skip to main | skip to sidebar

Rabu, 21 Desember 2011

Mobil Terbaru Mitsubishi Lancer Evolution X!

advertisement




Mobil Terbaru Mitsubishi Lancer Evolution X! merupakan benar-benar keluaran terbaru dari generasi Lancer yang terdahulu, kalau sebelummya, terbit berita menyedihkan bagi penggemar ikon mobil rally dari Mitsubishi Lancer Evolution yang harus di stop produksinya karena tidak memenuhi standar emisi, sekarang silahkan tersenyum dan mulai menabung. Kenapa? karena pabrikan Jepang, Mitsubishi Motors sudah insyaf dan menyadari kalau membunuh Lancer Evo justru bisa merugikan citra merek Mitsubishi itu sendiri. Karenanya, sebuah generasi terbaru dari Lancer Evolution sedang dipersiapkan.

Mitsubishi menjamin, Lancer Evo yang baru ini akan lebih ramah lingkungan dan yakin bisa memenuhi standar emisi Eropa yang ketat. Sebab, sebuah Modifikasi baru mesin hybrid disiapkan untuk mendukung performa legendaris dari Lancer Evolution, Presiden Mitsubishi, Osamu Masuko, telah mengkonfirmasikan niatan tersebut. Lancer Evo generasi terbaru akan hadir dalam versi hybrid dalam tiga tahun kedepan, atau sekitar tahun 2014.

Belum ada keterangan resmi mengenai spesifikasi dari Mobil Terbaru Mitsubishi Lancer Evolution X! ini, namun, banyak yang percaya bahwa Lancer Evo akan menggunakan Powertrain diesel - listrik, yang harus bisa berakselarasi 0-100 km/jam dalam waktu dibawah 5 detik, sambil tetap menjaga emisi CO2 di bawah 200 g/km, namun, berdasarkan rumor tersebut, banyak juga beberapa kalangan yang bersedih, karena dengan kombinasi mesin diesel dan listrik, mereka jadi tidak bisa lagi merasakan sensasi performa mesin bensin Lancer Evo yang fantastis.

Seiring dengan rencana pabrikan Jepang Mitsubishi untuk menghentikan produksi dari Lancer Evolution, dan melahirkannya kembali dengan konsep yang berbeda, maka Mitsubishi memangkas harga untuk stok Lancer Evo yang masih ada saat ini, di Inggris, pada Event yang lalu di umumkan harga Lancer Evolution kini dibanderol hanya Rp 422 jutaan. Sehingga, semakin kompetitif untuk bersaing dengan Subaru WRX STI dan Ford Focus RS.

Sementara itu, pabrikan Jepang ini akan mencoba terus menyesuaikan konsep masa depan Mobil Terbaru Mitsubishi Lancer Evolution X! dimasa depan sebagai mobil yang lebih ramah lingkungan, seiring dengan visi Mitsubishi, "Kami menyadari bahwa produsen otomotif memiliki tanggung jawab untuk memimpin dalam pengembangan inisiatif lingkungan. Tujuan kami adalah menjadi pemimpin dunia dalam pengurangan emisi CO2 dalam skala global," ujar Presiden dan Global Chief Executive MMC, Osamu Masuko.

Sejauh ini, tambah Masuko, para insinyur Mitsubishi sedang berusaha melakukan rekayasa pengembangan baru dari Mobil Lancer Evo dengan cara yang berbeda seperti sebelumnya, mesin standar Mitsubishi Lancer Evo IV sejak lahir sudah dibekali 4G63-T untuk seluruh variannya. Sejak Evo pertama, mesin sudah pakai 4G63-T yang berkapasitas 2.000 cc dengan pasokan forced induction turbocharger TD-04, tak ada yang meragukan kemampuan mesin ini, karena memang terkenal ‘badak’ dan mampu di-oprek tenaganya hingga berkali-kali lipat, “Beruntung sudah banyak speedshop dan parts racing aftermarket menyediakan engine parts hingga yang ekstrem sekalipun,” papar Faisal, 

Sama halnya ketika Faisal mengganti turbo asli dengan produk Bull’s Eye Power seri S400 yang setara dengan Garret T42. Dengan boost mencapai 2,5 Bar, sangat terasa hentakan (G-force) di bagian kepala saat start, namun, memasang turbocharger pada Mobil Terbaru Mitsubishi Lancer Evolution X! berdimensi setara kepala balita ini, ternyata tak mudah. Mulai dari exhaust system alias header, flange buat turbo hingga menata piping kudu cermat. “Maklum, engine bay tergolong pas-pasan,” kelakar Faisal, belum lagi dengan peranti pendukung seperti turbo intercooler, radiator aluminium, ekstra fan dan beberapa perintilan lainnya. Kabin mesin langsung sumpek.

Mendukung performa sadis yang hanya menempuh jarak 402 meter, mengharuskan setting suspensi yang pas. Bisa dibayangkan saat Mobil diajak melesat dan menuntut traksi maksimal untuk grip optimal.
Makin sip setelah rear wing buatan C-West berbahan carbon fibre ikut terpasang rapi di kap bagasi. Apalagi Jimmy juga melebarkan bodi dengan over fender kit custom, tak lain untuk bisa menyembunyikan pelek Illusionist 20 inci berkelir hitam dan ban Achilles 245/30-20 untuk depan dan 275/40-20 pada bagian belakang, mendukung hobinya yang doyan  main game, seperangkat audio, game console Sony Playstation 3 hingga monitor TV LCD 19 inci dibalik kap bagasi ternyata bisa menambah nilai plus rombakannya.

Untuk Mobil Terbaru Mitsubishi Lancer Evolution X! Faisal melakukan kombinasi unik pada setting suspensi. Per keong justru tak lagi memakai standar Evo IV. Melainkan memakai Suzuki Swift. Ini lantaran peredaman untuk mobil drag berbeda dengan besutan touring atau reli.Namun agar sokbreker bisa maksimal, Faisal memilih produk Aragosta asal Netherland yang sudah kondang untuk urusan sokbreker berkemampuan tinggi. Bisa diatur kekerasannya dan sudah ready alias bolt-on untuk Evo-IV, pelek juga masuk daftar yang harus diganti. Untuk drag race, alas ban dipilih berdiameter 15 inci merek Rays yang kemudian dikombinasi ban slick Hossier. Karena penggerak 4 roda, keempat bannya memakai slick tyre.

Ada yang unik dalam Modifikasi sebuah besutan drag race. Lantaran power to weight ratio sangat krusial, Faisal harus memutar otak agar bobot total mobil bisa ringan, tetapi memiliki daya tahan dan kuat benturan bak mobil panser, sebagian besar bodi sudah memakai produk composite fiberglass yang biasa disebut FRP (Fiber Reinforced Polymer), sehingga bodi menjadi ringan. Keempat pintu, kaca-kaca, kap mesin dan bagasi sudah bisa reduce weight hingga 40%.

Agar Mobil Terbaru Mitsubishi Lancer Evolution X! sekuat mobil panser, kuncian ada pada roll cage yang dipesan dari Jepang. Menggunakan pipa seamless bersertifikat, kemudian dilas mati ke dek agar saat mobil membentur beton pengaman, driver bisa tetap survive, bila dilihat sepintas, pipa rollbar berdiameter kecil. Tetapi soal kekuatan jangan ditanya. Karena materialnya setara dengan standar FIA untuk reli. Makanya fire extinguisher Sparco dan peranti pengaman lainnya tertata apik di dalam kabin.

0 komentar:

Poskan Komentar