skip to main | skip to sidebar

Senin, 02 Januari 2012

Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012

advertisement












Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 sempat diragukan oleh banyak penggemarnya, ketika semua orang ragu bahkan menganggap Valentino Rossi sudah tidak memiliki talenta untuk memenangi balapan MotoGP modern, tidak demikian dengan Jeremy Burgess sang kepala mekanik yang setia menemani Rossi. Pria baya asal Australia itu menganggap bahwa Rossi masih mempunyai ambisi dan talenta yang tinggi memenangi balapan di MotoGP 2012 nanti.

“Pembalap seperti Rossi adalah tipe pembalap yang fokus melakukan apa yang ingin dicapainya. Meski dalam kondisi yang sulit, malah ini akan membuatnya jadi lebih kuat. Saya justru ragu jika kami berada dalam kondisi seperti ini bersama Honda ataupun Yamaha. Makanya kami selalu optimis untuk meraih kemenangan setelah me-Modifikasi motor kami,” yakin Burgess.

“Kendati pun belum meraih kemenangan, namun untuk Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 ini kami bisa mengerti apa saja kelemahan yang kami miliki dan berupaya terus melakukan improvisasi pada paket motor. Kondisi inilah yang terjadi selama musim 2011 berjalan, makanya saya sangat optimis dengan peluang kami musim 2012 nanti,” lanjut pria paruh baya itu.

Pindah ke Ducati memang tidak mudah bagi seorang Valentino Rossi. Ia dan kru teknisnya memiliki tugas besar untuk membuat motor Ducati jadi lebih kompetitif di tangan semua pembalap. Apalagi Casey Stoner dan Jorge Lorenzo memiliki motor yang kompetitif. Jadi tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Berharap semoga Rossi bisa bertarung lagi untuk memenangi balapan tahun 2012.

Beberapa waktu lalu, Andrea Dovizioso menyatakan bahwa Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 belum akan kompetitif di atas motor Ducati tahun 2012 mendatang. Pernyataan ini sekilas hanya prediksi biasa saja. Tapi siapa sangka, ternyata Rossi langsung menanggapi komentar tersebut dengan kritikan kecil dan agak menohok.

Rossi menanggapi hal tersebut melalui akun twitter miliknya, @ValeYellow46. “Karakter seorang olahragawan sejati akan keluar ketika ia memenangi sesuatu yang penting...masalahnya ia (Dovizioso-red) belum memenangi apapun!” tulis Rossi di halaman twitternya, perang dingin yang sudah dimulai oleh Dovi, memang langsung membuat Rossi mulai panas. Apalagi selama 2 musim terakhir Rossi tidak dapat tampil maksimal karena cidera kaki musim lomba 2010 dan performa mofikasi motor yang tidak bagus pada 2011.

Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 mengacu pada balapan tahun kemarin, tingkat stress pembalap kelahiran Urbino, Italia itu semakin tinggi di 2011 karena meski gonta-ganti paket motor, ia tetap tidak kompetitif. Ditambah lagi dengan beberapa insiden terjatuh hingga seri terakhir yang membuatnya tidak mencetak poin. Jadi wajar jika Rossi memberikan kritik pada pernyataan Dovi kepada media tersebut, namun kritikan seperti inilah yang harus dibuktikan Rossi musim 2012 mendatang.

Jika Andrea Dovizioso dan sebagian pembalap lain menyatakan dalam lintas umum, bahwa Valentino Rossi mempunyai kesempatan kecil untuk memenangi balapan lagi bersama tim Ducati, tidak demikian dengan Jorge Lorenzo. Juara dunia MotoGP tahun 2010 itu yakin bahwa Rossi bisa menang lagi di MotoGP, “Masalah yang dialami Rossi sekarang ini sangat jelas terlihat. Tapi ia ingin menang lagi dan memang memiliki talenta itu. Rossi masih sangat cepat dan mempunyai determinasi melakukan apapun,” yakin Lorenzo.

Jadi wajar jika Lorenzo sangat yakin jika Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 akan kembali memenangi balapan, beberapa hari yang lalu, Jorge Lorenzo mengungkapkan bahwa Valentino Rossi akan meraih kemenangan lagi tahun depan. Namun beberapa anggapan di media bahwa Rossi dan Ducati tetap takkan kompetitif, menurut Lorenzo adalah hal yang salah. Bahkan Lorenzo menganggap tahun depan akan ada kejutan dari beberapa pembalap termasuk dari juara dunia 9 kali di ajang balap grand prix motor itu.

“Prediksi saya, pembalap yang akan bertarung untuk titel juara dunia adalah Casey Stoner, Dani Pedrosa, Ben Spies, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan saya sendiri. Mungkin juga Alvaro Bautista dengan tunggangan barunya yaitu Honda RC212V, itulah parade para juara musim mendatang. Tapi jangan pernah anggap enteng Rossi. Kita bicara tentang pembalap yang memenangi balapan cukup banyak,” tegas Lorenzo.

Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 bisa kembali kompetitif kapan saja ia merasa lebih baik. Menganggap enteng Rossi adalah kesalahan besar, karena di sesi tes Valencia lalu Ducati tampil leibh kompetitif. Apalagi sekarang Rossi sudah memiliki pengalaman 1 tahun di motor Ducati. Saya rasa ia akan lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya,” lanjut juara dunia MotoGP 2010 itu, ucapan Lorenzo tentang Rossi, ada benarnya juga. Sebab biar bagaimana pun juga, Lorenzo pernah jadi rekan setim Rossi dan mengetahui bagaimana cara Rossi mewujudkan keinginannya.

Hmm, kekhawatiran Lorenzo patut jadi kekhawatiran semua pembalap di MotoGP. Sebab jika Rossi benar-benar menemukan tehnologi formula yang tepat untuk membuat Ducati takluk di bawah kendalinya, maka dominasi legenda MotoGP asal Italia itu akan kembali terulang tahun 2012. Kita tunggu pembuktiannya nanti. 

Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 adalah untuk membuktikan bahwa dia merasa masih berada diatas semua pembalap Moto GP, meskipun titel juara dunia yang diraih Casey Stoner di MotoGP tahun 2011, adalah kemenangan sempurna karena memang ia tampil bagus di atas motor Honda RC212V miliknya. Sangat berbeda ketika ia masih berada di Ducati, hingga saat keluar dari Ducati pun masih mendapat kritikan dari Rossi dan Jeremy Burgess sebagai kepala mekaniknya.

“Mereka mengatakan bahwa saya tidak bisa memaksimalkan performa motor dan mencari apa yang salah pada Ducati, dan mengklaim bahwa kami tidak tahu apa yang kami lakukan, karena ini tidak sama dengan mesin Mobil. Tapi jelas-jelas mereka 10 kali lebih bingung mengembangkan motor Ducati. Arah mana yang akan mereka tempuh sangat tidak jelas,” terang Stoner.

Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 “dalam satu musim, mereka telah mencoba tiga macam motor dengan beda rancangan rangka. Belum lagi keluhan cedera bahu Rossi di awal musim. Tapi hasil terbaiknya justru diraih saat cedera bahu itu masih terasa, yaitu podium di MotoGP Prancis. Mereka pasang ini, pasang itu dan semua yang mereka minta tapi tak ada satu pun yang terbukti. Mereka tidak bisa lebih baik dari saat memasuki musim 2011,” tukas juara dunia MotoGP 2011 itu.

Stoner hanya merasa lucu, karena Rossi dan Burgess selalu memberikan komentar pada performa Stoner. Tapi nyatanya Stoner justru mampu memberikan determinasi positif saat berada di Ducati, “Saya yakin 100 persen, Rossi tidak akan lebih cepat dari pada saya saat di Ducati. Perbedaan besar hanya terletak pada masalah dana. Kami memiliki arah pengembangan yang jelas tapi tak punya banyak dana, sementara Rossi memiliki banyak dana tapi tak jelas arah pengembangannya,” pungkas Stoner, hsetelah mengutarakan Tips dan Triks nya di dunia moto GP, mm, musim dingin sedang berjalan, tapi perang dingin baru dimulai. Lagi-lagi Stoner VS Rossi!  

Pro kontra prediksi performa Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 mendatang, mulai berujung pada pertanyaan ‘Apakah Rossi akan memilih hengkang ke tim lain ataukah pensiun dini jika motornya tak kunjung kompetitif musim 2012 ini?’. Pastinya sulit memberikan prediksi tentang hal tersebut, Stoner melanjutkan bahwa ia sudah tahu bahwa Rossi juga akan mengalami hal yang sama dengan Marco Melandri dan Nicky Hayden..

Tapi berangkat dari komentar Rossi mengenai kelanjutan karirnya beberapa waktu lalu, bahwa dengan adanya Peristiwa seperti ini ia belum mau pensiun dalam usia yang masih terbilang cukup produktif. “Jika semua rencana saya tidak berjalan lancar, saya tidak akan pensiun dan tetap membalap beberapa tahun lagi,” tegas Rossi.

Keputusan tentang komitmennya di balap MotoGP, Persiapan Valetino Rossi Moto GP 2012 memang harus ditegaskan oleh Rossi sendiri. Mengingat wacana-wacana mengenai masa depan juara dunia 9 kali balap motor grand prix itu sudah cukup ramai. Apalagi targetnya menundukkan motor Ducati belum tentu bisa terbukti musim balap 2012 ini. Kita tunggu buktinya di sesi tes perdana MotoGP 2012 di Sirkuit Sepang, Malaysia nanti. 

0 komentar:

Poskan Komentar