipta sempurna karena didukung desain pilar yang lebih landai, serta jarak ujung dasbor dengan kaca depan yang agak jauh dari tipe sebelumnya," urai Andrie
Yung yung
Instalatur profesional asal kota Gudeg ini, punya pendapat tersendiri. "Pastinya bisa membuat kualitas sound menjadi lebih bagus dari sebelumnya.
Apalagi kontur dasbornya juga lebih lapang, sehingga bisa membuat suara terdengar lebih mekar (megah)," yakin punggawa Elixir Audio Yogyakarta ini

Maslim Djanuanto
Menanggapi kemunculan varian terbaru dari TAM ini, Maslim Djanuanto memastikan bakal ada perubahan cukup elegan pada tata suara kabin Avanza generasi kedua ini. "Tentu akan lebih baik hasilnya jika dibandingkan model sebelumnya.
Karena melihat dari desain pilar serta dasbornya, sangat ideal buat upgrade audio dengan kualitas yang lebih mumpuni," ungkap instalatur Basis Audio di Kembangan, Jakbar ini

Edie Soesanto
Desain interior yang lebih simetris ketimbang versi terdahulu, membuat Edie Soesanto yakin kalau kualitas modifikasi sound system All New Avanza bakal lebih mumpuni buat diupgrade. "Dimensi kabin sedikit lebih lapang dari Avanza sebelumnya, selain itu kelandaian pilar A bisa memudahkan untuk menciptakan efek depth lebih optimal," kata instalatur Cartens Audio di Fatmawati, Jaksel ini.

Menurut Johnson selaku person in charge dalam proyek Modifikasi All New Toyota Avanza Soun Quality ini, pembeda antara keduanya hanya ditunjukkan dari jumlah subwoofer yang dipakai. Untuk tipe Veloz pakai 3 buah, karena diproyeksikan buat kalangan muda yang biasanya tidak terlalu mengutamakan fungsi bagasi. Sedangkan pada model 1.3 G dipasang 2 subwoofer agar tersisa space buat bagasi.


0 komentar:

Poskan Komentar